Korlantas Polri Lakukan Pengecekan Pos Pelayanan dan Jalur Mudik di Tuban

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Hari Raya Idul Fitri 1443 H akan menjadi tahun yang berbeda dari pada tahun sebelumnya, karena saat ini masyarakat sudah diperbolehkan melakukan kegiatan mudik. Tentunya hal ini harus disiapkan secara matang oleh berbagai pihak karena kemungkinan lonjakan pemudik sudah mulai nampak. 

Oleh karena itu, untuk mempersiapkan kelancaran dalam arus mudik lebaran, Korlantas Polri didampingi Dirlantas Polda Jatim dan Kapolres Tuban melakukan pengecekan jalur mudik di pos pelayanan Rest Area Tuban, Kamis (28/4/2022).

Kombes Pol Aries Syahbudin, Kasubdit Audit dan Inspeksi Ditkamsel Korlantas Polri, mengatakan untuk kondisi jalan dan arus kendaraan di jalur Tuban cukup baik dan diharapkan dapat membantu kelancaran kegiatan mudik. 

“Masih banyak truk yang melintas dan perlu adanya patroli lagi serta dengan sepinya jalan akan diikuti dengan menaiknya kecepatan berkendara,” ucap Aries kepada blokTuban.com usai peninjauan pos pelayanan Rest Area.

Sementara ini, lanjut Aries untuk peningkatan kendaraan di Kabupaten Tuban sudah mulai ada tapi untuk kondisi jalan masih tergolong normal. Diharapkan situasi ini akan tetap terjaga, karena arus mudik di Cikampek dan Palimanan sudah mulai padat. 

Dilain sisi, pada H-4 Lebaran Idul Fitri 2022, Kementrian Perhubungan (Kemenhub) juga mencatat adanya peningkatan jumlah bus yang singgah di Terminal Kambang Putih Tuban, Kamis (28/4/2022). Kendati demikian, meningkatkan jumlah bus belum diimbangi dengan kenaikan pemudik. 

"Kenaikan bus yang masuk di Terminal Tuban sekitar 15-20 persen. Untuk penumpang atau pemudiknya masih biasa saja," ujar Koordinator Terminal Kambang Putih Tuban, Koesdiono kepada blokTuban setelah operasi simpatik narkoba dengan sasaran sopir dan kernet bersama patugas gabungan BNNK, PM, Polri, dan Dinas Perhubungan Kabupaten Tuban. 

Koesdiono menambahkan, rata-rata pantauannya keterisian bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) 6-70 persen penumpang. Jumlah tersebut tergolong normal dan tidak jauh berbeda dengan hari-hari sebelumnya. 

Sedangkan, pantauan pada H-6 Lebaran tahun 2022 pada Selasa (26/4), tercatat 7.501 kendaraan telah melintasi Kabupaten Tuban. Data tersebut terekam petugas di pos perbatasan Jawa Timur-Jawa Tengah di Kecamatan Bancar. Kendaraan yang melintasi Tuban terdiri dari kendaraan pribadi, umum, barang, dan tidak bermotor. [Nur/Ali].