Pesisir Jawa Timur Diprediksi Banjir Rob, Kabupaten Tuban Aman Tapi Perlu Waspada

Reporter : Muhammad Nurkholis

 

blokTuban.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Maritim Tanjung Perak Surabaya, memberikan peringatan dini bahwa di pesisir Jawa Timur akan ada banjir rob pada tanggal 5 sampai 9 Januari 2023.

Akan tetapi Kepala BMKG Tuban, Zem Irianto Padama saat dikonfirmasi oleh blokTuban.com memperkirakan untuk wilayah pesisir Kabupaten Tuban pengaruhnya tidak terlalu signifikan.

“Iya memang ada peringatan dini bahwa di pesisir Jawa Timur akan ada banjir rob akan tetapi untuk wilayah Kabupaten Tuban sendiri pengaruhnya tidak terlalu signifikanbahkan, bisa dikatakan tidak ada pengaruhnya,” Ujar Zem kepada blokTuban.com, Sabtu (7/01/2022).

BMKG Kabupaten tuban saat ini telah melakukan monitor terhadap lautan di Kabupaten Tuban dan terlihat memang tidak ada pengaruhnya untuk wilayah Tuban.

Hal yang perlu diwaspadai untuk lautan Kabupaten Tuban yang masih ada ialah gelombang, akan tetapi gelombang tersebut masih tergolong dalam kategori gelombang sedang.

“Yang perlu kita waspadai untuk lautan Tuban sendiri yaitu gelombang tinggi tapi saat ini kondisi gelombang semakin menurun,” paparnya.

Kendati demikian ia tetap menghimbau untuk masyarakat kususnya nelayan agar tetap waspada dan berhati-hati, karena ketinggian gelombang di atas 1,25 meter dapat membahayakan aktivitas nelayan. Selain itu untuk masyarakat agar terus memantau perkembangan cuaca di media sosial atau website BMKG Tuban.

“Tetap waspada memang bencana tak ada yang tau,” tutupnya.[Nur/Dwi]

 

 

 

Temukan konten berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS