23:00 . Inilah Alasan Dalang Kuat Duduk Berjam-Jam Tanpa Buang Air   |   22:00 . Thak-Thakan dan Ongkek Resmi Jadi Kekayaan Kesenian Budaya Milik Tuban   |   21:00 . Kecanggihan Teknologi, Disdukcapil Tuban: Semua Identitas Kependudukan Cukup Diakses dengan Smartphone   |   20:00 . Mendalang Sejak Kecil, Pria di Tuban Tekuni Juga Tekuni Seni Pembuatan Wayang Kulit   |   19:00 . Angka Stunting Tuban 21,5 Persen, Dinkes Minta Persalinan Ditangani Nakes   |   18:00 . Cegah Tipikor, Kejari Tuban Minta Masyarakat Tak Ragu Lapor   |   17:00 . Jangan Sepelekan Campak, Dampaknya Sebabkan Diare Berat hingga Kematian   |   16:00 . Trailer Film Malaysia Genre Horor - 'PULAU' Siapa Pergi Dia Mati   |   15:00 . Jadwal Tayang Bioskop NSC Tuban 27 Januari 2023: Ada 6 Film Pilihan untuk Kamu   |   14:00 . Hujan Petir Masih Berpotensi Guyur Tuban, Lamongan, dan Bojonegoro Hari Ini   |   13:00 . Unik !! Pohon Pisang di Plumpang Kabupaten Tuban Bercabang dan Berbuah 2 Tandan   |   12:00 . Update Sembako Tuban 27 Januari 2023: Cabai Biasa Turun Rp10.000, Telur Ayam Rp2.000/Kilogram   |   11:00 . Kasus Gizi Buruk Anak di Tuban Turun, Angkanya 21,5 % Level Nasional dan 19,2 % di Jatim   |   10:00 . Harga Emas Antam Hari ini 27 Januari 2023 Turun Rp5.000 Per Gram, Sejumlah Stock Kosong   |   09:00 . Desi Astutik Pendamping Produk Halal yang Getol Dampingi Pelaku UMKM   |  
Sat, 28 January 2023
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Tiga Jenis Tanaman yang Tidak Boleh Ditanam Warga Desa Nguruan

bloktuban.com | Tuesday, 10 May 2022 08:00

Tiga Jenis Tanaman yang Tidak Boleh Ditanam Warga Desa Nguruan Balai Desa Nguruan, Kecamatan Soko, Tuban. (Foto:Nur/blokTuban.com)

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Di Desa Nguruan, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban terdapat sebuah pantangan bagi masyarakat desa dalam hal tanam menanam. Setidaknya ada tiga jenis tanaman yang dilarang untuk ditanam, yaitu tumbuhan talas, pisang usuk, dan juga ketan hitam. 

Larangan tersebut sudah berlaku sejak dahulu dan turun temurun sampai dengan saat ini. Ketika ada warga asli Desa Nguruan menanam salah satu dari tiga tanaman itu, maka akan di datangi oleh harimau putih. Kedatangan hewan buas itu dapat melalui mimpi atau juga didatangi langsung secara dohirnya.

“Karena kodamnya leluhur Desa Nguruan Hariamu Putih berpesan tidak boleh menanam itu. Bila tiga tanaman itu ditanam di wilayah desa, maka hewan itu akan garong alias gatelen atau merasa gatal,” ucap Kadus Nguruan, Rifai(30) kepada bolokTuban.com, Selasa (10/5/2022).

Rifai menceritakan, bahwa di tahun 90-an masih banyak warga yang bercerita jika telah didatangi oleh harimau tersebut. Selain itu, ada beberapa dari rumah warga dulunya juga memiliki sebuah goresan cakaran harimau. 

Larangan tersebut, lanjut pria ramah ini memang tidak ada bukti tertulis secara jelas. Kendati demikian, merupakan sebuah pesan turun temurun dari sesepuh desa dan juga diyakini oleh masyarakat di era sekarang.

Sekedar diketahui, Desa Nguruan, Kecamatan Soko memiliki luas wilayah kurang lebih 4.708 km², dengan jumlah penduduk 4.611 jiwa dengan kepadatan 0,98 jiwa/km².

Secara geografis, desa ini sebelah utara berbatasan dengan Kecamatan Grabagan dan Desa Gununganyar, Desa Gununganyar dan Kecamatan Rengel sisi timur, Desa Sumurcinde di sebelah selatan, dan Desa Klumpit, dan Jegulo di sebelah barat. [Nur/Ali] 

Tag : Tuban, Kabupaten Tuban, Desa Nguruan, tanaman, pantangan, harimau putih, kearifan lokal



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat