Pesan Kapolda Jatim untuk Anggota Polres Tuban : Rajinlah Membaca Buku

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Saat mengunjungi pos pelayanan mudik Polres Tuban di Rest Area, Kapolda Jawa Timur, Irjen. Pol. Dr. Nico Afinta juga menyempatkan untuk melihat koleksi buku di pojok baca bagi pemudik, Senin (9/5/2022). 

Dalam kesempatan itu, Irjen Nico Afinta menyinggung pentingnya literasi bagi anggota kepolisian dalam menjalankan tugasnya sehari-hari. Jendral Polri bintang 2 itu, mengatakan dalam pekerjaan polisi pasti ada sebuah persoalan. 

Untuk menyelesaikan masalah tersebut tentunya dibutuhkan yang namanya sebuah ilmu pengetahuan. Seseorang untuk memperoleh ilmu pengetahuan dapat melalui dua cara, yaitu pendidikan dan pengalaman. 

"Bagi polisi mendapatkan pengetahuan itu salah satu caranya dengan membaca buku seperti yang tersedia di pos yan mudik Rest Area Tuban ini," ujar Irjen Pol Nico kepada blokTuban.com disela kunjungannya. 

Perwira tinggi Polri yang menjabat di Polda Jatim sejak 16 November 2020 itu, menambahkan ketika seseorang sudah rajin membaca buku maka ketika bekerja akan mudah menyelesaikan persoalan yang dihadapai. Berbagai buku bacaan penting untuk menyelesaikan masalah diantaranya terkait sosial, hukum, sosiologi, sejarah, filosofi, dan lain sebagainya. 

"Ketika anggota polisi di Polres Tuban berpengetahuan karena membaca buku, maka akan sabar ketika menghadapi pemudik yang ngotot. Selain itu, akan diketahui psikologi warga tersebut dan dengan mudah menentukan cara menanganinya," imbuh lulusan Akpol angkatan 1992. 

Oleh sebab itu, Kapolda telah memerintahkan jajarannya untuk membuat qoute di medsos supaya lebih mudah dipahami oleh warga Jatim. Selain membaca buku secara mandiri, anggota Polda Jatim juga terus ditingkatkan kapasitasnya dengan mendapatkan pengetahuan dari para ahli, diantaranya ahli manajemen, sosiologi, maupun media sosial. 

"Sekarang trendnya media sosial, sehinga membuat kami terus belajar. Seluruh Kapolres wajib meningkatkan kapasitas anggotanya. Salah satunya menyiapkan taman baca yang sudah disiapkan Satlantas," jelasnya. 

Sebagaimana diketahui, berangkat menggunakan helikopter dan landing di Mapolres Tuban Jalan Dr. Wahidin Sudirohusoso. 

Dalam kunjungannya di Rest Area, Irjen Nico Afinta langsung berbincang dengan para pemudik yang beristirahat maupun yang mengikuti vaksin di pos kesehatan kerjasama Polres dan Pemkab Tuban. 

Setelah itu, melihat situasi arus lalu lintas di Jalan RE Martadinata atau jalur nasional di Tuban. Diakhiri dengan mampir di pojok baca dengan 400 koleksi buku, dan wisata Pantai Kelapa di Kelurahan Panyuran, Kecamatan Palang, Tuban. [Ali]