17:00 . Hibah Keagamaan Tuban 2022 Totalnya Rp4,75 Milyar, Insentif Ribuan Guru TPQ Telah Ditransfer   |   16:00 . KPU Jatim: Regulasi, Teknologi dan Kepemiluan Harus Dikuasai Seluruh Devisi KPU   |   15:00 . Makam Sakral di Desa Pakis Tuban Konon Mertua Ronggolawe   |   14:00 . Pemotor Tewas di Jalan Pantura Tuban Usai Menabrak Truk Parkir   |   13:00 . Persatu Tuban Diperkuat 13 Pemain Lokal, Pelatih Medy : Masih Kurang 12 Pemain Lagi   |   12:00 . Ini Rute Menuju Bukit Lei Tuban, Lokasi Liga Paralayang Jatim Seri 2   |   10:00 . Gubernur Khofifah dan Bupati Lindra Apresiasi Pasar Murah Ika Unair Tuban   |   09:00 . Harga Cabai dan Bawang Merah Tuban Anjlok, Sayur Mayur Merangkak Naik   |   08:00 . Sinopsis dan Deretan Artis di Film Horor Jailangkung Sandekala   |   07:00 . Ikuti Laga Persahabatan Trofeo Tuban, Cara TPPI FC Jaga Kebugaran Karyawan   |   06:00 . Prediksi Cuaca Tuban 26 September 2022: Sebagian Berawan   |   05:00 . Pengunjung Main Sepuasanya dengan Ikan Mas di Wisata Pelang Tuban   |   16:00 . Kondisi Akses Jalan di Desa Patihan Tuban Dikeluhkan Warga   |   15:00 . Kalpataru, Peninggalan Sunan Bonang Tuban Mengandung Pesan Kedamaian   |   14:00 . Enam Museum Indonesia Pamerkan Benda Bersejarah di Tuban   |  
Tue, 27 September 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Ratusan Pokdarwis Tuban dan Pengelola Penginapan Ikuti Uji Kompetensi BNSP

bloktuban.com | Friday, 16 September 2022 06:00

Ratusan Pokdarwis Tuban dan Pengelola Penginapan Ikuti Uji Kompetensi BNSP Uji kompetensi BNSP digelar di Pendapa Krida Manunggal Tuban.

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Selama dua hari sejak 14-15 September 2022, tak kurang dari 200 Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan pengelola penginapan di Kabupaten Tuban mengikuti Pelatihan dan Uji Kompetensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Uji kompetensi tersebut berlangsung di Pendapa Kridha Manunggal Tuban dan diselenggarakan oleh Pemkab Tuban dengan Indonesian Fighter Tourism Association (IFTA) dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

Koordinator Substansi Sertifikasi Kompetensi Profesi Pariwisata Kemenparekraf RI, Alfin Merancia memberi apresiasi kepada Pemkab Tuban menggelar uji kompetensi untuk Pokdarwis dan pengelola penginapan. 

Sebab, masih banyak pemerintah daerah yang kurang memberi atensi terhadap pengembangan potensi wisata melalui peningkatan kualitas SDM pariwisata. Program sertifikasi SDM Pariwisata selaras dengan program strategis di Kemenparekraf RI. 

Baca juga :

Wisata Kambang Putih Tuban yang Mulai Dilupakan, Pengelola : Kontraknya Habis Oktober 2022

Ziarah ke Tuban, Jangan Lupakan Oleh-oleh Khas Bonang

10 Kuliner Khas Lamongan yang Populer dan Enaknya Kebangetan

"Tujuannya, mampu meningkatkan perekonomian masyarakat dari sektor pariwisata maupun kegiatan ekonomi kreatif lainnya," ujar Alfian dalam keterangannya. 

Sesuai data Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Tuban, bahwa di Kabupaten Tuban terdapat 39 Pokdarwis. Para peserta diminta untuk menggali setiap ilmu yang disampaikan pemateri selama kegiatan. 

"Pengalaman yang didapatkan harus diterapkan guna mendukung peningkatan sektor pariwisata dengan lebih baik lagi. Sertifikasi ini menjadi bukti kemampuan dan kompetensi SDM pariwisata yang diakui secara legal," sambung Kepala Disbudporapar Tuban, Muhammad Emawan Putra.

Disambung Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Tuban, Drs. Endro Budi Sulistyo berpesan kepada Pokdarwis dan pengelola wisata untuk memberikan pelayanan dengan baik, ramah, dan murah senyum. Juga menyampaikan hal-hal apa saja yang boleh dilakukan dan dilarang. Sehingga wisatawan nyaman dan memahami norma dan aturan yang berlaku. [Ali]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS 

 

Tag : Pokdarwis, Pengelola Penginapan, Wisata Tuban, Pemkab Tuban, BNSP, Blok Tuban, Tuban Hari Ini, Berita Tuban, Kabupaten Tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 20 September 2022 05:00

    Opini

    Menata (Serius) Kompetisi Olahraga ?

    Menata (Serius) Kompetisi Olahraga ? Ada celetukan yang sering muncul di antara teman-teman pelatih olahraga begini, latihan terus menerus tanpa bertanding itu sama artinya dengan merasa hebat tapi tidak teruji dan terbukti. Latihan terus tanpa...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat