10 Kuliner Khas Lamongan yang Populer dan Enaknya Kebangetan

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Sebagai salah satu wilayah yang masuk dalam kawasan metropolitan Surabaya, yaitu Gerbangkertosusila, Kabupaten Lamongan ternyata memiliki kuliner yang unik dan menggoyang lidah. 

Makanan daerah yang terletak 49 km barat Kota Surabaya ini, patut untuk dicoba dan dibawa oleh-oleh saat liburan. Dengan 27 kecamatan dan 476 desa, Lamongan memiliki berbagai potensi sebab wilayahnya dibagi dalam tiga kategori. 

Kembali ke kuliner khas Lamongan, blokTuban.com telah merangkumnya ke dalam 10 kuliner yang populer dan enaknya kebangetan. Simak ulasannya berikut ini:

 

1. Pecel Lele

Hampir semua daerah terdapat pecel lele. Biasanya makanan ini banyak ditemukan di Pedagang Kaki Lima (PKL) maupun di restoran. Kelezatan ikan lele goreng yang disajikan bersama dengan sambal, tahu dan tempe goreng, dan nasi putih tentu sayang untuk dilewatkan.

 

2. Perkedel

Di Lamongan, ada salah satu perkedel yang khas, yaitu perkedel Lamongan. Kuliner yang satu ini sangat cocok disajikan sebagai lauk dengan nasi putih hangat, nasi kuning, maupun nasi uduk.

 

3. Marning Jagung 

Cemilan yang satu ini sangat cocok disantap saat santai seperti nonton tv, nonton film, main game, kumpul bersama teman, dan acara lainnya. Cocok sebagai santapan dalam kondisi apapun, terlebih saat ramai-ramai bersama keluarga. 

 

4. Jumbrek 

Sekilas mirip dengan dumbek khas Tuban. Hanya namanya yang beda, sebab sama-sama terbuat dari tepung beras dan dicampur dengan gula jawa, serta santan kelapa. Untuk rasa, jajanan ringan ini mempunyai citarasa yang manis dan lembut. Aromanya harum karena dibalut dengan daun lontar sebagai pembungkusnya. 

 

5. Wingko Babat

Jajanan ringan yang satu ini berbentuk bulat, berwarna coklat pada bagian luar dan dalamnya, juga mempunyai citarasa yang manis dan gurih. Harganya hanya Rp10.000 per bungkus dapat ditemukan di Pasar Lamongan Baru.

Biasanya jajanan seperti Wingko Babat ini kerap dibeli oleh orang-orang yang sedang berwisata ke daerah tersebut.

 

6. Rawon 

Rawon juga merupakan salah satu Makanan Khas Lamongan yang dimasak hampir sama dengan masakan-masakan Rawon di daerah lainnya. Kuliner ini diolah dan dimasak dengan campuran kunyit sehingga aroma dan rasa lebih kuat.

 

7. Bandeng Colo

Makanan ini cocok bagi pecinta pedas. Sebab, sambal di bandengnya memiliki rasa sangat pedas, kemudian dicampur dengan parutan jeruk nipis. Menu ikan bandeng disajikan dengan sayuran dan kuah sup yang berwarna kuning.

 

8. Nasi Boranan 

Kuliner Lamongan yang juga banyak sekali peminatnya karena rasa yang dimiliki adalah Nasi Boranan. Dalam seporsi terdapat nasi, rempeyek, ikan bandeng, tahu, tempe, daging ayam, dan telur dadar.

Makanan ini mudah dijumpai di Jalan Dokter Wahidin dengan harga mulai dari Rp8.000 sampai Rp15.000 per porsinya. 

 

9. Tahu Campur 

Harganya hanya Rp15.000 per porsi, tahu campur dapat mudah ditemukan di depan Stadion Surajaya Lamongan. Rasanya yang nagih, sebab dalam seporsinya terdapat lontong, tahu kuning yang di potong-potong, bihun, perkedel, daging sapi, daun selada, dan kecambah. 

 

10. Soto 

Kuliner satu ini sudah familier di telinga wisatawan atau pecinta makanan. Dalam seporsi soto Lamongan terdapat daging ayam yang di suwir-suwir, mie bihun, irisan tomat, daun kol yang dipotong kecil-kecil, telur ayam, jeruk nipis, kerupuk udang, hingga sambal.

Soto Khas daerah Lamongan sendir mempunyai ciri-cirinya sendiri, yang mana kuah dari soto tersebut berwarna kuning yang dicampur dengan sedikit minyak. Lalu, di dalam kuah tersebut diberi tambahan seperti beberapa macam bumbu rempah-rempah.

Itulah 10 kuliner khas Lamongan yang enaknya kebangetan. Dapat dibeli langsung di pusat oleh-oleh Lamongan, atau dinikmati langsung di lokasi. Selamat mencoba!. [Ali]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS