11:00 . Kopi Dicampur Kunyit Bisa Mencegah Diabetes? Ini Alasannya   |   10:00 . Trending Youtube, Lirik Lagu Ay-Yo - NCT 127 (Repackaged) Lengkap Beserta Terjemah Indonesia   |   09:00 . Harga Emas Antam Hari ini 31 Januari Turun di Level Rp1.027.000 Per Gram   |   08:00 . Keutamaan Mengamalkan Doa Sapu Jagat, Dibaca Setelah Sholat Fardhu   |   07:00 . Resep Prol Tape Tanpa Pakai Mixer, Bisa Langsung Dicoba di Rumah   |   18:00 . Ular Piton Sepanjang 4 Meter Ditemukan di Kandang Ayam Milik Warga di Tuban   |   17:00 . Satus Sengketa Tanah Warga dan Polri di Tuban, Adalah Lapangan Tembak Milik Polres   |   16:00 . Boster ke-2 Sudah Disediakan Bagi Masyarakat Tuban Untuk Cegah Varian Covid Lainnya   |   15:00 . Narapidana Terorisme asal Kudus Dibebaskan Bersyarat oleh Lapas Tuban   |   14:00 . Mengenal Ajian di Budaya Jawa yang Telah Ada Sejak Jaman Dulu   |   13:00 . Turun Rp5.000, Cabai Rawit di Tuban Kini Jadi Rp50.000/Kilogram   |   12:00 . 5 Lokasi Beli Ice Cream Enak dan Murah di Tuban   |   11:00 . Manfaat Bersihkan Area Gigi dengan Siwak, Sunnah Rasulullah Sejak Dulu   |   10:00 . Lirik Lagu No Comment - Tuty Wibowo Feat Bunda Corla Kembali Viral   |   09:00 . Penghujung Januari 2023, Harga Emas Antam Stagnan Selama 3 Hari di Level Rp1.029.000 Per Gram   |  
Tue, 31 January 2023
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

10 Kuliner Khas Kudus Kota Kretek yang Sayang Jika Dilewatkan

bloktuban.com | Saturday, 03 September 2022 19:00

10 Kuliner Khas Kudus Kota Kretek yang Sayang Jika Dilewatkan Opor Bakar Sunggihan salah satu makanan khas Kudus. (Ist)

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Dijuluki Kota Kretek, Kudus merupakan salah satu kota kecil di Jawa Tengah. Lokasinya yang berapa di jalur Pantura, menjadikan kudus menjadi jalur penting menghubungkan Kota Semarang dan Surabaya. 

Meskipun wilayahnya kecil, Kudus juga menjadi pusat perkembangan Islam di abad pertengah. Buktinya ada tiga makam sunan/wali di Kudus, yaitu Sunan Kudus, Sunan Muria, dan Sunan Kedu. 

Sebagian wilayah Kudus merupakan daratan rendah, dengan wilayah di utaranya yaitu Gunung Muria. Puncaknya bernama Puncak Saptorenggo (1.602 m dpl), Puncak Rahtawu (1.522 m dpl), dan Puncak Argojembangan (1.410 m dpl). 

Jika anda ke Kudus, jangan sampai melewatkan 10 kuliner khas dari Kota Kretek ini. Sebab, ada banyak pusat kuliner yang wajib dicoba saat berkunjung ke Kabupaten Kudus. 

Dilansir dari berbagai sumber, inilah 10 kuliner khas Kudus yang menggugah selera anda:

 

1. Intip Ketan Kudus 

Intip ketan Kudus terbuat dari ketan yang digiling sampai halis, lalu dicampur dengan kelapa parut. Rasanya yang enak membuat makanan ini terus diburu. Sayangnya, saat ini jarang yang menjual Intip Ketan Kudus meskipun harganya sangat terjangkau. 

 

2. Lepet 

Sama halnya di daerah lainnya, Kudus memiliki makanan khas bernama Lepet. Makanan ini terbuat dari beras ketan dicampur kelapa parut dan dimasakSata  seperti lontong. Lepet khas Kudus berisi kacang tolo hingga nangka. Terkadang juga diisi pisang dan nangka tergantung yang membuatnya. 

 

3. Sate Kerbau Kudus 

Sate kerbau Kudus terbilang makanan favorit dan wajib dicicipi. Dalam proses membuatnya, daging kerbau dicincang dan dipukul-pukul untuk dimemarkan. Daging lalu dimasak dan didiamkan beberapa jam lalu ditusuk dan dibakar dengan arang yang menganga. Cita rasa sate kerbau Kudus lebih terasa, karena ada campuran serundeng, kacang tanah dan kentang dicampur dengan bawang merah dan bawang putih. 

 

4. Ayam Gongso Kudus 

Ada yang menyebutnya ayam tulis, sebab bumbunya ayam gongso adalah kecap. Rasanya pedas manis membuat makanan satu ini semakin lezat dan menggoyang lidah. Ayam gongso biasa disantap bersama nasi goreng. 

 

5. Opor Bakar Sunggingan 

Keunikan dari makanan yang satu ini adalah dari cara masaknya. Opor umumnya dimasak dengan menggunakan santan, tapi opor bakar sunggingan ini dimasak dengan dibakar. Untuk cita rasanya sudah pasti tidak diragukan lagi, sekali mencoba pasti ketagihan.

 

6. Lentog Tanjung 

Makanan lentog tanjung ini dibuat dari lontong yang sudah diiris kemudian diberi sayur nangka muda, ditambah lodeh tahu dan juga sambal. Cita rasa yang ditawarkan pun sudah pasti enak, dengan perpaduan sayur dan tambahan sambal ini membuat rasa lentog tanjung semakin nikmat.

 

7. Garang Asem Kudus 

Garang asem ini dibuat dengan menggunakan daging ayam yang kemudian dibumbu bersama dengan kuah santan. Makanan ini dimasak dengan daun pisang, tak heran ada rasa yang berbeda. Garang Asem Kudus rasanya asam pedas.

 

8. Pecel Pakis Colo

Terbuat dari tanaman paku-pakuan membuat pecel ini unik. Tanaman pakuan-pakuan biasanya mudah ditemukan di dinding sumur. Pecel ini biasa disajikan dengan sayur dan tanaman lainnya seperti tauge, kaccang panjang dan kacang tanag. Dibalur bumbu campuran gula merah, gara, dan cabai kering membuat makanan satu ini begitu nikmat.

 

9. Nasi Pindang Kerbau

Selain menggunakan daging kerbau yang sudah diiris. Daun melinjo juga menjadi salah satu yang melengkapi sajian makanan ini. Selain itu, sebelum itu diberi kuah santan yang enak dan juga gurih. 

 

10. Soto Kudus

Kudus juga memiliki makanan khas soto. Soto Kudus umumnya disajikan dengan menggunakan mangkok kecil, lalu disajikan lengkap isinya berupa nasi putih, daging ayam, seledri, tauge dan juga kuah. Selain itu juga dilengkapi bawang goreng sebagai penyedapnya.

Itulah 10 kuliner khas Kudus. Bagi anda yang singgah atau berlibur ke Kota Kretek, disarankan untuk mencoba makanan tersebut. [Ali]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS 

Tag : Kuliner Kudus, Makanan Khas Kudus, Oleh-oleh Kudus, Berita Kudus, Blok Tuban, Kudus Hari Ini, Kabupaten Kudus



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat