Sepatu Jadi Lebih Kuat, Segini Biaya Jahit Sepatu dan Ganti Sol di Tuban

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Memasuki tahun ajaran baru para wali murid berbondong bondong mencarikan sepatu para anaknya yang sudah rusak, akan tetapi jika sepatu masih layak pakai dan Cuma rusak sedikit dan sayang kalu di ganti mungkin ini bisa menjadi solusinya. Bermodalkan Rp15.000 sepatu akan kembali kuat seperti baru lagi.

Para orang tua cukup membawanya ke tukang jahit sepatu mungkin saat ini sudah mulai jarang di temui penjahit sepatu keliling ke desa-desa. Tetapi jika kalian pergi ke Pasar Baru Tuban akan banyak di jumpai para penjahit sepatu yang berada di sepanjang Jalan Gajah Mada Tuban. 

Terkait : Heboh Larangan Berkendara Pakai Sendal Jepit, Pemotor: ke Pasar Pakai Sepatu?

Para penjahit sepatu itu biasa menjajakan jasanya di trotoar jalan dengan membawa meja kecil untuk menaruh peralatannya. Salah satunya Kino (55) pria asal Solo yang sudah menetap di Kabupaten Tuban.

Ia sudah menggeluti usaha jahit sepatu dan ganti sol sepatu sejak tahun 1997 tepatnya 25 tahun yang lalu. Keterampilan menjahit sepatu ia dapatkan secara otodidak.

“Saya sudah 25 tahun menjalani usaha ini dari dulu sampai sekarang ya di depan pasar baru lokasi mangkal saya,” ucap Kino kepada blokTuban.com, Rabu (20/07/2022).

Terkait :Awal 2022 ASN Wajib Pakai Batik Tulis dan Sepatu UMKM Lokal

Menurut Kino pelanggan sekarang lebih banyak daripada dulu. Saat ini semua orang sudah menggunakan sepatu, tidak seperti dulu yang masih jarang menggunakannya.

Ia membanderol jasa jahit sepatu mulai dari harga Rp10.000 sampai dengan Rp15.000, tergantung ukuran sepatu juga kerumitannya. Dalam sehari, ia bisa menyelesaikan 6-5 pasang sepatu untuk dijahit. 

Sedangkan untuk biaya mengganti sol sepatu berkisar Rp100.000 rupiah, akan tetapi jarang orang yang hendak mengganti sol sepatu. Adapun alat yang digunakan Kino untuk bekerja yaitu benang dan jarum untuk menjahit sepatu.

Terkait : Fannia Latifha Sabet 3 Piala dan 1 Medali Kejuaraan Sepatu Roda PORKAB VI Tuban

Hendi (40) seorang pengguna jasa jahit sepatu mengatakan, ia sering menggunakan jasa jahit sepatu karena sepatu atau sandal akan lebih kuat dan tahan lama. Selain itu, ada sepatu yang sudah rusak ia akan menjahitnya juga karena sayang kalau di buang.

"Karena masih bisa di pakai, setiap sepatu rusak akan tak bawa ke sini," tutupnya. [Nur/Ali]

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS