12 Kuliner Khas Demak yang Bikin Lidah Bergoyang

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Berada di sebelah timur Kota Semarang, Demak juga kaya akan makanan khasnya. Kabupaten di Jawa Tengah ini memiliki luas 897,43 km² dan berpenduduk 1.158.772 jiwa di tahun 2019.

Selain Kota Wali, Demak masih memiliki tiga julukan lainnya, seperti Kota Jambu, Kota Belimbing, dan Kota Beramal. Banyaknya julukan lebih dari satu tersebut, menjadikan Demak sering dikunjungi para wisatawan dari berbagai daerah. 

Selain kuliner, Demak juga terkenal wisatanya mulai wisata alam, keluarga, sejarah, religi, dan belanja. Wisatawan saat letih dan dahaga, dapat menikmati makanan dan minuman khasnya. 

Melansir dari Pariwisata Demakkab, berikut ini 12 kuliner khas Demak yang wajib dicoba karena dapat membuat lidah anda bergoyang:

 

1. Rica-rica menthok

Hampir setiap daerah di pesisir Laut Jawa memiliki kuliner rica-rica menthok, termasuk Kabupaten Demak. Rica-rica di Demak rasanya pedas dan sangat cocok bagi pecinta kuliner pedas seperti di Jawa Timur. 

 

2. Sweke Menthok

Meskipun namanya sweke, namun bukan berarti bahan dasarnya adalah katak. Sebagai gantinya makanan olahan sweke di Demak diganti dengan unggas yang halal untuk semua kalangan. 

 

3. Kroco 

Nama makanan satu ini cukup unik, dan hanya ada di Demak. Rasanya yang nikmat, Kroco merupakan makanan olahan dari keong sawah disajikan dengan kuah dan biasanya dijajakan saat acara megengan atau sedekah bumi. Bagi pecinta kroco akan ketagihan karena rasanya yang enak. 

 

4. Soto Sawah 

Makanan soto ini dapat ditemukan di Desa Karangsono, Mranggen. Soto sawah Demak dinikmati di pematang sawah, sehingga disebut sebagai soto sawah. 

 

5. Tengkleng 

Makanan ini terbuat dari olahan kambing dan membuat lidah penikmatnya bergoyang. Disajikan dengan tulang kaki atau kikil kambing muda dibalur dengan bumbu pedas, tengkleng sering dicari di Demak. Wisatawan dapat menemukan tengkleng di depan Kantor PMI Demak. 

 

6. Botok Ndok Asin 

Telur asin bukan hanya disantap begitu saja, bagi masyarakat Demak telur asin tersebut dibuat kudapan yang begitu nikmat yaitu di buat botok ndok / telur asin ditambah dengan bumbu pedas dan dibungkus dengan daun pisang kemudian dikukus. Menambah sedap dan nikmatnya makanan yang satu ini.

 

7. Bakso Balungan 

Balungan di Demak bukan dari Sapi seperti di daerah lainnya, akan tetapi berasal dari Kerbau karena banyaknya soto kerbau. Makanan satu ini dapat ditemukan di sekitar Alun-alun Demak. 

 

8. Sop Balungan 

Makanan khas Demak satu ini berisi sayuran, kentang, wortel, dan tomat, bukan mie dan bakso seeprti di daerah lainnya. Perbedaaan isi tersebut membuat cita rasa sop balungan nikmat. Makanan ini dapat ditemukan di rumah makan Cipto Roso Demak. 

 

9. Kepala Manyung 

Selain mudah ditemukan di Tuban, Jawa Timur, makanan Kepala Manyung juga dapat ditemukan di Demak. Olahan yang sangat nikmat dan sedap dengan kuah santan dan bumbu pedasnya itu dijamin pasti ketagihan dan ingin nambah. Graha sakinah jalan tembus menyajikan makanan khas kepala manyung khas Demak. 

 

10. Nasi Brongkos 

Masakan Khas Demak yang menjadi santapan pagi hari. Kuliner satu ini terbuat dari perpaduan daging, kacang, dengan kuah kentalnya.

 

11. Kropohan 

Kropohan dulunya hanya dapat ditemukan saat hajatan di Demak, namun sekarang mudah ditemukan. Olahan daging kerbau yang empuk dan dipadupadankan dengan rempah rempah yang memanjakan lidah kita. 

 

12. Caos Dhahar 

Konon diceritakan makanan yang satu ini adalah makanan favorit Kanjeng Sunan kalijaga dan khusus makanan ini hanya warga kadilangu yang membutanya karena jika dibuat di luar warga kadilangu pasti akan berbeda rasanya.

 

Itulah 10 ragam makanan khas kota Semarang. Anda bisa membeli oleh-oleh dan mencicipi makanan tersebut ketika berkunjung ke Semarang.

 

Temukan konten Berita Demak menarik lainnya di GOOGLE NEWS