Anak SD di Plumpang Mulai Dikenalkan Tokoh dan Karakter Wayang

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Anak-anak SD se-Kecamatan Plumpang mulai dikenalkan dengan tokoh dan karakter wayang, Rabu (11/5/2022). Kegiatan tersebut diprakarsai oleh Rumah Baca Anak Tikungan Tajam Plumpang dengan menghadirkan Ki Ompong Sudarsono, Dalang wayang blang bleng asal Temanggung Jawa Tengah. 

Peserta yang belajar langsung sosok tokoh wayang beserta karakternya nampak antusias. Mereka berbaris rapi dan mendengarkan dengan seksama penjelasan dari Ki Ompong yang mengenakan ikat kepala berwarna merah. 

Anak SD yang datang di Rumah Baca Anak itu, mengenakan seragam batik berwarna biru dan ada pula yang memakai seragam olahraga. Meskipun dari SD yang berbeda yaitu SDN Sumberagung 3, SDN Plumpang 5, dan SDN Ngrayung 1, mereka langsung akrab dan belajar dengan serius. Ditambah acaraa yang digelar di bawah pohon bambu, membuat suasana semakin asri. 

“Dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan anak-anak bisa lebih mencintai budaya Indonesia dan juga mengenal nama dan karakter tokoh pewayangan,” ucap Bambang Budiono (30) Ketua Pemuda Bergerak Plumpang kepada blokTuban.com, Rabu (11/05/2022).

Komunitas yang memiliki kepedulian atas edukasi, literasi, dan budaya ini, lanjut Bambang memiliki kegiatan rutin yaitu kelas, seni rupa, pantonin, hingga kelas menari. 

Agenda tersebut biasanya dilakukan setiap hari Jum'at dan Minggu. Bagi pelajar yang ingin ikut kegiatan, syaratnya hanya satu mau membaca buku yang disediakan selama 15 menit. Bambang tidak membatasi pelajar Plumpang, namun terbuka untuk wilayah kecamatan lain yang memiliki keinginan untuk belajar. 

Pantauan blokTuban.com di lokasi, para peserta dijelaskan beberapa tokoh wayang salah satunya Anoman. Untuk memperkuat daya ingat siswa, Ki Dalang kemudian menugaskan anak-anak menuliskan nama tokoh beserta karakternya lalu menceritakannya untuk melatih keberanian berbicara di depan temannya. 

Mengutip literatur dari Wikipedia, Anoman merupakan salah satu dewa dalam kepercayaan agama Hindu, sekaligus tokoh protagonis dalam wiracarita Ramayana yang paling terkenal. 

Ia adalah seekor kera putih dan merupakan putra Batara Bayu dan Anjani, keponakan dari Subali dan Sugriwa. Menurut kitab Serat Pedhalangan, tokoh Hanoman sebenarnya memang asli dari wiracarita Ramayana, tetapi dalam pengembangannya tokoh ini juga kadangkala muncul dalam serial Mahabharata, sehingga menjadi tokoh antarzaman. Di India, hanoman dipuja sebagai dewa pelindung dan beberapa kuil didedikasikan untuk memuja dirinya. [Nur/Ali]