Bubur Sagu, Makanan Khas Wisata Pelang Tuban Tanpa Pengawet yang Wajib Dicoba

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Jika kalian berkunjung ke Wisata Pelang yang berada di Desa Tahulu, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban kalian wajib mencicipi makanan khas tempat tersebut yaitu bubur sagu.

Pasalnya, selain menikmati pesona keindahan alam dan kesejukan yang disuguhkan dalam destinasi wisata tersebut, para pengunjung juga kerap berburu kuliner khas yang sangat ramah di kantong. 

Wakil Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pelang, Hasan membenarkan jika makanan yang menjadi ciri khas dari tempat wisata ini yaitu bubur sagu yang dipadukan dengan gurihnya santan kelapa.

“Tepung sagu dan bubur sagu itu memang makanan khas dan asli olahan dari sini, itu yang bahannya sampai saat ini yang mudah dicari dan mudah diprosesnya. Sebenarnya ada juga disini makanan khasnya gayam, tapi kalau gayam kan musiman,” paparnya saat dikonfirmasi oleh blokTuban.com, Minggu (4/9/2022). 

Baca juga :

Cobain Yuk! Camping Sambil Berburu Sunrise di Pantai Pasir Putih Tuban

10 Kuliner Khas Kudus Kota Kretek yang Sayang Jika Dilewatkan

Banyak Hiburan Gratis Selama Agustusan, Kunjungan Wisata di Tuban Menurun

Bahkan, tidak hanya bisa menikmati kelezatan dari bubur sagu saja, para pengunjung juga dapat menyaksikan secara langsung pembuatan dari makanan tersebut. Pasalnya, ditempat tersebut juga disediakan wisata edukasi bagi masyarakat yang ingin belajar atau melihat secara langsung proses pembuatan tepung atau bubur sagu. 

Lebih lanjut, selain rasanya yang nikmat, proses pengolahan sagu dilakukan secara manual tanpa campuran bahan-bahan lainnya, seperti pengawet ataupun pemanis buatan. 

Sementara salah seorang pedagang setempat, Atik mengatakan untuk dapat menikmati satu porsi bubur sagu di bawah rindangnya pohon sagu dan sungai jernih dengan ribuan ikan didalamnya, pengunjung cukup membayarnya dengan harga Rp5 ribu per cup. 

“Iya mbak bubur sagu ini memang makanan khas dari pelang, untuk harganya per cup Rp5 ribu saja,” jelasnya. 

Sekedar diketahui, tiket masuk dari wisata ini juga terbilang sangat ramah dengan kantong. Pasalnya, tiket untuk satu orang dewasa dipatok dengan harga Rp5 ribu, sedangkan untuk anak-anak Rp3 ribu per orang. [Sav/Ali] 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS