20:00 . Peresmian Balai Seni Budaya Nusantara Tuban Dihadiri Nomo Koeswoyo   |   19:00 . Sigini Biaya Pasang Sambungan Baru Air PDAM Tuban Golongan I, II, dan III   |   18:00 . Women King dan Pamali Tayang di Bioskop NSC Tuban Hari Ini   |   17:00 . Tuban Tekno – Inkubasi Inovasi Tahun 2022 Resmi Ditutup   |   16:00 . Lirik Lagu HELLO - TREASURE Beserta Terjemah Bahasa Indonesia   |   15:00 . Beras di Tuban Turun, Telur Ayam Naik   |   14:00 . Sopir Mengantuk, Truk Pengangkut Ayam Terguling di Tuban Rugi Belasan Juta   |   13:00 . Habis Shubuh Rumah Warga Tuban Terbakar, Surat Berharga dan Uang Tunai Lenyap   |   12:00 . Lowongan Kerja Nakes di RS Muhammadiyah Babat untuk Bulan Oktober 2022   |   11:00 . Turun Rp5.000, Harga Emas Antam Dibanrol Rp957.000 Per Gram   |   10:00 . Doa Memohon Agar Memiliki Anak Berakhlah Terpuji   |   09:00 . Hasil Audit BKN Temukan Kesalahan Mutasi 530 Pejabat di Tuban, Ini Respon Jubir Pemkab   |   08:00 . Hebat! Koarmada II Pecahkan Rekor Muri Water Trappen di HUT ke-77 TNI   |   07:00 . Anak Usaha Pertamina Punya 17 Rumah Sakit di Jawa Timur, Terbanyak di Gresik   |   06:00 . Delapan Kecamatan di Tuban Berpotensi Hujan Petir Hari Ini   |  
Thu, 06 October 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Awal 2022 Urus KTP, KK dan Akta Cukup di Kantor Kecamatan

bloktuban.com | Monday, 27 December 2021 16:30

Awal 2022 Urus KTP, KK dan Akta Cukup di Kantor Kecamatan

 

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Masyarakat di Kabupaten Tuban mulai awal tahun 2022 akan dimudahkan dalam mengurus administrasi. Misalnya mau mencetak KTP, Kartu Keluarga (KK), hingga akta kelahiran dan kematian cukup di kantor kecamatan masing-masing.

Kabar baik tersebut diungkapkan Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky saat melaunching 311 desa digital di Desa Sugihan, Kecamatan Jatirogo beberapa waktu lalu. Semakin mudah dan efesien masyarakat mendapat layanan adalah bentuk komitmen Pemkab era Bupati Halindra.

“Alat ditempatkan di kecamatan, ini kan yang dikeluhkan masyarakat. Dengan terobosan ini maka pelayanan bisa lebih cepat dan tidak berbelit-belit,” jelas Mas Bupati sapaan akrabnya di hadapan seluruh Camat.

Dalam pelaksanaannya, Pemkab telah membekali tenaga operator dengan pelatihan. Mesin cetak KTP yang terintegrasi dengan internet desa semakin mudah mengakses data pemohon. Selama ini masyarakat memimpinan layanan praktis, cepat, dan efesien.

“Pelayanan administrasi sudah tidak fokus di kabupaten, melainkan bisa dilakukan di kecamatan masing-masing,” tegasnya.

Setelah setiap kecamatan memiliki alat tersebut, Camat diminta untuk merawatnya. Bupati Halindra berpesan untuk memaksimalkan layanan tersebut dan alatnya jangan sampai tidak berfungsi.

Diketahui, layanan Anjungan Pelayanan Mandiri Desa (APMD) sedang dikembangkan di pemerintah desa, oleh Dinas Dukcapil dan Dinas Kominfo Tuban. Belanja mesinnya ke depan diminta Bupati Halindra dialokasikan melalui Dana Desa (DD).

Informasi dari Dinas Dukcapil bahwa kick off layanan tersebut pada awal 2022 supaya langsung dimanfaatkan oleh publik. Masyarakat tidak perlu datang ke kantor Dukcapil cukup di kecamatan, namun proses verifikasi data tetap melalui desa.

Dukcapil juga sudah menyediakan layanan di Mall Pelayanan Publik (MPP). Dimana masyarakat bisa datang langsung dan memanfaatkan layanan tersebut. Sekaligus sejumlah pelayanan publik lainnya tersedia di MPP. Dukcapil juga terus berinovasi diantaranya layanan melalui WhatsApp, layanan terpadu melalui daring, layanan jasa kantor pos, jemput bola di 20 kecamatan sebagai upaya mendekatkan diri kepada masyarakat dalam memberikan pelayanan terbaik. [ali/col]

 

 

Tag : Alat, anjungan, layanan, desa



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 02 October 2022 10:00

    Blok Cerpen

    Sang Penjaga Bumi

    Sang Penjaga Bumi Guruh, ia adalah seorang anak yang ditinggal oleh kedua orang tuanya. Sejak kedua orang tuanya berpisah ia tinggal bersama mbok Yam. Guruh dan mbok Yam hidup sebatangkara. Setiap harinya selalu berkelana, jalan-jalan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat