Mudah, Begini Cara Mengolah Pare Agar Tidak Terasa Pahit

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Pare merupakan sayuran berbentuk lonjong yang dikenal dengan rasa pahit. Oleh karena itu, tidak banyak masyarakat yang mengolah pare untuk dijadikan suatu masakan yang disantap bersama keluarga. 

Selain rasanya yang pahit, rupanya mengolah pare juga cenderung memiliki tingkat kerumitan yang tinggi. Sebab, jika tidak pintar dalam mengolahnya, pare akan terasa sangat pahit jika dimakan dan bersentuhan dengan lidah. 

Biasanya, salah satu andalan dalam memasak sayuran berwarna hijau ini yaitu dengan cara di tumis. Agar tidak menimbulkan rasa pahit, Kayami pelaku usaha cemilan kripik pare memberi tips agar pare tidak lagi memiliki rasa pahit. 

Menurutnya, sebelum mulai memasak, terlebih dahulu pare direndam dengan air garam selama beberapa jam. Garam dapat mengeluarkan rasa pahit yang ada pada pare sehingga terbebas dari rasa tersebut jika direndam terlebih dahulu. 

“Untuk menghilangkan rasa pahit pada pare, kita rendam dengan air garam selama satu sampai dua jam-an,” terangnya kepada reporter blokTuban.com, Selasa (1/3/2022). 

Merendamnya yaitu dengan cara memberi sejumput garam yang kemudian dicampurkan kedalam pare yang sudah diiris sebelumnya. Tujuan dari membiarkan pare direndam beberapa jam tesebut agar garam dapat merasuk ke dalam serat-serat pare. 

Tahap selanjutya, wanita yang akrab disapa Ami jika pare kemudian di cuci hingga bersih sambil diremas-remas untuk menghilangkan sari dari pare yang mengandung rasa pahit. 

“Setelah itu cuci bersih sambil diremas-remas, lalu kita rebus parenya selama lima menit,” bebernya. 

Lebih lanjut, wanita berusia 40 tahun ini mengatakan jika pare itu memiliki rasa pahit yang sempurna, sehingga untuk mengurangi hal tersebut dianjurkan untuk menghilangkan bagian tengah dari pare. Dengan cara mengerok bagian dalam pare yang bewarna putih hingga bersih.

“Rasa pahit pare tidak bisa dihilangkan seratus persen, pasti masih ada rasa pahitnya dan rasa pahitnya itu sempurna jadi semua berasa pahit jadi kita buang saja isinya,” terangnya. 

Setelah semua tahapan selesai, barulah pare siap untuk di tumis hingga matang dan disantap bersama dengan keluarga tercinta. [Sav/Ali]