Gerebek Tape, Festival Kuliner Khas Desa Tawaran 1 Syuro

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Menyambut Tahun Baru Hijriah 1441, masyarakat Desa Tawaran, Kecamatan Kenduruan menggelar acara tahunan Grebek Tape (Festival Tape Ketan), Minggu (1/9/2019) siang. Melalui acara ini Pemerintah Desa (Pemdes) Tawaran ingin kenalkan potensi kuliner lokal berbahan dasar beras ketan tersebut.

Kepala Desa Tawaran, M. Arif mengatakan, Grebek Tape tahun 2019 ini dikemas dengan beberapa kegiatan. Pihaknya berharap dapat mendekatkan kudapan yang legit nan manis itu dengan masyarakat.

"Ini kegiatan yang ketiga kalinya kita gelar. Semoga efeknya dapat mengangkat desa kami dengan ciri khas tape berbungkus daun Ploso ini," ujarnya, Minggu siang di balai desa setempat.

Pantauan blokTuban.com di lapangan Grebek Tape diawali dengan jalan sehat yang diikuti masyarakat Desa Tawaran. Selanjutnya arak-arakan gunungan tape dari balai desa setempat kelilingi jalan perkampungan.

Di akhir Grebek Tape ada acara bagi-bagi tape geratis bagi pengguna jalan Jatirogo-Blora dan sebaliknya. Namun sebelum itu gunungan tape di doakan dan dibuat rebutan warga.

"Tahun ini kita sediakan 5000 tape. Semuanya untuk dibagikan secara cuma-cuma," paparnya panjang lebar.

Diketahui acara Grebek Tape digelar setiap 1 Syuro (bulan Jawa). Even ini juga dimeriahkan dengan beberapa hiburan masyarakat. [col/lis]