Cicipi Susu Kedelai Nayy's Soya, Minuman Lezat yang Kaya Akan Manfaat

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Sari kedelai atau yang biasa disebut dengan susu kedelai merupakan minuman yang berbahan dasar kacang kedelai. Minuman ini disebut susu lantaran warnanya yang putih menyerupai susu. Seiring dengan berkembangnya zaman, saat ini warna dari susu kedelai ini tidak hanya putih saja, akan tetapi beraneka macam seperti merah muda, hijau hingga cokelat. 

Berbagai macam minuman yang bermunculan saat ini, susu kedelai tetap eksis walaupun penggemarnya sedikit berkurang. Salah satu susu kedelai yang masih bertahan hingga saat ini ialah susu kedelai Nayy's Soya, Sabtu (26/2/2022)

Selain rasanya yang enak, susu kedelai juga memiliki berbagai macam manfaat yang baik bagi kesehatan. Hal tersebut dikatakan oleh Siti Zuliyatin, Owner Nayy's Soya, ia mengungkapkan jika minuman yang dijualnya tersebut kaya akan nutrisi. 

“Banyak manfaatnya karena kaya nutrisi, buat ibu menyusui kan bisa lancar asi nya, buat bayi yang alergi sama susu formula bisa, menurunkan kolesterol juga bisa, buat yang program hamil bisa, buat yang hamil juga bisa,” terangnya kepada reporter blokTuban.com.  

Pada umumnya susu kedelai terbuat dari perasan kacang kedelai yang dicampur dengan garam dan juga gula didalamnya. Untuk menambahkan aroma sedap pada minumannya, biasanya Yuli sapaan akrabnya menambahkan daun pandan ke dalam adonannya, sebab ia tidak menggunakan bahan kimia sama sekali. 

“Pewanginya daun pandan, pokonya nggak pakai bahan kimia sama sekali,” tuturnya. 

Susu buatan Yuli terbuat dari bahan-bahan alami tanpa mengandung bahan pengawet, sehinggacepat basi. Hal itulah yang menjadi kendala utamanya selama membuka usaha yang telah dirintis sejak beberapa bulan belakangan ini. 

“Paling cepat itu satu hari, kalau yang paling lama ya lima hari tapi itu harus disimpan di kulkas, kalau bisa ya di freezer,” jelasnya.

Untuk bisa menghasilkan beberapa botol susu kedelai, ternyata membutuhkan waktu yang cukup lama. Terlebih dahulu kacang kedelai harus direndam dengan air sekitar tujuh jam lamanya, baru dapat masuk ke tahap yang selanjutnya.

Oleh karena itu, biasanya Yuli menyiasatinya dengan merendam kacang kedelainya di malam hari. Selain tidak menggunakan bahan pengawet, keistimewaan lain dari susu kedelai miliknya tersebut ada pada kekentalannya serta rasanya yang enak.

Untuk dapat menikmati susu kedelai buatan perempuan berhijab ini, kalian tidak perlu merogoh saku terlalu dalam karena harganya yang sangat terjangkau yaitu Rp5 ribu saja per botolnya dan bisa dinikmati dalam keadaan hangat maupun dingin. [Sav/Ali]