Gerakan Tuban Menulis Penggerak Lomba Pidato Bahasa Jawa, Mas Bupati Mendukung Kegiatan GTM

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Gerakan Tuban Menulis (GTM) mengandeng Dinas pendidikan dan MGMP Bahasa Jawa dalam rangka lomba pidato bahasa Jawa tingkat SMP se-Kabupaten Tuban. Dalam sambutannya Tetua GTM, Mutholibin mengatakan bahwa lomba bahasa Jawa ini sebagai bentuk keinginan kawulan muda untuk menjaga bahasa Jawa tetap lestari di Kabupaten Tuban. 

"Di tengah-tengah gempuran era globalisasi bahasa Jawa harus tetap dipertahankan demi mejaga peradaban Jawa Timur khususnya Kabupaten Tuban," ujar Mutolibin, Sabtu (19/3/2022). 

Lomba pidato bahasa Jawa itu, lanjut Mutolibin menginginkan peserta didik mempunyai mental pemberani dalam melakukan kompetisi perlombaan sehingga terbentuknya karakter pada peserta didik.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Tuban, Joko Priyono menyampaikan apresiasi lomba pidato bahasa Jawa yang dilaksanakan GTM. "Saya apresiasi sekali lomba yang diadakan GTM, semoga ini dapat memacu sekolah-sekolah untuk selalu mempraktekkan bahasa Jawa dalam kehidupan sehari-hari," sambungnya. 

Dikesempatan yang sama, Aditya Halindra Faridzky Bupati Tuban sangat mendukung acara lomba bahasa Jawa yang digelar oleh GTM. 

"Lomba pidato bahasa Jawa yang dipelopori oleh GTM ini luar biasa, saya sangat mendukung kegiatan lomba ini. Nantinya untuk mengapresiasi yang menang dan yang kalah naskah lomba akan kita jadikan buku, dan buku tersebut akan kita taruh di Perpustakaan sebagai refrensi dan bukti kita melestarikan bahasa Jawa" terang Bupati Halindra. 

Mas Bupati sapaan akbrab masyarakat Tuban menambahkan, selanjutnya akan dilaksanakan juga kegiatan lomba menulis akasara Jawa nanti dapat dilakukan juga oleh GTM sebagai penggerak lomba tersebut.

Sebagaimana laporan dari panitia lomba, pidato bahasa Jawa yang di gelar di Aula Dinas Pendidikan yang di pelopri oleh GTM diikuti 40 SMP Negera/Swasta se-Kabupaten Tuban. Dewan juri memutuskan  juara I di raih oleh SMPN 1 Semanding, juara II SMPN 1 Kerek, dan juara III SMPN 1 Plumpang. Sedangkan juara harapan I diraih SMPN 5 Tuban, harapan II SMPN 3 Tuban, dan harapan III SMPN 2 Tuban. [Ali]