Harapkan TRC Deteksi Dini Kegagalan Industri dan Bencana Alam Tuban

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) GHoPO Tuban menjadi perusahaan pertama di Kabupaten Tuban yang membentuk Tim Reaksi Cepat (TRC). Dengan terbentuknya TRC itu diharapkan mampu mendeteksi dini kegagalan industri dan bencana alam di Tuban. 

Kepala Seksi Norma Keselamatan dan Kesehatan Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jawa Timur, Hasan Mangalle, mengucapkan selamat atas terbentuknya TRC SIG GHoPO Tuban.

Dia berharap relawan kemanusiaan besutan SIG dapat bermanfaat untuk masyarakat dan lingkungannya. Selain itu, diharapkan TRC ini juga dapat menjaga keselamatan kerja di lingkungan perusahaan.

“TRC ini merupakan relawan kemanusiaan, maka dari itu jangan berharap bayaran di dunia. Tapi bayarannya akan diterima di akhirat kelak,” tuturnya.

GM Of Mantenance SIG GHoPO Tuban Zaini mengungkapkan, bahwa TRC sangat penting keberadaannya bagi perusahaan. Pasalnya, dalam menjalankan produksi banyak  potensi yang mungkin terjadi di luar kendali, baik itu dampak dari alam maupun dampak dari produksi.

Baca juga:

SIG Kuasai Sumatra Bagian Selatan, Usai Dapatkan Saham 75,51 Persen Semen Baturaja

“Kita berharap TRC ini dapat melakukan deteksi secara dini potensi bencana baik akibat proses produksi maupun disebabkan oleh alam. Selain itu, juga dapat bertindak dengan cepat jika terjadi bencana untuk  menghindari fatality lebih besar,” ungkapnya.

Menurutnya, perusahan melalui TRC siap membantu dalam penanggulangan bencana, baik itu di Tuban maupun di luar Tuban. Sehingga, keberadaan relawan kemanusiaan ini dapat bermanfaat untuk masyarakat dan lingkungan. 

“Kita juga siap bekerjasama dengan semua pihak dalam menjalankan misi kemanusiaan,” katanya.

Kalaksa BPBD Kabupaten Tuban Sudarmaji mengapresiasi terbentuknya TRC SIG GHoPO Tuban. Menurutnya, SIG merupakan perusahaan pertama di Kabupaten Tuban yang membentuk TRC.

Harapannya, organisasi sosial dibawah perusahaan milik negara tersebut dapat bekerjasama baik dengan BPBD Tuban maupun pihak lain dalam penangulangan bencana.

“Saya berbangga dengan terbentuknya TRC SIG ini, dan TRC SIG merupakan TRC pertama yang dibentuk perusahaan di Kabupaten Tuban,” ungkapnya.

Menurutnya, ada beberapa potensi bencana di Tuban. Diantaranya, banjir, tanah longsor, puting beliung, kebakaran, dan bencana lainnya. Penanggulangan bencana tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja, namun juga menjadi tanggung jawab semua pihak termasuk perusahaan.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Semen Indonesia yang selama ini telah bekerjasama dengan BPBD dalam penangulangan bencana,” tambah mantan Kadis PRKP Tuban itu. 

Diketahui,TRC bentukan SIG GHoPO Tuban merupakan gabungan dari klub-klub binaan dari perusahaan. Antara lain klub pecinta alam Swela Giri, Aeromodeling, Diving, Jeep, dan beberapa klub lainnya.

Kegiatan yang digelar di Auditorium Kantor Pusat Semen Gresik (KPSG) Desa Sumberarum Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban (28/12) juga diberikan penghargaan kepada beberapa anak usaha dan vendor yang ada di SIG GHoPO Tuban yang telah menjalankan safety atau kaidah K3 dengan baik. [Ali]

 

Temukan konten blokTubaan.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS