Kemenag Tuban Belum Bisa Pastikan Kuota Haji Tahun 2023

Reporter : Savira Wahda Sofyana

 

blokTuban.com – Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban, hingga saat ini masih belum dapat memastikan berapa kuota keberangkatan Calon Jamaah Haji (CJH) Tahun 2023 ini. Pasalnya, hal tersebut masih menunggu kepastian dari Pemerintah Pusat.

Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggara Ibadah Haji dan Umrah Kantor Kemenag Tuban, Ashabul Yamin mengungkapkan bahwa hingga kini masih belum ada surat  resmi terkait pelaksanaan ibadah haji Tahun 2023.

“Informasi terkini memang belum ada berapa untuk Tuban kuotanya,” paparnya saat dikonfirmasi, Sabtu (14/1/2023).

Kendati demikian, pria yang akrab disapa Yamin ini mengatakan jika pada Tahun 2023, secara nasional Indonesia mendapatkan kuota haji normal, seperti pada tahun 2020 sebelum adanya Pandemi Covid-19.

Artinya, Jemaah haji yang diberangkatkan diseluruh Indonesia tahun ini, yaitu sebanyak 221.000 orang, termasuk  wilayah Jawa Timur.

“Jawa Timur estimasinya mendapatkan kuota 35.000 tahun ini, nah 35.000 nanti terbagi di masing-masing kabupaten,” sambungnya.

Sementara untuk Kabupaten Tuban sendiri, lanjutnya, estimasi normalnya ialah diperkirakan mencapai 1.265 jemaah. Hal tersebut, mengacu pada kuota haji pada Tahun 2020 lalu, sebelum adanya kebijakan pembatasan karena Wabah Covid-19.

Lebih lanjut, pria ramah ini menambahkan bahwa secara resmi pembagian kuota per kabupaten atau kota, masih harus menunggu surat resmi dari pemerintah pusat.

“Untuk Tahun 2023 ini masih belum ada informasi atau surat resmi, berapa untuk Kabupaten Tuban. Kemudian untuk biaya penyelenggaraan pelaksanaan ibadah haji, itu juga belum ada ketentuan, insyaallah pertengahan Januari ini,” imbuhnya. [Sav/Dwi]

 

 

 

Temukan konten berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS