Nelayan Tuban Minta Ada SPBN Diantara Kecamatan Tuban dan Palang

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Para nelayan di Kecamatan Tuban dan Palang, Kabupaten Tuban menginginkan adanya penambahan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan (SPBN). Lokasinya berada di antara Tuban Kota dan Palang. 

Tempat SPBN di Kabupaten Tuban sendiri, berada di  Desa Karangagung, Kecamatan Palang. Sementara bagi nelayan di daerah Tuban Kota, membeli BBM melalui juriken dengan menggunakan byname.

“Ketersediaan untuk nelayan kalau hasil koordinasi kemarin tidak ada masalah, cuma yang di pesisir kemarin mereka menghendaki mulai dari Panyuran sampai Karangsari, Jenu itu harapannya bisa dibangunkan SPBN untuk memudahkan. Tapi itu baru kita komunikasikan, karena kita nggak bisa langsung menambah SPBN,” ujar Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Endro Budi S, saat dimintai keterangan, Minggu (11/9/2022).

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, lanjut Endro Budi memastikan jika stok ketersediaan Bahan Bakar Minyak (BBM) di Kabupaten Tuban aman, hingga akhir tahun 2022 mendatang.

Baca juga :

Merasa Dipersulit Beli Pertalite, Nelayan Karangsari Tuban Bawa Jeriken Ditolak SPBU Dasin 

Solar Sulit di Dapat, Nelayan Tuban Isi Libur Melaut dengan Perbaiki Alat Tangkap Ikan  

Alasan Istrinya Sakit, Nelayan Tuban Cabuli Anak 12 Tahun dengan Modus Kasih Upah Usai Belikan Rokok

Hal tersebut, dikatakannya menyusul kebijakan baru dari Pemerintah RI yang memutuskan untuk menaikkan harga BBM, baik bersubsidi maupun non subsidi sejak (3/9/2022) lalu.

“Secara keseluruhan selama empat bulan kedepan, hasil release dari Pertamina yang  kemarin kita dievaluasi oleh Gubernur dan PT. Pertamina. Insyaallah stoknya cukup. Mulai dari pertalite sampai dengan solarnya,” paparnya.

Namun, karena Kabupaten Tuban sendiri merupakan daerah industri, lanjut Endro sapaan akrabnya maka persediaan bahan bakar solar akan ditambah kuotanya, sehingga tidak sampai mengalami kelangkaan.

Sementara saat disinggung terkait kondisi nelayan di Tuban yang sulit mendapatkan solar, Endro mengatakan bahwa sebenarnya sudah ada SPBN, yang diperuntukkan bagi para nelayan.

“Memang yang solar karena di Tuban ini kota industri dan banyak truk-truk besar, itu yang akan ditambah stok nya. Kalau pertalitenya cukup,” tandasnya. [Sav/Ali]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS