Peringatan Maulid Nabi Muhammad, Pelajar Usia Dini di Tuban Merayakan dengan Pawai Payung

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, menjadi salah satu perayaan yang banyak dinanti oleh umat muslim. Pasalnya, dalam momentum ini biasanya masyarakat mengadakan berbagai macam kegiatan, guna menyemarakkan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. 

Salah satunya, tiga sekolah yang ada di Desa Kebomlati, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban. Dalam momentum ini, ratusan siswa dari KB, TK, dan juga SD kompak menyemarakkan Maulid Nabi dengan menggelar Pawai Payung. 

“Ini acara pawai payung, untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, diikuti oleh tiga sekolah yaitu KB Kusuma Bangsa, TK PKK Kebomlati dan SDN Kebomlati juga,” ujar Kepala Sekolah TK PKK Kebomlati, Wiwik Nurul Qomariyah kepada blokTuban.com, Rabu (12/10/2022).

Baca juga: Tour Ziarah Majelis Ar Ridwan Tuban dengan Rombongan 200 Bus Batal

Kegiatan yang diikuti sekitar 280 siswa ini, dimulai dari gedung sekolah KB dan TK PKK Kebomlati, kemudian berjalan keliling kampung sambil membawa atribut payung hias ditangan, dengan jarak tempuh kurang lebih 2-3 Km. 

Kendati demikian, nampak para siswa sangat menikmati perjalanan tersebut, hal itu tergambar jelas dari raut wajah para siswa yang penuh dengan tawa. Menurut Wiwik, sapaan akrabnya, pawai payung ini bertujuan untuk mensyiarkan adanya peringatan Maulid Nabi, kepada para peserta didik maupun masyarakat setempat. 

“Acara pawai payung rencananya akan diagendakan setiap tahun, dengan tujuan mensyiarkan kepada peserta didik, mulai dari KB Kusuma Bangsa, TK PKK Kebomlati, SDN Kebomlati, dan juga masyarakat secara umum tentang peringatan Maulid Nabi,” sambungnya. 

Baca juga: Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW, Sejarah Awal dari Dinasti Abbasiyah

Selain menyemarakkan salah satu hari besar yang ada dalam Islam, peringatan semacam ini juga dapat memperkuat rasa persaudaraan antar sesama umat Islam. Dengan demikian, perempuan ramah ini berharap agar kedepannya pawai serupa bisa digelar kembali, dengan lebih meriah. 

“Harapannya semoga tahun depan, bisa mengadakan pawai payung yang lebih meriah, dengan semua peserta membawa payung hias,” pungkasnya.[Sav/Dwi]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS