18:00 . Cegah Tipikor, Kejari Tuban Minta Masyarakat Tak Ragu Lapor   |   17:00 . Jangan Sepelekan Campak, Dampaknya Sebabkan Diare Berat hingga Kematian   |   16:00 . Trailer Film Malaysia Genre Horor - 'PULAU' Siapa Pergi Dia Mati   |   15:00 . Jadwal Tayang Bioskop NSC Tuban 27 Januari 2023: Ada 6 Film Pilihan untuk Kamu   |   14:00 . Hujan Petir Masih Berpotensi Guyur Tuban, Lamongan, dan Bojonegoro Hari Ini   |   13:00 . Unik !! Pohon Pisang di Plumpang Kabupaten Tuban Bercabang dan Berbuah 2 Tandan   |   12:00 . Update Sembako Tuban 27 Januari 2023: Cabai Biasa Turun Rp10.000, Telur Ayam Rp2.000/Kilogram   |   11:00 . Kasus Gizi Buruk Anak di Tuban Turun, Angkanya 21,5 % Level Nasional dan 19,2 % di Jatim   |   10:00 . Harga Emas Antam Hari ini 27 Januari 2023 Turun Rp5.000 Per Gram, Sejumlah Stock Kosong   |   09:00 . Desi Astutik Pendamping Produk Halal yang Getol Dampingi Pelaku UMKM   |   08:00 . Cara Rasulullah Berdzikir, Tanpa Alat Hanya Menggunakan Jari   |   07:00 . Resep Bolu Gulung Keju DEBM, Tanpa Menambahkan Tepung   |   20:00 . Miniatur Mobil Jadikan Pemuda Tuban Jutawan, Produknya Tembus Berbagai Kota   |   19:00 . 3.923 Anak di Tuban Putus Sekolah, Salah Satu Pemicunya Menikah Usia Dini   |   18:00 . Capaian Vaksin Booster di Tuban 34,42%   |  
Fri, 27 January 2023
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Lulus Predikat Membanggakan, 54 Siswa Permadani Tuban di Wisuda

bloktuban.com | Sunday, 07 August 2022 14:00

Lulus Predikat Membanggakan, 54 Siswa Permadani Tuban di Wisuda Wisuda Permadani Tuban tahun 2022 digelar di Pendapa Krida Manunggal Tuban. (Foto:Nur/blokTuban.com)

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Sejumlah 54 siswa Persaudaraan Masyarakat Budaya Nasional Indonesia (Permadani) Kabupaten Tuban Bregada XI di wisuda di Pendopo Krido Manunggal Tuban, Minggu (7/08/2022). 

Proses wisuda berlangsung khidmat dalam acara ini turut dihadiri Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, Dewan Pengurus Permadani Pusat dan Ketua DPW Permadani Jawa Timur, Eko Sumantri.

Sebelum di wisuda mereka menempuh pelatihan selama delapan bulan dengan berbagai materi tentang budaya Jawa. Pelatihan dilakukan di SDN Prunggahan kulon 1 Kecamatan semanding.

“Terima kasih atas ikhtiar yang dilakukan Permadani Tuban dalam melestarikan budaya Jawa. Karena hal tersebut juga selaras dengan upaya Pemkab dengan penggunaan bahasa Jawa pada hari rabu minggu kedua di setiap bulannya," ujar Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky kepada blokTuban.com, Minggu (7/08/2022).

Baca juga :

Sowan para Tokoh NU, Santri Tuban ini Minta Restu untuk Kembali Pimpin Permadani Diksi KIP Kuliah

- Pemkab Wajibkan Bahasa Jawa, Lestarikan Kearifan Lokal

Komunikasi ASN Tuban Akan Gunakan Bahasa Jawa

PJB UBJOM PLTU Tanjung Awar-awar Dukung Pelestarian Bahasa Jawa Sejak Dini di Tuban

Bupati Lindra menambahkan, bahasa dan budaya Jawa juga dimasukkan pada kurikulum pendidikan sejak PAUD. Selain itu, para ASN Pemkab Tuban diharuskan menggunakan batik tulis tenun Gedog khas Tuban sebagai seragam batik wajib. 

Selain itu, kemajuan suatu daerah juga dipengaruhi oleh pelestarian budayanya. Karenanya nilai-nilai budaya akan membentuk pondasi dan karakter masyarakatnya. Begitu pentingnya sebuah budaya, Pemkab Tuban berkomitmen melestarikan budaya dan situs-situs budaya dengan melibatkan pegiat budaya, seniman, tokoh masyarakat, dan pendidikan.

Lebih lanjut, pelestarian budaya dapat dilaksanakan dengan mengadopsi kemajuan teknologi. Di mana kombinasi budaya dan teknologi dapat dikomunikasikan melalui media promosi wisata. 

“Selain melestarikan budaya juga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat,” sambungnya.

Bupati Tuban mengingatkan tongkat estafet organisasi Permadani Tuban harus terus dilanjutkan. Senior hendaknya memberi nasihat dan arahan untuk junior. Tidak hanya itu, perlu adanya inovasi tanpa mengurangi nilai esensinya agar tetap eksis menjaga kelestarian budaya Jawa di tengah kemajuan jaman dan gempuran budaya luar.

Sementara itu, Ketua Departemen Organisasi DPP Permadani Pusat, Antonius Supriyatin mengatakan kegiatan ini wujud perhatian Pemkab Tuban yang telah mewadahi kegiatan kebudayaan Jawa yang dilaksanakan Permadani Tuban. 

Harapannya, ikhtiar yang ditempuh Permadani Tuban mampu mendukung upaya Pemkab Tuban dalam melestarikan kebudayaan Jawa di Kabupaten Tuban. 

“Kami haturkan terimakasih atas dukungan Mas Bupati Tuban dan Pemkab Tuban,” ujarnya.

Antonius mengungkapkan kekagumannya terhadap Permadani Tuban yang telah menyelenggarakan wisuda 54 siswa. Para wisudawan telah lulus dengan predikat membanggakan. Pasca di wisuda, para wisudawan diharapkan tetap mengamalkan nilai-nilai Triniti Yogya dan Triniti Rukun, serta memberi manfaat kepada lingkungan sekitar. 

“Hidup bermasyarakat dengan menyenangkan orang di sekitar kita. Sekaligus saling menguatkan dan aktif menghidupkan organisasi kebudayaan ini," tutupnya. [Nur/Ali]

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS

Tag : Wisuda Permadani, Permadanai Tuban, Bupati Tuban, Blok Tuban, Tuban Hari Ini, Berita Tuban, Kabupaten Tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat