Harus Rutin, Inilah Manfaat Donor Darah untuk Kesehatan

Reporter: Dina Zahrotul Aisyi

blokTuban.com- Darah merupakan salah satu komponen yang terpenting bagi tubuh manusia. Melakukan donor darah, selain bisa membantu sesama yang membutuhkan ternyata juga memiliki manfaat kesehatan bagi pendonor.

Beberapa manfaat donor darah dilansir dari laman alodokter antara lain, bisa mendeteksi masalah serius yang terjadi dalam tubuh pendonor, meningkatkan produksi sel darah, menjaga kesehatan jantung, mengurangi kolesterol jahat, bahkan dapat pula menjaga kesehatan mental.

Sarju Efendi, selaku humas dan rekruitmen donor darah Palang Merah Indonesia (PMI) Tuban juga bercerita bahwa pendonor seringkali mengatakan tubuhnya menjadi lebih ringan dan lebih fresh setelah melakukan donor darah. 

“Ibaratnya ada yang bilang kalau donor darah seperti ganti oli,” ujarnya kepada reporter blokTuban.com, Sabtu (5/2/2022).

Ketika melakukan donor darah, akan terjadi pengurangan sel darah merah pada tubuh pendonor. Secara otomatis sum-sum tulang belakang akan segera menghasilkan sel-sel darah beserta hemoglobin yang lebih baru dan sehat untuk menggantinya. 

Hasilnya setelah menerima darah baru tersebut, tubuh akan terasa lebih bugar. Selain itu, Sarju juga mengungkapkan bahwa dengan melakukan donor darah, pendonor bisa sekaligus mendapatkan medical checkup gratis. 

“Jika pendonor bisa kembali setelah dua bulan berarti darah yang kemarin didonorkan sehat, jika tidak berarti ada yang bermasalah, dan dari PMI juga memfasilitasi untuk konsultasi dengan dokter,” jelasnya.

Ia melanjutkan, meskipun sebelum proses donor darah selalu dilakukan anamnesis oleh petugas. Untuk memeriksa darah tersebut sehat atau tidak tetap memerlukan test laboratorium, sehingga tidak semua darah dari pendonor bisa diterima. 

“Jadi memang ada darah yang direject berarti ada masalah kesehatan tertentu. Kita informasikan juga ke pendonor agar segera berkonsultasi ke dokter,” lanjutnya.

Humas dan rekruitmen donor darah PMI Tuban tersebut juga mengatakan bahwa dengan donor darah sedikit banyak bisa mengurangi kadar kolesterol dan asam urat. Hal tersebut sesuai dengan beberapa penelitian yang membuktikan jika donor darah bisa membantu menurunkan LDL dalam darah (kolesterol jahat), sehingga risiko penumpukan plak-plak pada pembuluh darah bisa berkurang dan aliran darah menjadi lancar.

“Yang jauh lebih utama manfaatnya yakni bisa memberikan darah kepada orang lain yang membutuhkan/ Biasanya ada kepuasaan tersendiri ketika bisa membantu orang, kalau membantu uang kan sudah biasa, membantu darah baru luar biasa,” tutupnya. [Din/Ali]