15:00 . Sidang Ketiga Dugaan Pelanggaran Administrasi PPS Tuban, Pelapor Bawa Seorang Saksi   |   14:00 . Gunung Api Karangetang Sulawesi Utara Berstatus Siaga   |   13:00 . Presiden Jokowi Ingatkan Tantangan Pers Hadapi Banjir Media Sosial   |   12:00 . Tempati Lahan KAI, 97 Bangunan di Surabaya Dibongkar   |   10:00 . Kumpulan Resep Membuat Telur Pindang, Sekali Buat Bisa Untuk Beberapa Hari   |   09:00 . Emas Antam Kembali Naik Rp.5000 Hari ini 9 Februari 2023, Full Stock!   |   08:00 . Tata Cara dan Kapan Bersiwak Seperti yang Dilakukan Rasulullah SAW   |   07:00 . Lirik Lagu Stasiun Balapan - Cover Denny Caknan, Kuto Solo Sing Dadi Kenangan   |   21:00 . Kepepet Kebutuhan Sehari-hari, Purnawirawan Polisi di Tuban Nekat Mencuri Motor   |   20:00 . Bawaslu Tuban Bacakan Hasil Sidang Kedua Dugaan Pelanggaran Rekrutmen Anggota PPS Montong   |   19:00 . Keren, Anak Muda di Tuban Buat Suplemen Penambah Nafsu Makan Hewan   |   18:00 . Eks Karyawan Hotel Purnama Tak Terima Pesangon, Disnakerin Tuban Sarankan ke Jalur Hukum   |   17:00 . Mahasiswa KKN Unang Tuban Dampingi UMKM Panyuran Terbitkan NIB   |   16:00 . Pasokan Berkurang, Harga Cabai Rawit di Tuban Tembus Rp70 Ribu Per Kilogram   |   15:00 . Dihuni 250 Penduduk, Ini Kondisi Dusun Terluar di Tuban   |  
Thu, 09 February 2023
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Harus Rutin, Inilah Manfaat Donor Darah untuk Kesehatan

bloktuban.com | Saturday, 05 February 2022 15:00

Harus Rutin, Inilah Manfaat Donor Darah untuk Kesehatan Donor darah rutin membuat tubuh pendonornya lebih bugar dan sehat. (Foto: Dina/blokTuban.com)

Reporter: Dina Zahrotul Aisyi

blokTuban.com- Darah merupakan salah satu komponen yang terpenting bagi tubuh manusia. Melakukan donor darah, selain bisa membantu sesama yang membutuhkan ternyata juga memiliki manfaat kesehatan bagi pendonor.

Beberapa manfaat donor darah dilansir dari laman alodokter antara lain, bisa mendeteksi masalah serius yang terjadi dalam tubuh pendonor, meningkatkan produksi sel darah, menjaga kesehatan jantung, mengurangi kolesterol jahat, bahkan dapat pula menjaga kesehatan mental.

Sarju Efendi, selaku humas dan rekruitmen donor darah Palang Merah Indonesia (PMI) Tuban juga bercerita bahwa pendonor seringkali mengatakan tubuhnya menjadi lebih ringan dan lebih fresh setelah melakukan donor darah. 

“Ibaratnya ada yang bilang kalau donor darah seperti ganti oli,” ujarnya kepada reporter blokTuban.com, Sabtu (5/2/2022).

Ketika melakukan donor darah, akan terjadi pengurangan sel darah merah pada tubuh pendonor. Secara otomatis sum-sum tulang belakang akan segera menghasilkan sel-sel darah beserta hemoglobin yang lebih baru dan sehat untuk menggantinya. 

Hasilnya setelah menerima darah baru tersebut, tubuh akan terasa lebih bugar. Selain itu, Sarju juga mengungkapkan bahwa dengan melakukan donor darah, pendonor bisa sekaligus mendapatkan medical checkup gratis. 

“Jika pendonor bisa kembali setelah dua bulan berarti darah yang kemarin didonorkan sehat, jika tidak berarti ada yang bermasalah, dan dari PMI juga memfasilitasi untuk konsultasi dengan dokter,” jelasnya.

Ia melanjutkan, meskipun sebelum proses donor darah selalu dilakukan anamnesis oleh petugas. Untuk memeriksa darah tersebut sehat atau tidak tetap memerlukan test laboratorium, sehingga tidak semua darah dari pendonor bisa diterima. 

“Jadi memang ada darah yang direject berarti ada masalah kesehatan tertentu. Kita informasikan juga ke pendonor agar segera berkonsultasi ke dokter,” lanjutnya.

Humas dan rekruitmen donor darah PMI Tuban tersebut juga mengatakan bahwa dengan donor darah sedikit banyak bisa mengurangi kadar kolesterol dan asam urat. Hal tersebut sesuai dengan beberapa penelitian yang membuktikan jika donor darah bisa membantu menurunkan LDL dalam darah (kolesterol jahat), sehingga risiko penumpukan plak-plak pada pembuluh darah bisa berkurang dan aliran darah menjadi lancar.

“Yang jauh lebih utama manfaatnya yakni bisa memberikan darah kepada orang lain yang membutuhkan/ Biasanya ada kepuasaan tersendiri ketika bisa membantu orang, kalau membantu uang kan sudah biasa, membantu darah baru luar biasa,” tutupnya. [Din/Ali]

 

 

Tag : Donor darah, rutin, bugar, sehat



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 07 February 2023 10:00

    Membangun Kesejahteraan dan Ekonomi Masyarakat

    Membangun Kesejahteraan dan Ekonomi Masyarakat Manusia merupakan makhluk sebagai pelaku utama di dalam yang namanya lingkungan, dimana manusia tidak lepas dari kebutuhan untuk hidup dan tergantung dari kondisi lingkungan tempat dimana ia berada....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat