Ingatkan Budaya Leluhur, Pemuda Bergerak Plumpang Gelar Pentas Wayang Jelang Ramadan

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Menjelang datangnya bulan suci Ramadan, pemuda bergerak Plumpang menggelar pentas wayang untuk mengingatkan masyarakat terhadap ajaran-ajaran baik dari para leluhur terdahulu, Selasa (29/3/2022). 

Dalam kegiatan tersebut, turut menghadirkan dalang kondang Ki Ompong Sudarsono dari Temanggung, Jawa Tengah yang dikenal oleh masyarakat dengan wayang kontemporer blang bleng yang dibawakannya.

“Acara pentas wayang jelang Ramadan, diadakan untuk pengingat ajaran-ajaran baik leluhur sebelum masuk bulan ramadan,” terang Bambang Budiono, Ketua Pemuda Bergerak Plumpang kepada reporter blokTuban.com. 

Dengan pakaian yang nyentrik bewarna serba putih, Ki Ompong sukses menghipnotis para penonton dengan cerita-cerita yang dibawakannya. 

Kegiatan pentas tersebut sempat terhalang hujan dan pindah ke lokasi rumah salah satu warga yang tinggal di Desa Plumpang, Kecamatan Plumpang Kabupaten Tuban tepatnya dilingkungan sembilan area tikungan tajam. 

Pentas wayang tersebut, akhirnya bisa berjalan dengan lancar dan cukup menghibur serta memberikan ilmu terhadap para penonton yang menyaksikannya. 

“Di gelar di rumah Supandi warga tikungan tajam, sempat pindah lokasi dari halaman ke rumah karena hujan,” ungkap pria ramah itu.

Adanya pentas wayang tersebut, membuat masyarakat sekitar yang menyaksikannya menjadi faham dan mengerti terhadap budaya-budaya para leluhur terhadulu, terlebih anak-anak milenial yang masih sangat awam terhadap budaya-budaya warisan.

Oleh karena itu, Bambang berharap masyarakat sekitar yang menyaksikan pertunjukan wayang bisa mengambil pelajaram serta petuah-petuah baik yang disampaikan dalang sebelum memasuki bulan suci Ramadan. 

“Dari pertunjukan ini diharapkan warga yang menyaksikan dapat mengambil pelajaran serta mendapatkan petuah-petuah baik sebelum memasuki bulan Ramadan,” tutupnya. [Sav/Ali]