8 Makanan Khas Tuban yang Bikin Kamu Ngiler

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Memiliki 20 kecamatan dengan jumlah penduduk lebih dari 1,3 juta jiwa, Kabupaten Tuban memiliki segudang menu kuliner baik makanan dan minuman. Ragam makanan di Tuban terbagi dalam tiga bagian, yaitu Tuban utara (pesisir), Tuban tengah (perbukitan), dan Tuban selatan (tepi Sungai Bengawan Solo). 

Untuk kawasan pesisir, Kabupaten Tuban memiliki bentang pantai sepanjang 65 Kilometer mulai Kecamatan Bancar, Tambakboyo, Jenu, Tuban, dan Palang. Di wilayah ini banyak tersaji kuliner aneka hasil laut, mulai dari ikan laut, rajungan, dan cumi. 

Rasa pedas adalah ciri khas dari makanan di Tuban. Jadi jangan kaget, saat lidah anda terasa huh hah saat mencoba kuliner pedas di Tuban. Berikut ini 8 rekomendasi makanan khas Tuban yang wajib untuk dicoba. 

 

1. Es Bubur Sumsum

Bubur Sumsum di Tuban ini dapat disebut sebagai makanan dan minuman sekaligus. Tekstur dari bubur sumsum ini sangat halus, sehingga sangat gampang untuk kita telan kedalam perut. Soal rasa tentunya sangat nikmat dan begitu menyegarkan.

Minuman Khas Tuban yang satu ini sangat cocok untuk kita minum ketika suhu cuaca sedang panas. Dapat ditemukan di Kuliner Andalan Kota Tuban di Jalan Basuki Rahmat dengan harga Rp10.000 per mangkok. 

 

2. Serabi Selong 

Serabi selong khas Tuban sekilas mirip serabi Bandung. Bedanya ada di bumbu dan cara pengolahannya. Makanan yang dibuat dari bahan dasar tepung beras tersebut disajikan dengan diberi santan kelapa yang sangat kental, sehingga kue tersebut mempunyai rasa yang sangat gurih.

Warung Serabi Selong Tuban ada di Jalan Lukman Hakim dengan harga Rp1.000 per bijinya. 

 

3. Belut Pedas 

Sepintas menggelikan, tapi jangan salah bahwa belut pedas menjadi makanan khas di Tuban. Kalian akan mudah menemukannya, karena hampir semua warung menjualnya dengan berbagai cara penyajiannya. 

Belut pedas ini biasa disantap bersama dengan nasi jagung, dan minumnya air legen/nira. Salah satu warung yang menjual belut pedas Tuban yaitu di warung Cemplon di Kecamatan Merakurak dengan harga Rp17.000/ porsi. 

 

4. Becek Mentok Khas Tuban 

Sama dengan belut, becek mentok khas Tuban juga rasanya pedas. Meskipun pedas, namun jangan salah banyak pembeli yang kecanduan dan terus memburu becek dan belut saat makan siang tiba. 

Rasa nikmat dari becek mentok ini, karena diracik dengan bumbu jintan, merica, bawang merah dan juga putih, mesoyi dan ditambahkan dengan rempah-rempah lainnya. Satu porsi becek mentok di Tuban dapat ditemukan di Warung Jangkar, Bagong, Lokarasa dengan harga Rp20-30 ribu per porsinya. 

 

Baca juga :

-10 Kuliner Khas Kudus Kota Kretek yang Sayang Jika Dilewatkan

-12 Kuliner Khas Demak yang Bikin Lidah Bergoyang

10 Makanan Khas Semarang untuk Oleh-oleh Saat Liburan

 

5. Kari Rajungan 

Rajungan adalah binatang laut yang bentuknya hampir mirip dengan kepiting. Oleh karena itu makanan ini terkenal keidentikannya dengan seafood. Makanan ini terkenal akan rasa kelezatan dan kegurihan, terlebih banyak juga orang-orang atau masyarakat sekitar yang suka dengan makanan ini.

Rajungan enak dapat ditemukan di RM Rajungan Manunggal Raya Tuban dengan harga Rp100.000 per porsi. 

 

6. Dumbek 

Jajanan mirip terompet ini rasanya legit, karena dibuat dengan tepung, gula merah, dan parutan kelapa. Salah satu sentra produksi kue dumbek yaitu Desa Kesamben, Kecamatan Plumpang, Tuban. Apabila anda di Tuban Kota, jajanan dumbek dapat ditemukan di Pasar Baru Tuban dengan harga Rp1000-1.500 per bijinya. 

 

7. Garang Asem

Garang asem di Tuban ada dua jenis, yaitu berbahan dasar ayam dan ada juga yang ikan manyung. Makanan tradisonal rasanya semakin enak karena diproses dengan bumbu pilihan, lalu dimasak dengan balutan daun pisang. 

Untuk mendapatkan Garang Asem dapat datang ke Warung Garang Asem Kepala Manyung di Bogorejo Jalan Soekarno-Hatta Tuban. Harganya Rp15.000 per porsinya. 

 

8. Ampo 

Makanan satu ini terbilang ekstrim, sebab terbuat dari tanah liat pilihan. Direkomendasikan disantap sambil mencecap kopi hitam, sebab sisa ampo akan muda melekat di sela gigi kalian. 

mesipun ektrim, jajanan ini juga masih banyak yang mengkonsumsinya. Sentra produksi Ampo di Dusun Trowulan, Desa Bektiharjo, Tuban dapat dapat dibeli di Pasar Baru Tuban dengan harga Rp16.000/Kg. 

Itulah 8 makanan khas Tuban yang direkomendasikan untuk dicoba. Kuliner tersebut juga dapat dijadikan oleh-oleh untuk keluarga saat liburan ke Tuban. Selamat mencoba!

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS