Tahun Macan Air Pada Imlek 2022, Simak Maknanya!

Reporter: Dina Zahrotul Aisyi

blokTuban.com- Perayaan tahun baru China atau hari raya Imlek di Tahun 2022 ini jatuh pada Selasa (1/2/2022). Penetepan hari raya Imlek didasarkan oleh perhitungan kalender lunisolar, yakni kalender yang memadukan peredaran bulan mengelilingi bumi dan peredaran bumi mengelilingi matahari, sehingga  jatuh pada tanggal yang berbeda di setiap tahunnya. Di tahun sebelumnya, Imlek jatuh pada tanggal 12 Februari. 

Menurut salah satu tokoh Klenteng Kwan Sing Bio Tuban, tahun 2022 merupakan tahun macan air. Handjono Tanzah mengungkapkan bahwa dalam astrologi Tionghoa terdapat 12 macam shio yang diwakili 12 simbol hewan dan urutan shio tersebut berulang setiap 12 tahun sekali.

Urutan shio tersebut dimulai dari shio tikus, kerbau, macan, kelinci, naga, ular, kuda, kambing, kera, ayam, anjing, dan babi.

“Nah kalau di China itu punya lima unsur elemen yakni, logam, kayu, air, api, dan tanah. Ini juga berbeda setiap tahunnya, kalau sekarang elemennya air. Jadi tahun ini Macan air,” terangnya.

Macan merupakan simbol dari kekuatan, keberanian, dan kemampuan untuk melakukan segala hal dalam skala yang besar. Dilansir dari laman Tempo.co, tahun macan air diartikan sebagai tahun di mana seseorang harus mengambil tindakan yang berani.

Selain itu, juga diartikan sebagai tahun untuk masa perubahan, terlebih elemen yang jatuh pada tahun ini adalah air yang memiliki arti sebagai kepekaan, kreativitas, dan keterbukaan terhadap perubahan.

Sementara itu berdasarkan The Chinese Zodiac yang dikutip dari tirto.id, tahun macan yang berada di bawah naungan elemen air membawa kelimpahan dan kemakmuran apabila orang-orang membuat segala bentuk perubuahan dalam dirinya. Sebab, unsur air memberikan tambahan pada kekuatan macan yang menjadikannya sebagai esensi semangat. [Din/Ali]