Susur Sungai, BPBD Tuban Temukan Titik Bantaran Sungai Bengawan Solo Longsor

Reporter: Khoirul Huda

blok Tuban.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban melaksanakan kegiatan susur sungai Bengawan Solo, Selasa (18/1/2022).

Kegiatan susur sungai itu dilakukan dari personel BPBD mulai dari wilayah Kecamatan Soko-Rengel. Kemudian, dihari selanjutnya, kegiatan susur sungai Bengawan Solo dilanjutkan sampai wilayah Kecamatan Widang.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tuban, Sudarmaji menjelaskan, kegiatan susur sungai Bengawan Solo dalam rangka melihat dan memantau langsung kondisi tanggul sepanjang Bengawan Solo yang masuk wilayah Tuban.

"Susur sungai ini dalam rangka melihat bagaimana kondisi tanggul Bengawan Solo di wilayah Tuban, sehingga kita bisa tau titik-titik tanggul mana yang harus kita koordinasikan dengan pihak Bengawan Solo," terang Sudarmaji, Rabu (19/1/2022).

Dia menjelaskan, dari hasil penyusuran itu diketahui ada titik bantaran sungai yang mengalami longsor di wilayah Desa Glagahsari, Kecamatan Soko dan sudah dekat sekali dengan jalan poros desa.

"Kami tadi melihat ada beberapa titik yang harus kita waspadai. Jadi tadi ada bantaran yang longsor yang mana dekat sekali dengan jalan poros desa dan ada beberapa rumah warga yang kondisinya sudah sangat dekat," imbuhnya.

Dia berharap, kegiatan susur sungai Bengawan solo ini bisa mendeteksi dini bagaimana kondisi tanggul, sehingga saat puncak musim penghujan nanti bisa mengantisipasi dengan melakukan penanganan bersama.[hud/sas]