Besok Minggu 23 Oktober Ada Festival Grebek Tape di Tuban, Simak Agenda Selengkapnya

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Besok, Minggu 23 Oktober akan ada fetival kebudayaan berupa Grebek Tape Tawaran yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Tawaran, Kecamatan Kenduruan, Kabupaten Tuban.

Tape Tawaran mennjadi ikon yang hanya dimiliki Desa Tawaran. Sebuah desa yang berada di daerah perbatasan Jawa Timur dengan Jawa Tengah.

Berbahan dasar ketan, Tape Tawaran kini naik kelas dengan diadakannya festival budaya semacam ini. Kegiatan serupapun telah dilaksanakan Pemdes Tawaran pada 2019 lalu, sebelum virus Covid 19 merebak luas.

Baca juga: Resep Tape Tawaran Tuban, Jajanan Legit Dibalut Daun Ploso yang Bikin Kangen

"Kegiatan festival budaya Grebek Tape ini insyaAllah akan kita laksanakan pada Minggu 23 Oktober 2022 dari jam 06.00 WIB sampai 22.00 WIB," terang Kepala Desa Tawaran, M. Arif kepada blokTuban.com, Sabtu (22/10/2022).

Beberapa kegiatan yang nantinya dilaksanakan di lapangan sepak bola Desa Tawaran ini meliputi berbagai rangkaian acara. Beberapa acara tersebut diantaranya sremonial penyerahan dan pembongkaran tape kepada warga setempat, flashmob, pertunjukkan tongklek, barongsai, pengundian doorprize, hiburan musik, pentas seni dan pameran UMKM yang melibatkan penduduk setempat.

Sebagai tambahan informasi, tape tawaran cukup berbeda dengan tape pada umumnya. Perbedaan itu terletak pada bungkus tape yang masih menggunakan daun ploso, serta pewarna hijau alami yang tercipta dari daun babing atau biasa masyarakat menyebutnya daun katuk.

Baca juga: Gerebek Tape, Festival Kuliner Khas Desa Tawaran 1 Syuro

Penasaran dengan rasa legit nan khas dari tape tawaran? Jangan ketinggalan kegiatan Grebek Tape esok hari. [Dwi]

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS