Syarat Sah Shalat Wajib 5 Waktu yang Harus Diketahui

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Shalat wajib lima waktu adalah salah satu ibadah wajib bagi umat Islam. Seperti ibadah lainnya, shalat memiliki beberapa ketentuan atau syarat yang harus dipenuhi ketika hendak melaksanakannuya.

Berikut ini beberapa pandangan mengenai syarat sah shalat yang harus diketahui umat muslim. Berdasarkan ketentuan yang termuat dalam Al-Qur'an syarat sah shalat yaitu:

1. Masuk waktu shalat

Fa iżā qaḍaitumuṣ-ṣalāta fażkurullāha qiyāmaw wa qu'ụdaw wa 'alā junụbikum, fa iżaṭma`nantum fa aqīmuṣ-ṣalāh, innaṣ-ṣalāta kānat 'alal-mu`minīna kitābam mauqụtā

Artinya: Maka apabila kamu telah menyelesaikan sholat, ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring. Kemudian apabila kamu telah merasa aman, maka dirikanlah sholat itu. Sesungguhnya sholat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.

Baca juga: Bacaan Dzikir dan Doa Setelah sholat 5 Waktu Anjuran Rasulullah SAW

2. Suci atas badan, pakaian dan tempat

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim, Rasulullah bersabda yang artinya: "Apabila pakaian salah seorang dari kalian terkena darah haid, hendaklah ia mengeriknya kemudian membasuhnya dengan air. Setelah itu, ia boleh mengenakannya untuk shalat."

 

3. Suci dari hadist besar dan kecil

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dalam sebuah hadits bersabda yang artinya : "Allah tidak akan menerima shalat salah seorang diantara kalian jika dia berhadats sampai dia wudhu."

 

4. Menghadap ke kiblat  

Allah berfirman dalam Surah Al-Baqarah Ayat 150

Wa min ḥaiṡu kharajta fa walli waj-haka syaṭral-masjidil-ḥarām,

Artinya: Dan dari mana saja kamu (keluar), maka palingkanlah wajahmu ke arah Masjidil Haram.

Baca juga: Doa Sesudah dan Tuntunan Wudhu Lengkap dengan Bacaan Lafal dan Artinya

5. Menutup aurat 

Dalam Al Quran Surah Al A'raf ayat 31, Allah SWT berfirman:

Yā banī ādama khużụ zīnatakum 'inda kulli masjidiw

Yang artinya: Wahai anak cucu Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) masjid

Batasan aurat bagi laki-laki dan perempuan tentu berbeda. Batasan aurat bagi laki-laki adalah antara pusar dan lutut, sedangkan batasan aurat bagi perempuan adalah seluruh tubuh, kecuali bagian wajah dan telapak tangan.

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS