12:00 . Ukuran Bank Dunia, Ketimpangan Penduduk Tuban Rendah   |   11:00 . Ekonomi Tuban 2021 Naik 3,00 persen, Ini Penyebabnya   |   10:00 . Data Imunisasi Anak akan Tersimpan di Aplikasi PeduliLindungi   |   09:00 . Tak Layak untuk Ibadah dan Mengaji, Musala Al Ikhlas Desa Kaligede Akhirnya Direhab Satgas TMMD   |   19:00 . Halal Bihalal di Tuban, Sekum PP Muhammadiyah : Penyakit PMK Jangan Dianggap Remeh   |   17:00 . Gerindra Tuban Tancap Gas, Siap Antarkan Prabowo Subianto ke RI-1   |   16:00 . Libur Akhir Pekan, Yuk Intip Keseruan Anak-anak Bermain Air di Pantai Pasir Putih   |   14:00 . Pantai Semilir Tuban Punya Wahana Baru Banana Boat, Segini Tarifnya   |   13:00 . Ratusan Karya Seni Rupa Siswa Tuban Dipamerkan di Wisata Pantai Kelapa   |   12:00 . Jokowi Tegaskan Perang Tak Untungkan Siapapun, Mendag Fokus Pemulihan Ekonomi ASEAN   |   11:00 . Siap-siap! Vendor SIG Tuban yang Abaikan K3 Terima Skorsing   |   10:00 . Sepenggal Kisah Sumur Gemuling dan Lingga Yoni di Masjid Al-Falah Tuban   |   09:00 . Raden Santri, Kerabat Sunan Muria di Desa Cangkring   |   08:00 . Mendag Lutfi: Penguatan ASEAN Kunci Pertumbuhan Ekonomi Kawasan   |   16:00 . Jangan Takut Cepat Pudar, Begini Cara Mencuci Pakaian Hitam Agar Tetap Pekat dan Terlihat Baru   |  
Tue, 17 May 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Anak SD di Plumpang Mulai Dikenalkan Tokoh dan Karakter Wayang

bloktuban.com | Wednesday, 11 May 2022 14:00

Anak SD di Plumpang Mulai Dikenalkan Tokoh dan Karakter Wayang Ki Ompong Sudarsono menceritakan karakter tokoh Anoman kepada anak SD. (Foto:Nur/blokTuban.com)

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Anak-anak SD se-Kecamatan Plumpang mulai dikenalkan dengan tokoh dan karakter wayang, Rabu (11/5/2022). Kegiatan tersebut diprakarsai oleh Rumah Baca Anak Tikungan Tajam Plumpang dengan menghadirkan Ki Ompong Sudarsono, Dalang wayang blang bleng asal Temanggung Jawa Tengah. 

Peserta yang belajar langsung sosok tokoh wayang beserta karakternya nampak antusias. Mereka berbaris rapi dan mendengarkan dengan seksama penjelasan dari Ki Ompong yang mengenakan ikat kepala berwarna merah. 

Anak SD yang datang di Rumah Baca Anak itu, mengenakan seragam batik berwarna biru dan ada pula yang memakai seragam olahraga. Meskipun dari SD yang berbeda yaitu SDN Sumberagung 3, SDN Plumpang 5, dan SDN Ngrayung 1, mereka langsung akrab dan belajar dengan serius. Ditambah acaraa yang digelar di bawah pohon bambu, membuat suasana semakin asri. 

“Dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan anak-anak bisa lebih mencintai budaya Indonesia dan juga mengenal nama dan karakter tokoh pewayangan,” ucap Bambang Budiono (30) Ketua Pemuda Bergerak Plumpang kepada blokTuban.com, Rabu (11/05/2022).

Komunitas yang memiliki kepedulian atas edukasi, literasi, dan budaya ini, lanjut Bambang memiliki kegiatan rutin yaitu kelas, seni rupa, pantonin, hingga kelas menari. 

Agenda tersebut biasanya dilakukan setiap hari Jum'at dan Minggu. Bagi pelajar yang ingin ikut kegiatan, syaratnya hanya satu mau membaca buku yang disediakan selama 15 menit. Bambang tidak membatasi pelajar Plumpang, namun terbuka untuk wilayah kecamatan lain yang memiliki keinginan untuk belajar. 

Pantauan blokTuban.com di lokasi, para peserta dijelaskan beberapa tokoh wayang salah satunya Anoman. Untuk memperkuat daya ingat siswa, Ki Dalang kemudian menugaskan anak-anak menuliskan nama tokoh beserta karakternya lalu menceritakannya untuk melatih keberanian berbicara di depan temannya. 

Mengutip literatur dari Wikipedia, Anoman merupakan salah satu dewa dalam kepercayaan agama Hindu, sekaligus tokoh protagonis dalam wiracarita Ramayana yang paling terkenal. 

Ia adalah seekor kera putih dan merupakan putra Batara Bayu dan Anjani, keponakan dari Subali dan Sugriwa. Menurut kitab Serat Pedhalangan, tokoh Hanoman sebenarnya memang asli dari wiracarita Ramayana, tetapi dalam pengembangannya tokoh ini juga kadangkala muncul dalam serial Mahabharata, sehingga menjadi tokoh antarzaman. Di India, hanoman dipuja sebagai dewa pelindung dan beberapa kuil didedikasikan untuk memuja dirinya. [Nur/Ali]

Tag : Tuban, Kabupaten Tuban, wayang, karakter wayang, rumah baca anak, Ki Ompong Sudarsono, Anoman



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more