10 Hal yang Tidak Boleh Ditahan Agar Terhindar dari Penyakit

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Dalam pandangan agama Islam terhadap kesehatan tubuh manusia, terdapat 10 hal yang tidak boleh ditahan agar terhindar dari berbagai jenis penyakit.

Perihal menjaga kesehatan ini, disebutkan dalam kitab ath-Thib an-Nabawi karya Syekh Syamsuddin bin Muhammad Bin Abi Bakr bin Ayyub Az-Zar’iyi Ad-Damsyiqi atau dikenal dengan Ibn Qayyim al-Jauziyah.

Suatu penyakit dalam diri seseorang kerap kali disebabkan oleh beberapa hal seperti menahan untuk buang air kecil. Terlebih bebrapa faktor yang menjadi penyebab seperti kesibukan kerja atau aktifitas lain yang tidak bisa ditinggal.

Kesepuluh hal yang tidak bleh ditahan atau harus segera mungkin dilepaskan yaitu:

1. Menahan darah keluar

2. Air mani

3. Menahan buang air kecil

4. Menahan buang air besar

5. Menahann buang angin

6. Menahan muntah

7. Menahan bersin

8. Menolak tidur

9. Menahan lapar

10. Menahan haus

 

Berikut bunyi riwayat hadistnya:

 

ألْأشْيَاءُ الَّتِيْ يُؤْذِيْ إِنْحِسَابُهَا وَمُدَافِعَتُهَا عَشْرَةٌ أَلدَّمُ إِذَا هَاجَ، وَالْمَنِيُّ إِذَا تَتَابِعَ، وَالْبَوْلُ، وَالْغَائِطُ، وَالرِّيْحُ، وَالْقَيْءُ، وَالْعَطَاسُ، وَالنَّوْمُ، وَالْجُوْعُ، وَالْعَطَاشُ وَكُلُ وَاحِدٍ مِنْ هَذِهِ الْعَشْرَةِ يُوْجِبُ حَبْسُهُ دَاءً مِنَ الْأَدْوَاءِ بِحَبْسِهِ

 

Artinya “Sepuluh hal yang menahan dan menolaknya menjadi sebab penyakit adalah menahan darah ketika mengalir, air mani yang melebihi kapasitas (sebab tidak dikeluarkan), menahan air kecil (kencing), menahan air besar (berak), menahan angin (kentut), menahan muntah, menahan bersin, menolak tidur, menahan lapar, dan menahan haus. Menahan salah satu dari hal tersebut di atas dapat mendatangkan penyakit dari berbagai jenis penyakit” (Ibn Qayyim al-Jauziyah, ath-Thib an-Nabawi, hal 2-3, dikutip dari NU Online).

Itulah 10 penyebab sakit yang tidak boleh dihiraukan, ketika menghadapi urusan tersebut segera tuntaskan tidak boleh ditahan. Semoga bermanfaat.

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS