12:00 . ASN Tuban Kebobolan Uang Rp10 Juta di Rekenig Tabungan BRI   |   11:00 . Lowongan Kerja Crew Resto Mie Gacoan yang Akan Buka di Bojonegoro   |   10:00 . Nikah di Tengah Banjir, Pengantin Asal Bojonegoro Viral di Medsos   |   09:00 . Harga Emas Antam Hari ini 28 November 2022 Berada di Level Rp977.000 Per Gram   |   08:00 . Doa Pembuka Rezeki, Diamalkan Rasulullah SAW Setelah Shalat Wajib Subuh   |   07:00 . 321 Korban Meninggal, Tersisa 11 Orang Hilang Pasca Gempa Cianjur   |   06:00 . Komunitas Resik Tuban Santuni Puluhan Anak Yatim Tuwiri Wetan   |   05:00 . Es Lumut Aneka Rasa Disukai Anak Sekolah di Tuban   |   16:00 . Optimalkan Marketing Online, Produk UMKM Tuban Tembus Toko Modern hingga Luar Negeri   |   15:00 . Peringati Hari Pohon se-Dunia, 22 Komunitas dan Ormas Gelar Reboisasi di Tuban-Bojonegoro   |   14:00 . Setujui APBD Tuban 2023, Fraksi PKB DPRD Ajukan 18 Syarat   |   13:00 . Hindari Jalan Longsor, Truk Molen di Tuban Terguling ke Sawah   |   12:00 . Naik Lagi, Telur Ayam di Tuban Kini Jadi Rp27.667/ Kilogram   |   11:00 . Intip Strategi Pemkab Gresik di 2023 Atasi Kemiskinan hingga Stunting   |   10:00 . Uter, Kreasi Berbahan Janur yang Dilestarikan Kelurahan Gedongombo Tuban   |  
Mon, 28 November 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Ingatkan Budaya Leluhur, Pemuda Bergerak Plumpang Gelar Pentas Wayang Jelang Ramadan

bloktuban.com | Tuesday, 29 March 2022 10:00

Ingatkan Budaya Leluhur, Pemuda Bergerak Plumpang Gelar Pentas Wayang Jelang Ramadan Dalang Ki Ompong sukses menghipnotis para penonton dengan cerita-cerita yang dibawakannya. (Foto:Sav/blokTuban.com)

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Menjelang datangnya bulan suci Ramadan, pemuda bergerak Plumpang menggelar pentas wayang untuk mengingatkan masyarakat terhadap ajaran-ajaran baik dari para leluhur terdahulu, Selasa (29/3/2022). 

Dalam kegiatan tersebut, turut menghadirkan dalang kondang Ki Ompong Sudarsono dari Temanggung, Jawa Tengah yang dikenal oleh masyarakat dengan wayang kontemporer blang bleng yang dibawakannya.

“Acara pentas wayang jelang Ramadan, diadakan untuk pengingat ajaran-ajaran baik leluhur sebelum masuk bulan ramadan,” terang Bambang Budiono, Ketua Pemuda Bergerak Plumpang kepada reporter blokTuban.com. 

Dengan pakaian yang nyentrik bewarna serba putih, Ki Ompong sukses menghipnotis para penonton dengan cerita-cerita yang dibawakannya. 

Kegiatan pentas tersebut sempat terhalang hujan dan pindah ke lokasi rumah salah satu warga yang tinggal di Desa Plumpang, Kecamatan Plumpang Kabupaten Tuban tepatnya dilingkungan sembilan area tikungan tajam. 

Pentas wayang tersebut, akhirnya bisa berjalan dengan lancar dan cukup menghibur serta memberikan ilmu terhadap para penonton yang menyaksikannya. 

“Di gelar di rumah Supandi warga tikungan tajam, sempat pindah lokasi dari halaman ke rumah karena hujan,” ungkap pria ramah itu.

Adanya pentas wayang tersebut, membuat masyarakat sekitar yang menyaksikannya menjadi faham dan mengerti terhadap budaya-budaya para leluhur terhadulu, terlebih anak-anak milenial yang masih sangat awam terhadap budaya-budaya warisan.

Oleh karena itu, Bambang berharap masyarakat sekitar yang menyaksikan pertunjukan wayang bisa mengambil pelajaram serta petuah-petuah baik yang disampaikan dalang sebelum memasuki bulan suci Ramadan. 

“Dari pertunjukan ini diharapkan warga yang menyaksikan dapat mengambil pelajaran serta mendapatkan petuah-petuah baik sebelum memasuki bulan Ramadan,” tutupnya. [Sav/Ali] 

 

 

Tag : Pemuda Plumpang, Pentas Wayang, Jelang Ramadan, berita Tuban, info Tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 06 November 2022 11:00

    Blok Cerpen

    Takdir

    Takdir Entah apa saja yang sudah kulewati di tahun 2020, aku hanya ingin menuliskan sebuah pintu harapan....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat