15:00 . Sidang Ketiga Dugaan Pelanggaran Administrasi PPS Tuban, Pelapor Bawa Seorang Saksi   |   14:00 . Gunung Api Karangetang Sulawesi Utara Berstatus Siaga   |   13:00 . Presiden Jokowi Ingatkan Tantangan Pers Hadapi Banjir Media Sosial   |   12:00 . Tempati Lahan KAI, 97 Bangunan di Surabaya Dibongkar   |   10:00 . Kumpulan Resep Membuat Telur Pindang, Sekali Buat Bisa Untuk Beberapa Hari   |   09:00 . Emas Antam Kembali Naik Rp.5000 Hari ini 9 Februari 2023, Full Stock!   |   08:00 . Tata Cara dan Kapan Bersiwak Seperti yang Dilakukan Rasulullah SAW   |   07:00 . Lirik Lagu Stasiun Balapan - Cover Denny Caknan, Kuto Solo Sing Dadi Kenangan   |   21:00 . Kepepet Kebutuhan Sehari-hari, Purnawirawan Polisi di Tuban Nekat Mencuri Motor   |   20:00 . Bawaslu Tuban Bacakan Hasil Sidang Kedua Dugaan Pelanggaran Rekrutmen Anggota PPS Montong   |   19:00 . Keren, Anak Muda di Tuban Buat Suplemen Penambah Nafsu Makan Hewan   |   18:00 . Eks Karyawan Hotel Purnama Tak Terima Pesangon, Disnakerin Tuban Sarankan ke Jalur Hukum   |   17:00 . Mahasiswa KKN Unang Tuban Dampingi UMKM Panyuran Terbitkan NIB   |   16:00 . Pasokan Berkurang, Harga Cabai Rawit di Tuban Tembus Rp70 Ribu Per Kilogram   |   15:00 . Dihuni 250 Penduduk, Ini Kondisi Dusun Terluar di Tuban   |  
Thu, 09 February 2023
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Launching Pranakarsa

PT UtSG Serahkan dan Tanam 23 Jenis Pohon Buah Langka di SMK Negeri Tambakboyo Tuban

bloktuban.com | Thursday, 01 December 2022 14:00

PT UtSG Serahkan dan Tanam 23 Jenis Pohon Buah Langka di SMK Negeri Tambakboyo Tuban CSR & Communication UtSG, Zakiyatul Fahmi bersama Kepala SMK Negeri Tambakboyo, Dra. Ratna Ayumilia, S.Pd., M.Pd menanam pohon buah langka bersama.

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Genap setahun melaunching program Pranakarsa di lahan perusahaan pada Desember 2021 lalu, hari ini PT. United Tractors Semen Gresik (UtSG) menyerahkan dan menanam 23 jenis pohon buah langka ke SMK Negeri Tambakboyo, Tuban, Kamis (1/12/2022). 

Bibit pohon langka tersebut diserahkan CSR & Communication UtSG, Zakiyatul Fahmi kepada Kepala SMK Negeri Tambakboyo, Dra. Ratna Ayumilia, S.Pd., M.Pd. Dilanjutkan dengan simbolis penanaman pohon di kawasan sekolah di Jalan Raya Desa Sawir No. 9 Tambakboyo. 

Dalam sambutannya, Zakiyatul Fahmi menuturkan, ini merupakan program turunan dari holding PT. Astra yang bekerjasama dengan LIPI dalam penyediaan bibitnya. Menurutnya, berbicara pelestarian lingkungan tak sebatas pengambilan kayu saja, tetapi juga dapat memanfaatkan buah yang di hasilkan dari pohon. 

"Program ini sengaja memilih tanaman-tanaman yang dianggap langka. Dengan penyerahan dan tanam pohon di sekolah binaan, kami secara tidak langsung ikut mengendalikan dan pelestarian flora asli nusantara yang harus diselamatkan," tutur Zaki kepada blokTuban.com. 

Zaki menambahkan, selain SMK Negeri Tambakboyo sekolah yang telah meneken MoU dengan UtSG yaitu SMKN 3 Tuban di Jalan Bloso Temandang, Merakurak. Melalui program kerjasama, sekolah binaan tersebut didorong juga ikut serta mendukung penghijauan di Tuban. 

"Program UtSG peduli konsen pada konservasi dan pelestarian tanaman," imbuh pria ramah ini. 

Baca Juga 

- UTSG Peringati Bulan K3 dengan Seminar Bahaya Narkoba

- UTSG Gelar Silaturrahmi dan Buka Bersama Insan Pers Tuban

- PT UTSG Berikan Bantuan Alat ke Paguyuban Stroke

 

Sementara itu, Kepala SMK Negeri Tambakboyo, mengapresiasi dan berterimakasih kepada UtSG yang melaksanakan program konservasi keaneragaman pohon berbuah langka nusantara dan Puncak Pekan P5. 

"Bertajuk gaya hidup berkelanjutan di SMK Negeri 1 Tambakboyo semoga 23 pohon berbuah langka yang nanti ditanam oleh keluarga besar SMKN Tambakboyo dapat berbuah lebat. Mari kita manfaatkan bersama," sambung Ayu sapaan akrab Kepala SMK Negeri Tambakboyo. 

Dia menaambahkan, bahwa dengan menanam pohon maka akan memperindah lingkungan, mengamankan lingkungan juga membuat lebih nyaman, bersih, asri dan indah. 

"Kita wajib menjaga lingkungan dengan cara menjaga kebersihan dan membuang sampah di tempatnya. Terimakasih kami ucapkan kepada UTSG yang telah lama bekerjasama dalam bidang magang, pendidikan vokasi dan lain sebagainya," jelasnya. 

Ayu menambahkan, bahwa sejak tahun 2021 SMK Negeri Tambakboyo telah dipilih oleh Pemerintah Pusat sebagai SMK Pusat Keunggulan dan berlanjut hingga tahun 2022. Program unggulan di tahun 2021 adalah teknik komputer dan jaringan. Untuk tahun 2022 ini adalah teknik permesinan. 

Keberadaaan UtSG bagi SMK Negeri Tambakboyo bagi Ayu sangat penting. Misalnya magang siswa yang nantinya dapat meningkatkan serapan tenaga kerja. Lalu, penyelarasan kurikulum sekolah dengan kebutuhan dunia industri. 

"Untuk kegiatan puncak P5 ini, anak-anak diajari langsung agar tahu caranya berbudaya lingkungan, alasan menjaga lingkungan, hingga upaya menjaga ekosistem SMK Negeri Tambakboyo," tutupnya. 

Sekedar diketahui, 23 jenis pohon buah langka yang dilestarikan PT. UtSG yaitu, kecapi, simpur, bisbul, jambu jamaika, kepel, gowok, karendang, jeruk siam, maja, kapulasan, lemon cina, jambu air, dan kepel. 

Selain itu, ada mangga agrimania, kapul, ceremai lokal, jambu air, maja, lemon cina, belimbing dewi, jambu mete, belimbing dewi, dan rukem. [Ali]

 

Temukan konten blokTubn.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS 

Tag : UtSG, Buah Langka, Konservasi, Penghijauan, SMK Negeri Tambakboyo, Hutan Gundul, Banjir, Bencana Alam, Blok Tuban, Kabupaten Tuban, Berita Tuban, Tuban Hari Ini



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 07 February 2023 10:00

    Membangun Kesejahteraan dan Ekonomi Masyarakat

    Membangun Kesejahteraan dan Ekonomi Masyarakat Manusia merupakan makhluk sebagai pelaku utama di dalam yang namanya lingkungan, dimana manusia tidak lepas dari kebutuhan untuk hidup dan tergantung dari kondisi lingkungan tempat dimana ia berada....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat