Ini Filosofi Cafe Raka Roja yang Diresmikan Gubernur Khofifah di Tuban

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, meresmikan cafe dan resto Raka Roja di Kabupaten Tuban tepatnya di Jl. Hayam Wuruk No. 99 Kelurahan Gedongombo. Kecamatan Semanding, Senin (28/3/2022) sekitar pukul 15.00 Wib. 

Cafe tersebut merupakan milik Agung Supriyanto seorang politisi PAN banyak asal Tuban yang kini menjabat di Jawa Timur. Nama Raka Roja sendiri merupakan gabungan dari nama anak-anaknya. 

"Raka artinya tangguh dan Roja berarti sempurna. Mudah-mudahan setelah diresmikan Gubernur Khofifah, cafe ini bisa menjadi tempat mendiskusikan banyak hal, seperti politik, bisnis, hingga ajang mencari pasangan hidup," kata Agung sebagai tuan rumah. 

Dengan mengusung desain klasik, Agung sengaja memilihnya sebagai sesuatu yang baru bagi tumbuhnya UMKM dan terbukanya lapangan kerja di Tuban. Nampak depan desain bangunan lantai 2 itu, nampak megah dan di dalamnya dipenuhi hiasan dan motif kayu sebagai bentuk kesederhanaan. 

Agung juga menyampaikan, alasan banyak tokoh penting di Jatim, Bojonegoro dan Tuban yang dihadirkan, tak lain untuk meneguhkan bahwa Jawa Timur cetar di bawah pimpinan Khofifah. 

berbagai survei menunjukkan sosok Khofifah mampu memimpin Jawa Timur lebih baik. Oleh sebab itu, pimpinan Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama, Aisiyah, Fatayat, aktifitas mahasiswa, aktifis sosial, tokoh pemuda, dan tokoh agama hadir untuk menyambut kedatangan Gubernur di Tuban. 

Pada kesempatan itu pula, hadir Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, Kapolres, AKBP Darman, Dandim 0811 Tuban, Kasatpol PP dan Damkar, Kesbangpol, dan tokoh ulama di Tuban. 

Setelah memotong pita sebagai simbol peresmian, Gubernur Khofifah bercerita kesalehan sosial kisah perjalanan Gus Dur hingga tokoh Islam lainnya. Suatu saat Khofifah yang dulu aktif di Muslimat melihat langsung Gus Dur berdoa sangat lama. Ketika ditanya oleh Khofifah, Gus Dur menjawab berdoa agar diberi kesehatan dan rejeki yang berlimpah. 

"Dari situ dapat dipahami bahwa untuk merawat umat harus diimbangi dengan dakwah bil mal. Seperti hadirnya Cafe Raka Roja ini juga sama, ada lapangan kerja baru yang terbuka," sambung Khofifah. 

Cafe dan resto selalu menyuguhkan kopi terbaik sebagai menu andalannya. Otomatis, lanjut Khofifah akan ada produsen kopi yang mendapatkan marketnya. Sekaligus menumbuhkan jejaring baru bagi UMKM di Tuban. 

Sedangkan, Bupati Lindra bernostalgia bahwa di tahun 2019 bersama Agung Supriyanto sama-sama menjadi anggota DPRD Provinsi Jatim. Munculnya cafe Raka Roja, menurut Bupati adalah kolaborasi apik antara swasta dan peemrintah. 

"Munculnya cafe ini sebagai membawa manfaat bagi sekitar dan menjadi tempat berdiskusi banyak pihak. Mas Agung sendiri merupakan tokoh politik hebat karena bisa membuat suasana politik menjadi panas dan juga dingin. Semoga cafe ini lancar dan bisa menyerap tenaga kerja," tandas Bupati Lindra. [Ali]