Membahayakan, Warga Tuban Tanami Jalan Rusak dengan Pohon Pisang

Reporter : Ali Imron

 

blokTuban.com - Jalan poros ruas Senori-Sembung di Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban kondisinya rusak parah. Karena membahayakan, warga setempat kemudian protes dengan cara menanaminya dengan pohon pisang. 

 

Beberapa pohon pisang setinggi kurang lebih 1,5 meteran itu viral di sosial media. Nampak dalam video, ada anak kecil yang bersepeda melewati pohon pisang yang berdiir di tengah jalan poros penghubung desa. 

 

Setelah viral, Pemerintah Kecamatan Senori langsung turun ke lokasi dan merobohkan pohon pisang yang sebelumnya menghalangi kendaraan R4 melintas. 

 

"Jalan tersebut rusak berat kurang lebih empat tahunan. Selama tiga tahunan terakhir sudah kami usulkan Dana Alokasi Khusus (DAK), akan tetapi belum bisa terealisasi karena dampak covid-19," ujar Camat Senori, Minto Ikhtiar kepada reporter blokTuban.com, Sabtu (9/4/2022). 

 

Camat Minto, menambahkan status jalan poros ruas Senori-Sembung tersebut telah masuk APBD 2022 dengan anggaran Rp10 miliar. Oleh karena, ia meminta warga dan pemuda untuk bersabar karena akan dibangun tahun ini. 

 

Mantan pejabat Dinas Sosial Kabupaten Tuban itu, menilai aksi penanaman pohon pisang tersebut di samping bentuk protes juga untuk mengingatkan pengguna jalan yang melintas. 

 

"Tujuan warga protes bagus, mengingatkan pengguna jalan agar tidak terperosok," imbuh camat ramah itu. [Ali]