Mendag: Stok Migor dan Bapok di Ritel Modern Aman

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Minyak goreng dan barang  kebutuhan  pokok  (bapok) di sejumlah ritel modern terpenuhi. Hal itu ditemukan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi saat meninjau kawasan Tip Top  Rawamangun,  Jakarta  Timur dan  Diamond  Artha Gading, Jakarta Utara, Jumat (18/3) kemarin. 

Mendag  Lutfi dalam peninjauannya didampingi Direktur  Jenderal  Perdagangan  Dalam  Negeri  Oke  Nurwan  dan  Direktur  Jenderal  PerdaganganLuar Negeri Indrasari Wisnu Wardhana.

"Tadi  sudah  kita  lihat  bersama,  minyak  goreng  kemasan  sudah  mulai  normal  bahkan  melimpah," kata Mendag Lutfi dalam keterangan tertulisnya. 

Berdasarkan informasi dari penjual, banyaknya permintaan toko (service level) terhadap kebutuhan minyak goreng sudah bisa dipenuhi 100 persen. Nantinya, jika merek minyak gorengnya makin banyak, harganya akan menurun sesuai dengan kompetisi dan leveling dari market mereka.  

"Kita akan kerjakan bersama-sama. Mudah-mudahan kita dapat menghasilkan harga yang lebih baik pada waktu yang tidak akan lama. Diperkirakan dalam seminggu ke depan merek-merek sudah mulai keluar dan harganya sudah bisa lebih baik," ungkap Mendag.

Dalam kunjungannya ke Tip Top, Mendag juga mengecek harga gula dan harga  daging. Harga daging  terpantau masih stabil di kisaran Rp80.000-Rp120.000/kg, sedangkan harga gula dijual Rp13.500/kg. 

Mendag juga menyampaikan apresiasi kepada Ketua Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Roy Mande yang telah memastikan bahwa ritel modern ikut membantu penjualan dan distribusi barang pokok dan barang penting untuk kebutuhan menjelang bulan Ramadan dan Lebaran. 

Selanjutnya, Kementerian Perdagangan akan bersinergi dengan Kementerian Perindustrian untuk memastikan ketersediaan minyak curah di pasar tradisional dengan harga Rp14.000/liter sesuai ketentuan pemerintah. [Ali]