Bacaan Doa Setelah Dengar Adzan Berkumandang, Arab Latin dan Artinya

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Setiap hari dalam lingkungan tempat tinggal umat Islam adzan dikumandangkan. Sehari lima kali sesuai jumah sholat yang diwajibkan oleh Allah SWT.

Bagi umat muslim yang mendengar seruan adzan, hendaknya membaca doa setelahnya. 

Berikut bacaan doa, sholawat dan salam Nabi:

 Ø§Ù„لَّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ وَالصَّلاَةِ القَائِمَةِ آتِ سَيِّدَنَا مُحَمَّداً الوَسِيْلَةَ وَالفَضِيْلَةَ، وَابْعَثْهُ مَقَاماً مَحْمُودًا الَّذِي وَعَدْتَهُ إِنَّكَ لَا تُخْلِفُ المِيْعَادَ رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا  

Allāhumma rabba hādzihid dakwatit tāmmah, was shalātil qā’imah, āti sayyidanā muhammadanil wasÄ«lata wal fadhÄ«lah, wab‘atshu maqāmam mahmÅ«danil ladzÄ« wa‘attah, innaka lā tukhliful mÄ«’ād. Rabbighfir lÄ«, wa li wālidayya, warham humā kamā rabbayānÄ« shaghÄ«rā. 

Artinya: "Ya Allah, Tuhan seruan yang sempurna dan shalat yang berdiri, berikanlah wasilah (tempat di surga) dan keutamaan kepada Nabi Muhammad saw. Bangkitkan ia pada kedudukan terpuji (hak syafa’at) yang Kaujanjikan. Sungguh, Engkau tidak akan menyalahi janji. Tuhanku, ampunilah dosaku dan (dosa) kedua orang tuaku. Sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu aku kecil." 

Bacaan doa tersebut, sebagaimana dikutip dari NU Online, pernah diwayatkan oleh sahabat Jabir dalam sahih Bukhari, yang artinya: 

Dari Jabir bin Abdullah ra, Rasulullah saw bersabda, "Siapa saja yang berdoa ketika mendengar seruan azan ‘Allāhumma rabba hādzihid dakwatit tāmmah, was shalātil qā’imah, āti muhammadanil wasÄ«lata wal fadhÄ«lah, wab‘atshu maqāmam mahmÅ«danil ladzÄ« wa‘attah,’ niscaya jatuhlah syafaatku padanya di hari kiamat." (HR Bukhari),” (An-Nawawi, Al-Adzkar, [Kairo, Darul Hadits: 2003 M/1424 H], halaman 44). 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS