09:00 . Bom Bunuh Diri Meledak di Polsek Astanaanyar Bandung, Video Tersebar di Media Sosial   |   08:00 . Harga Emas AntamHari Ini 7 Desember 2022 Stagnan di Level Rp984.000   |   18:00 . Tak Bisa Berenang, Pelajar Tuban Tewas Tenggelam di Telaga Saat Mandi   |   17:00 . MTQ XXX 2022 Dibuka, Ajang Tuban Membumikan Alquran   |   16:00 . BNPB Tegaskan Erupsi Gunung Semeru Tak Picu Tsunami   |   15:00 . SAKIP Tuban Diganjar Predikat BB, Menpan RB Larang Birokrasi Ribet   |   14:00 . Bermula Dari Hobi, Produk Rajutan Warga Tuban Ini Diekspor Sampai ke Qatar   |   13:00 . IDe AsSALAM Antarkan UINSA Terima Penghargaan TOP 45 tahun 2022   |   12:00 . Serahkan Kaporlap pada Bhabinkamtibmas, Wakapolres Tuban : Kembalikan Kepercayaan Publik Kepada Institusi Polri   |   11:00 . Tak Patut Dicontoh, Video Dewasa Viral di Tuban dan Balita Ikut Terekam   |   10:00 . Anjlok Rp15.000 Per Gram, Harga Beli Emas Antam Turun di Level Rp984.000   |   09:00 . Erupsi Gunung Semeru di Indonesia, Jepang Waspada Ancaman Gelombang Tsunami?   |   08:00 . Doa yang Sering Diamalkan Rasulullah SAW Setiap Hari   |   07:00 . Jadwal Tayang Enam Film di Bioskop NSC Tuban 6 Desember 2022   |   06:00 . Cabai Keriting di Tuban Naik Rp2.000, Bawang Merah Rp1.000/Kg   |  
Wed, 07 December 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Atasi BAB Sembarangan, Pemkab Tuban Gelontorkan Dana Rp5 Milyar

bloktuban.com | Tuesday, 13 September 2022 11:00

Atasi BAB Sembarangan, Pemkab Tuban Gelontorkan Dana Rp5 Milyar BAB sembarang di masyarakat menjadi fokus dari Dinas Kesehatan Tuban. (Foto:Sav/blokTuban.com)

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Perilaku Buang Air Besar (BAB) sembarangan, hingga kini masih sering dijumpai di beberapa wilayah Kabupaten Tuban. Hal tersebut, membuat capaian desa yang masuk kategori Open Defecation Free (ODF) di Bumi Wali, julukan untuk Kabupaten Tuban masih rendah. 

Menurut Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) Tuban, Ike Mairina, jika sampai Bulan Juli 2022 lalu masih mencapai 39 persen. 

Menurutnya, jika capaian tersebut dibandingkan dengan daerah atau kabupaten lainnya, capaian desa ODF di Kabupaten Tuban masih terbilang cukup rendah. Akan tetapi, capaian tersebut lebih meningkat jika dibandingkan pada tahun sebelumnya. 

“Capaian desa ODF tahun 2021 adalah 28,6 persen, sedangkan capaian sampai dengan bulan Juli sebesar 39 persen. Kalau dibandingkan dengan kabupaten lain, capaian ODF kita tergolong rendah,” jelasnya saat dikonfirmasi oleh blokTuban.com, Selasa (13/9/2022). 

Baca juga :

Masih Ada 236 KK di Tuban yang BAB Sembarangan, Simak Daftar Desa yang akan Dibangunkan Jamban

Ada Unsur Siluet hingga Barcode, Lampu Ciptaan Mahasiswa UHW Ini Bisa Bikin Tidur Nyaman

Kemenag Tuban Punya Dua Cara Cegah Terjadi Kekerasan di Pesantren

Oleh karena itu, untuk mewujudkan Bumi Wali menjadi kabupaten ODF atau stop buang air sembarangan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban akan membangun jamban atau WC gratis sebanyak 236 Kepala Keluarga (KK). Pemkab Tuban menyiapkan anggaran kurang lebih sebesar Rp5 milyar. 

Hal tersebut, lanjut perempuan yang akrab disapa Ike ini bertujuan untuk membantu masyarakat di Kabupaten Tuban, untuk menndapatkan fasilitas sanitasi jamban yang sehat. 

“Tujuan dari pembangunan jamban adalah membantu masyarakat dalam penyediaan fasilitas sanitasi jamban sehat, sehingga merubah perilaku masyarakat agar membiasakan BAB di jamban,” lanjutnya. 

Lebih lanjut, dengan diadakannya pembangunan tersebut, maka perempuan ramah ini berharap agar hal itu mampu meningkatkan akses penggunaan jamban, sehingga tercapai desa ODF yaitu desa stop BAB sembarangan. 

“Kedepannya akan terwujud kecamatan ODF dan Kabupaten Tuban ODF. Maka akan dilanjutkan verivikasi pilar-pilar STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) yang lainnya, sehingga ada jalan bagi Kabupaten Tuban meraih STBM Awards,” ucapnya. [Sav/Ali]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS 

Tag : ODF rendah, Kabupaten Tuban, BAB Sembarangan, 5 Miliyar, Blok Tuban, Tuban Hari Ini, Berita Tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 06 November 2022 11:00

    Blok Cerpen

    Takdir

    Takdir Entah apa saja yang sudah kulewati di tahun 2020, aku hanya ingin menuliskan sebuah pintu harapan....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat