Atlet Pencak Silat Kabupaten Tuban Sabet Emas di Kejurda Jatim

Reporter: Dina Zahrotul Aisyi

blokTuban.com- Atlet pencak silat Kabupaten Tuban berhasil menyabet medali emas di Kejuaraan Daerah (Kejurda) Jawa Timur yang dilaksanakan pada 9-13 Desember 2021 di Gelanggang Olahraga (GOR) MAN 4 Jombang.

Kejurda cabor pencak silat tersebut diikuti sebanyak 36 kabupeten/kota yang ada di Jawa Timur. Kabupaten Tuban mengirimkan 11 atlet pencak silat, yang terdiri dari lima atlet perempuan dan enam atlet laki-laki. Dari 11 atlet yang bertanding, Tuban berhasil membawa pulang medali emas yang diraih oleh Muhammad Sholeh Sholakhudin dari perguruan pencak silat PSHT Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban.

Dalam Kejurda Jatim tersebut kelas yang ditandingkan ada banyak, dari kelas A sampai J putra dan putri kategori tunggal, ganda, dan beregu. Kelas lomba yang diikuti Sholeh adalah Kelas C dewasa putra yang diikuti sebanyak 33 peserta. Kelas tesebut merupakan kelas yang sulit karena diikuti oleh pesilat-pesilat handal Jawa Timur.

“Kelas C bisa dikatakan sebagai kelas neraka karena banyak pesilat handal terjun di kelas C, lawan saya di semifinal itu Fauzi dari Blitar, pesilat andalan Jawa Timur dan di final bertemu Amirul Karim, yang menjuarai Poprov di tahun 2019,” ungkapnya kepada reporter blokTuban.com pada Selasa (14/12/2021).

Laki-laki yang saat ini sedang menempuh semester tujuh pendidikan tinggi di Universitas Negeri Malang tersebut sebelumnya sudah sering menjuari berbagai macam pertandingan, seperti Juara 1 Kejurnas Airlangga Kelas C dewasa putra, Juara 1 POMDA Jatim, Juara 2 POMNAS, dan Juara 1 Kejurnas Perti yang diselenggarakan di Solo, Jawa Tengah.

Anggota duta pemuda Kabupaten Tuban tahun 2020 tersebut turut serta menyampaikan harapannya kepada Pemerintah Kabupaten Tuban agar lebih memfasilitasi atlet-atlet yang berprestasi. 

“Intinya lebih bisa memperhatikan atlet-atlet yang berprestasi karena itu yang bisa mengharumkan nama Kabupaten Tuban,” pungkasnya. [din/ono]