Ingat 7 Tips Ini Saat Hendak Tinggalkan Rumah Beberapa Hari

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Liburan merupakan kebutuhan dari sebagian masyarakat di Kabupaten Tuban. Akan tetapi, jangan sampai atas kecerobohan kecil sebelum meninggalkan rumah, justru berakibat fatal dan berakhir dengan penyesalan di kemudian hari. 

Seperti yang dialami Saliman, warga Desa Karangagung, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban. Rumahnya hangus terbakar pada Selasa (3/5) sekitar pukul 20.00 Wib setelah ditinggal mudik ke Ujung Pangkah, Kabupaten Gresik selama tiga hari. 

Belajar dari peristiwa di Desa Karangagung, warga Tuban diharapkan Kepala Bidang Damkar, Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Tuban, Sutaji untuk meningkatkan kewaspadaan dan kehati-hatiannya. 

"Ada 7 tips dari kami supaya liburan atau mudik anda aman dan selamat. Bepergian nyaman rumah pun aman," ujar Sutaji kepada blokTuban.com, Rabu (4/5/2022). 

 

Tips dari Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Tuban yaitu: 

 

1. Lapor ke pak ketua Rt/RW ketika kita akan mudik atau bepergian beberapa hari. 

 

2. Pastikan mencabut semua steker listrik dari stop kontak. 

 

3. cabut aliran tabung gas LPG.

 

4. Pastikan mematikan kran dan mengosongkan bak penampungan air. 

 

5. Nyalakan lampu di beberapa ruang rumah. 

 

6. Pastikan seluruh pintu dan jendela rumah terkunci. 

 

7. Jika memiliki hewa piaraan, ada baiknya dititipkan kepada saudara maupun tetangga terdekat. 

 

Itulah tips bepergian atau mudik aman dan nyaman. Sutaji menegaskan, satu keteledoran kecil yang dilakukan pemilik rumah akan berakibat fatal. Contohnya peristiwa yang terjadi di Desa Karangagung, Kecamatan Palang itu. [Ali]