Mau Punya Gigi Kuat? Minum Susu Tinggi Kalsium dan Fosfor

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Siapa yang tdak mendambakan gigi sehat dan kuat? untuk mendapatkan hal tersebut kalian disarankan meminum susu yang tinggi kalsium dan fosfor.

Seorang dokter gigi, Sunita De Zoysa mengatakan susu juga mengandung beberapa mineral, protein, vitamin yang mana bermanfaat bagi gigi.

Baca berita menarik lainnya DI SINI 

"Untuk kesehatan gigi yang baik, kita perlu memperoleh asupan kalsium yang cukup setiap hari, karena gizi inilah yang digunakan tubuh untuk membuat email dan dentin (lapisan gigi, red)," ujar Sunita seperti yang dilansir suara.com jaringan blokTuban.com.

Terdapat pula kandungan vitamin D, yang membantu penyerapan kalsium dan fosfor dari makanan. Sakit gusi yang umum pernah diderita orang dapat dpulihkan dengan meningkatkan sistem kekebalan.

Baca juga: Kesehatan Para Zodiak, Meski Scorpio dan Cancer Fokus Gapai Harapan Penuhi Asupan Gizimu

Dalam kandungan susu terdapat pula yang namany protein kasein. Fungsinya untuk membentuk lapisan pelindung pada permukaan gigi dan melindunginya dari pembusukan.

"Namun, di satu sisi susu mengandung gula yang disebut laktosa, yang beberapa orang tidak bisa mencernanya atau disebut intoleransi laktosa," tambahnya.

Baca juga: Mau Punya Wajah sehat dan Cerah? Ini Cara-Cara Untuk Mendapatkannya

Agar mengurasi efek samping dari susu, sebaiknya tidak mengkonsumsi susu pada waktu berdekatan dengan jam tidur. Sebelum tidur baiknya menggosok gigi agar bakteri yang berasal dari sisa makanan atau minuman yang menyukai gula.[Dwi]