15:00 . Warga Tuban Serbu Pasar Murah Berhadiah Gula Pasir   |   14:00 . 20 BUMDesa Tuban Pamer Produk di Event Besti, Pedagang Kebanjiran Berkah   |   13:00 . Peringatan 50 Tahun IKA UNAIR di Tuban, Khofifah Harapkan Keberkahan   |   12:00 . Kantor Kejari Tuban Dipenuhi Karangan Bunga, Dukung Pelaporan Alvin Liem   |   11:00 . Fashion Show Gadis Pesisir Tuban 2022 Sukses Digelar di Pantai Semilir Socorejo   |   10:00 . Festival Batik Pantai Semilir 2022 || Pantai SEMILIR   |   09:00 . Empat Film Bioskop NSC Tuban di Akhir Pekan, Pilih yang Mana!   |   08:00 . Prediksi Cuaca Tuban 24 September 2022: Sore Hari Hujan Ringan dan Berawan Tebal   |   07:00 . BPS Laporkan Penurunan Kunjungan Wisata Mancanegara di Jatim   |   06:00 . KONI Jatim Libatkan Hope Physioteraphy di Puslatda Jelang PON XX 2024   |   05:00 . Hadiri 50 Tahun IKA UNAIR di Tuban, Gubernur Khofifah Dijadwalkan Gowes hingga Tanam Mangrove   |   23:00 . Desa Jlodro Tuban Mencekam, Berawal dari Sakit Hati Kakek Bacok Tetangganya hingga Tewas   |   22:00 . Pengurus IKAMI ATTANWIR Tuban Dilantik, Ketum : Kita Harus Kompak dan Semangat   |   21:00 . Diduga Cemarkan Intitusi Kejaksaan di Youtube, Persaja Tuban Laporkan Alvin Liem ke Polisi   |   20:00 . Jadi Souvenir G20, Menparekraf RI Puji Produk Teh Herbal Binaan Pertamina   |  
Sun, 25 September 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

PJB UBJOM PLTU Tanjung Awar-awar Dukung Pelestarian Bahasa Jawa Sejak Dini di Tuban

bloktuban.com | Sunday, 20 March 2022 08:00

PJB UBJOM PLTU Tanjung Awar-awar Dukung Pelestarian Bahasa Jawa Sejak Dini di Tuban Lomba pidato bahasa Jawa tingkat SMP se-Tuban didukung oleh PJB UBJOM PLTU Tanjung Awar-awar. (Foto:Ist)

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - PT PJB UBJOM PLTU Tanjung Awar-awar mendukung kegiatan pidato bahasa jawa dalam rangka melestarikan bahasa jawa sejak dini di Kabupaten Tuban. Lomba tingkat SMP yang digerakkan oleh Gerakan Tuban Menulis (GTM) itu, dibuka langsung oleh Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, Sabtu (19/3).

Bagi generasi sekarang, bahasa Jawa khususnya kromo inggil menjadi sesuatu yang sudah asing. Sebab, perkembangan peradaban yang terjadi saat ini ada pergeseran cara asuh orang tua yang tidak lagi mengajari anak menggunakan bahasa Jawa kromo atau bahasa Jawa halus, baik di kota maupun di desa.

“Semoga adanya lomba pidato bahasa Jawa menjadi cara untuk memulai kembali membiasakan berbahasa jawa di Kabupaten Tuban,” ujar Manajer Keuangan dan Administrasi PJB UBJOM PLTU Tanjung Awar-awar, Adityo Baskoro Widagdo sebagai salah satu sponsor dalam lomba itu, Minggu (20/3/2022). 

Sementara itu, Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky menyampaikan lomba pidato bahasa Jawa digelar sebagai langkah untuk membumikan dan membiasakan berbahasa Jawa, utamanya kromo alus atau inggil.

Selain itu, juga sebagai bentuk kongkrit Pemkab Tuban dalam pelestarian budaya dengan membiasakan memakai bahasa Jawa juga mengajarkan anak-anak bertata krama. 

“Dengan berbahasa jawa halus atau inggil, pasti tata kramanya juga terpengaruh, unggah ungguhnya juga akan terpengaruh,” sambung Bupati Halindra. 

Pengembangan budaya utamanya bahasa Jawa, kedepannya lanjut Bupati Halindra akan dikembangkan dengan menggelar giat budaya di semua tempat. 

Dalam upaya Pemkab Tuban untuk membumikan kembali bahasa jawa, juga telah diatur dalam Peraturan Bupati yang berisi kewajiban berbahasa jawa di hari Rabu Minggu ke dua di seluruh instansi, lingkungan pendidikan, kesehatan, dan masyarakat umum.  

“Saya akui, sudah jarang generasi se umur saya, bahkan lebih tua lagi sudah asing menggunakan bahasa jawa inggil di kehidupan sehari- hari,” ucapnya. 

Lomba pidato bahasa Jawa yang dipelopori oleh GTM, menurut Bupati luar biasa. Nantinya untuk mengapresiasi yang menang dan yang kalah naskah lomba akan dijadikan buku, dan buku tersebut akan ditaruh di Perpustakaan sebagai refrensi dan bukti Tuban melestarikan bahasa Jawa.

Laporan dari panitia lomba pidato bahasa Jawa yang di gelar di Aula Dinas Pendidikan,  diikuti 40 SMP Negera/Swasta se-Kabupaten Tuban. Dewan juri memutuskan  juara I di raih oleh SMPN 1 Semanding, juara II SMPN 1 Kerek, dan juara III SMPN 1 Plumpang. Sedangkan juara harapan I diraih SMPN 5 Tuban, harapan II SMPN 3 Tuban, dan harapan III SMPN 2 Tuban. [Ali]

Tag : PJB OBJOM PLTU, PJB Tuban, Dukung Bahasa Jawa, GTM, Lomba Pidato, Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 20 September 2022 05:00

    Opini

    Menata (Serius) Kompetisi Olahraga ?

    Menata (Serius) Kompetisi Olahraga ? Ada celetukan yang sering muncul di antara teman-teman pelatih olahraga begini, latihan terus menerus tanpa bertanding itu sama artinya dengan merasa hebat tapi tidak teruji dan terbukti. Latihan terus tanpa...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat