20:00 . 1 Desember 2022 Hari AIDS Sedunia, ODHA Kerap Hadapi Stigma Buruk Masyarakat   |   19:00 . Segini Jumlah Sopir Angkutan dan Ojol Tuban yang Terdaftar BLT BBM   |   18:00 . Harga Telur di Tuban Tembus Rp30 ribu Per Kilogram, Pemicunya BPNT dan PKH Cair   |   17:00 . Melalui Sekoah Binaan, PT UTSG Kembangkan Program Penghijauan (PRANARAKSA) di SMK Negeri Tambakboyo Tuban   |   16:00 . Pusat Belajar Guru Tuban Pamerkan 40 Karya Guru Berbagai Jenjang   |   15:00 . Lantik Pengurus Cabang SH Terate Tuban, Ketum PSHT Serukan Jauhi Narkoba   |   14:00 . PT UtSG Serahkan dan Tanam 23 Jenis Pohon Buah Langka di SMK Negeri Tambakboyo Tuban   |   13:00 . Lowongan Kerja 6 Formasi di Klinik Kecantikan Cabang Tuban- Bojonegoro   |   12:00 . Santri Kaya Tidak Berdosa   |   11:00 . Jadwal Tanding Piala Dunia 2022 Qatar Malam Ini 1-2 Desember 2022, Ada Jerman dan Spanyol   |   10:00 . Daftar Desa di Tuban Kebanjiran Dampak Luapan Kali Kening, Warga Mulai Dievakuasi   |   09:00 . Segera Dibangun, Ini Bocoran Lelang Tol Demak-Tuban   |   08:00 . Dok!..Dana Bantuan Parpol Tuban Jadi Rp5 Ribu per Suara di 2023   |   07:00 . Ciptakan Sipinter, Mahasiswa PEM Akamigas Raih Emas di IWA 2022   |   06:00 . Kali Kening Meluap, Ratusan Rumah Warga di Tuban Terendam Banjir   |  
Thu, 01 December 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Cara Ternak Ayam Bagi Pemula, Begini Cara Praktisnya

bloktuban.com | Friday, 26 November 2021 11:00

Cara Ternak Ayam Bagi Pemula, Begini Cara Praktisnya TERNAK AYAM : Beternak Ayam Pedaging Cukup Mudah (foto:fina)

Penulis : Fina Lailatul Fadhilah

blokTuban.com – Peran sektor peternakan dinilai sangat strategis guna menyediakan sumber protein hewani bagi masyarakat Indonesia. Peningkatan konsumsi protein hewani mengharuskan tersedianya produk pangan yang mencukupi secara kualitas dan kuantitas.

Muhammad Lana Syakirunniam (21) mahasiswa Universitas Mapena Tuban semester 3 Prodi BTK Ternak yang melaksanakan praktik di sebuah peternakan di Desa Lajo Lor, Kecamatan Singgahan Tuban bercerita banyak hal soal pengalamannya di dunia ternak.

Praktik tersebut bertujuan mengimplementasikan ilmu yang dipelajari selama perkuliahan dan mencari pengalaman. Sekaligus mengetahui bagaimana tata cara berternak mulai dari perawatan, vaksinasi, pembersihan, sampai panen.

Untuk awal mula berternak harus melihat managemen kandang terlebih dahulu. Di dalamnya harus ada biosecuriti, sanitasi dan disinfeksi. Cara membuat managemen perkandangan cukup sederhana pertama buat lantai kandang dengan sekam padi, dinding bawah gunakan batako yang di atasnya dilengkapi dengan jaring atau bambu, dan terakhir gunakan atap esbes.

“Tiga langkah tersebut yang harus dilakukan bagi peternak pemula,” ujarnya, Kamis (25/11/2021).

Dalam peternakan yang ditanganinya terdapat 100 ekor ayam. Sebelum kandang ditempati ayam, kandang disterilkan terlebih dahulu menggunakan desinfektan dan biodes rodolan. Begitupula tempat makan dan minum juga dibersihkan menggunakan obat yang sama. Selesai disterilkan ayam dimasukan kendang lalu dikasih minum gula getok atau gula merah.

Lana, sapaan akrabnya mengaku setelah ayam berumur dua hari harus segera divaksin ND dengan cara meneteskan ke mata ayam. Umur satu minggu kemudian dilakukan vaksin kembali dengan cara yang sama.

Ketika ayam berumur 12 hari vaksin ND dilakukan dengan cara menyuntikan ke daerah paha atau dada. Vaksin dilakukan secara berkala dengan metode tetes dan suntik. Saat umur 1 – 21 hari, ayam juga harus diberi makan makanan yang lembut.

“Jangan lupa kapan vaksin diteteskan dan disuntikkan, karena berpengaruh pada kesehatan dan pertumbuhannya,” jelas Lana.

Lebih dari itu, sistem perkandangan DOC harus benar-benar rapat dengan menggunakan dinding berupa seng / alumunium sampai ayam berumur 23 hari agar ayam tidak merasa kedinginan dengan dibantu lampu berwarna kuning. Lampu tersebut berfungsi sebagai penghangat ayam, karena lampu cenderung panas.

Tahap selanjutnya, makanan untuk hewan ternak dilakukan dua kali dalam sehari yaitu pagi dan sore hari. Untuk minuman ayam cukup air putih. Kandang juga harus dibersihkan setelah ayam panen.

"Panen dapat dilakukan setelah ayam berumur 35 hari," pungkasnya.[fin/ono]

 

Tag : ternak ayam



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 06 November 2022 11:00

    Blok Cerpen

    Takdir

    Takdir Entah apa saja yang sudah kulewati di tahun 2020, aku hanya ingin menuliskan sebuah pintu harapan....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat