15:00 . Film Berjudul Sandal, Antarkan Guru Tuban Juara di GCC Batch 3   |   14:00 . Cabai dan Tomat di Tuban Turun Rp3.000, Telur Ayam Naik Rp1.833 per Kilogram   |   13:00 . Prediksi Cuaca Tuban 28 November: Hujan Merata di Siang Hari   |   12:00 . ASN Tuban Kebobolan Uang Rp10 Juta di Rekenig Tabungan BRI   |   11:00 . Lowongan Kerja Crew Resto Mie Gacoan yang Akan Buka di Bojonegoro   |   10:00 . Nikah di Tengah Banjir, Pengantin Asal Bojonegoro Viral di Medsos   |   09:00 . Harga Emas Antam Hari ini 28 November 2022 Berada di Level Rp977.000 Per Gram   |   08:00 . Doa Pembuka Rezeki, Diamalkan Rasulullah SAW Setelah Shalat Wajib Subuh   |   07:00 . 321 Korban Meninggal, Tersisa 11 Orang Hilang Pasca Gempa Cianjur   |   06:00 . Komunitas Resik Tuban Santuni Puluhan Anak Yatim Tuwiri Wetan   |   05:00 . Es Lumut Aneka Rasa Disukai Anak Sekolah di Tuban   |   16:00 . Optimalkan Marketing Online, Produk UMKM Tuban Tembus Toko Modern hingga Luar Negeri   |   15:00 . Peringati Hari Pohon se-Dunia, 22 Komunitas dan Ormas Gelar Reboisasi di Tuban-Bojonegoro   |   14:00 . Setujui APBD Tuban 2023, Fraksi PKB DPRD Ajukan 18 Syarat   |   13:00 . Hindari Jalan Longsor, Truk Molen di Tuban Terguling ke Sawah   |  
Mon, 28 November 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

10 Kuliner Khas Lamongan yang Populer dan Enaknya Kebangetan

bloktuban.com | Monday, 05 September 2022 14:00

10 Kuliner Khas Lamongan yang Populer dan Enaknya Kebangetan Nasi Boranan Khas Lamongan – via Instagram: @sbykulinerinfo

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Sebagai salah satu wilayah yang masuk dalam kawasan metropolitan Surabaya, yaitu Gerbangkertosusila, Kabupaten Lamongan ternyata memiliki kuliner yang unik dan menggoyang lidah. 

Makanan daerah yang terletak 49 km barat Kota Surabaya ini, patut untuk dicoba dan dibawa oleh-oleh saat liburan. Dengan 27 kecamatan dan 476 desa, Lamongan memiliki berbagai potensi sebab wilayahnya dibagi dalam tiga kategori. 

Kembali ke kuliner khas Lamongan, blokTuban.com telah merangkumnya ke dalam 10 kuliner yang populer dan enaknya kebangetan. Simak ulasannya berikut ini:

 

1. Pecel Lele

Hampir semua daerah terdapat pecel lele. Biasanya makanan ini banyak ditemukan di Pedagang Kaki Lima (PKL) maupun di restoran. Kelezatan ikan lele goreng yang disajikan bersama dengan sambal, tahu dan tempe goreng, dan nasi putih tentu sayang untuk dilewatkan.

 

2. Perkedel

Di Lamongan, ada salah satu perkedel yang khas, yaitu perkedel Lamongan. Kuliner yang satu ini sangat cocok disajikan sebagai lauk dengan nasi putih hangat, nasi kuning, maupun nasi uduk.

 

3. Marning Jagung 

Cemilan yang satu ini sangat cocok disantap saat santai seperti nonton tv, nonton film, main game, kumpul bersama teman, dan acara lainnya. Cocok sebagai santapan dalam kondisi apapun, terlebih saat ramai-ramai bersama keluarga. 

 

4. Jumbrek 

Sekilas mirip dengan dumbek khas Tuban. Hanya namanya yang beda, sebab sama-sama terbuat dari tepung beras dan dicampur dengan gula jawa, serta santan kelapa. Untuk rasa, jajanan ringan ini mempunyai citarasa yang manis dan lembut. Aromanya harum karena dibalut dengan daun lontar sebagai pembungkusnya. 

 

5. Wingko Babat

Jajanan ringan yang satu ini berbentuk bulat, berwarna coklat pada bagian luar dan dalamnya, juga mempunyai citarasa yang manis dan gurih. Harganya hanya Rp10.000 per bungkus dapat ditemukan di Pasar Lamongan Baru.

Biasanya jajanan seperti Wingko Babat ini kerap dibeli oleh orang-orang yang sedang berwisata ke daerah tersebut.

 

6. Rawon 

Rawon juga merupakan salah satu Makanan Khas Lamongan yang dimasak hampir sama dengan masakan-masakan Rawon di daerah lainnya. Kuliner ini diolah dan dimasak dengan campuran kunyit sehingga aroma dan rasa lebih kuat.

 

7. Bandeng Colo

Makanan ini cocok bagi pecinta pedas. Sebab, sambal di bandengnya memiliki rasa sangat pedas, kemudian dicampur dengan parutan jeruk nipis. Menu ikan bandeng disajikan dengan sayuran dan kuah sup yang berwarna kuning.

 

8. Nasi Boranan 

Kuliner Lamongan yang juga banyak sekali peminatnya karena rasa yang dimiliki adalah Nasi Boranan. Dalam seporsi terdapat nasi, rempeyek, ikan bandeng, tahu, tempe, daging ayam, dan telur dadar.

Makanan ini mudah dijumpai di Jalan Dokter Wahidin dengan harga mulai dari Rp8.000 sampai Rp15.000 per porsinya. 

 

9. Tahu Campur 

Harganya hanya Rp15.000 per porsi, tahu campur dapat mudah ditemukan di depan Stadion Surajaya Lamongan. Rasanya yang nagih, sebab dalam seporsinya terdapat lontong, tahu kuning yang di potong-potong, bihun, perkedel, daging sapi, daun selada, dan kecambah. 

 

10. Soto 

Kuliner satu ini sudah familier di telinga wisatawan atau pecinta makanan. Dalam seporsi soto Lamongan terdapat daging ayam yang di suwir-suwir, mie bihun, irisan tomat, daun kol yang dipotong kecil-kecil, telur ayam, jeruk nipis, kerupuk udang, hingga sambal.

Soto Khas daerah Lamongan sendir mempunyai ciri-cirinya sendiri, yang mana kuah dari soto tersebut berwarna kuning yang dicampur dengan sedikit minyak. Lalu, di dalam kuah tersebut diberi tambahan seperti beberapa macam bumbu rempah-rempah.

Itulah 10 kuliner khas Lamongan yang enaknya kebangetan. Dapat dibeli langsung di pusat oleh-oleh Lamongan, atau dinikmati langsung di lokasi. Selamat mencoba!. [Ali]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS 

Tag : 10 Kuliner Khas Lamongan, Enaknya kebangetan, Kabupaten Lamongan, Blok Tuban, Lamongan Hari Ini, Berita Lamongan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 06 November 2022 11:00

    Blok Cerpen

    Takdir

    Takdir Entah apa saja yang sudah kulewati di tahun 2020, aku hanya ingin menuliskan sebuah pintu harapan....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat