10 Makanan Khas Semarang untuk Oleh-oleh Saat Liburan

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Semarang bagi sebagian wisatawan menjadi surga untuk kuliner dan mencari oleh-oleh. Sebab, ibu kota Provinsi Jawa Tengah itu menjadi satu dari lima kota metropolitan di Indonesia. 

Dengan jumlah penduduk 1,6 juta jiwa, Semarang memiliki lokasi wisata dan segudang kuliner yang wajib dicoba. Kota yang berada di Jalur Pantura penghubung Kota Jakarta dan Surabaya, menjadi jalur penting bagi perekonomian di Jawa Tengah. 

Meskipun memiliki kemiripan karakteristik kondisi fisik dengan kota-kota di Belanda, kuliner di Kota Semarang tetap kuat di resep tradisionalnya. Dilansir dari Katadata, berikut ini 10 rekomendasi makanan khas Semarang untuk oleh-oleh saat liburan. 

 

1. Wedang Kacang 

Semarang memiliki minuman khas bernama wedang kacang. Minuman satu ini dapat dinikmati ketika malam hari. Wedang kacang berbeda dengan kacang hijau, karena bahannya terbuat dari potongan kacang tanah dan kuah santan.

 

2. Kue Moaci 

Bagi pecinta kue mochi, tentu akan menganggapnya sama. Kue yang berbentuk bulat kecil, kenyal dan bertabur wijen di atasnya rasanya enak dan menggugah selera. Kue moaci dibuat dari adonan tepung ketat, dengan bagian dalam berisi kacang cincang dan gula padat.

 

3. Soto Semarang

Hampir seluruh kota di Indonesia dapat dijumpai makanan soto, termasuk di Kota Semarang. Soto di ibukota Jateng ini terdiri dari ayam dan kuah bening. Direkomendasi menikmati soto Semarang ketika pagi hari, karena rasa yang ringan dan segar untuk sarapan. Semangkuk soto bisa dimakan bersama tempe goreng, perkedel kentang, sate ayam, kerang kulit, telur puyuh, dan usus.

 

4. Mie Kopyok 

Pecinta mie wajib mencoba makanan khas satu ini. Rasanya yang gurih dan renyah ini terdiri dari lontong, mie kuning, tauge, tahu pong, dan kerupuk yang disiram kuah dan diberi bawang goreng. Makanan ini juga menambahkan kerupuk gendar, alias kerupuk yang terbuat dari adonan nasi dan bumbu rempah.

 

5. Tahu Petis Semarang 

Tahu petis Semarang juga wajib dibawa untuk oleh-oleh saat liburan kesana. Makanan khas Semarang satu ini terdiri dari tahu pong dan cabe bumbu petis. Bumbunya sendiri terbuat dari cabe rawit dan olahan udang.

 

6. Sego Koyor 

Gedug versi Semarang adalah sego koyor ini. Bedanya dengan gudeh Yogya yaitu rasanya lebih gurih dan pedas. Makanan ini terdiri dari nasi, dan masakan daging sapi. Koyor artinya bagian daging yang tidak tebal seperti kikil (kulit sapi), lutut sapi, dan bisa diambil di bagian tulang rawan. Makanan ini disajikan bersama tahu, telur, irisan ayam, dan tempe.

 

7. Roti Ganjel Rel 

Dari namanya tentu sudah berimajinasi, bahwa roti ini ukurannya besar. Ternyata bukan, roti ini dinamakana ganjel atau batalan rel karena warnanya coklat tua dan bertabur wijen di bagian atasnya. Roti bertekstur keras satu ini dibuat dari bahan tepung tapioka, air, gula, kayu manis, dan santan.

 

8. Tahu Pong 

Selaian tahu petis, tahu pong juga menjadi oleh-oleh khas Semarang yang sering dicari wisatawan. Tahu Pong merupakan tahu goreng yang tidak berisi atau isinya hanya bagian tipis tahu. Rasa tahu pong ini gurih dan krispi. Tahu Pong disajikan bersama bumbu kecap, bumbu petis, dan acar mentimun.

 

9. Lumpia Semarang 

Makanan satu ini menjadi salah satu incaran wisatwan. Sebab, kue satu ini dulunya dibuat dengan perpaduan rasa Tionghoa dan Indonesia dari bahan rebung, telur, daging ayam, dan udang. Dari ebook 20 Kuliner Wisata Semarang, diketahui kalau jenis lumpia cukup beragam, seperti lumpia basah, lumpia goreng (kulit tipis dan renyah), lumpia original (rebung, udang, telur), dan lumpia spesial yang terdiri dari rebung, udang, telur, dan ayam. Ada juga varian lumpia yang bisa bertahan 10 hari.

 

10. Wingko Babat 

Selain di Jawa Timur, wingko juga menjadi oleh-oleh khas dari Kota Semarang. Makanan ini terbuat dari kelapa muda dan gula, yang memiliki rasa gurih, manis, dan khas. Wingko memiliki tekstur padat karena dibuat dari tepung beras atau ketan, gula, dan kelapa muda.

 

Itulah 10 ragam makanan khas kota Semarang. Anda bisa membeli oleh-oleh dan mencicipi makanan tersebut ketika berkunjung ke Semarang.

 

Temukan konten Berita Semarang menarik lainnya di GOOGLE NEWS