12:00 . Ukuran Bank Dunia, Ketimpangan Penduduk Tuban Rendah   |   11:00 . Ekonomi Tuban 2021 Naik 3,00 persen, Ini Penyebabnya   |   10:00 . Data Imunisasi Anak akan Tersimpan di Aplikasi PeduliLindungi   |   09:00 . Tak Layak untuk Ibadah dan Mengaji, Musala Al Ikhlas Desa Kaligede Akhirnya Direhab Satgas TMMD   |   19:00 . Halal Bihalal di Tuban, Sekum PP Muhammadiyah : Penyakit PMK Jangan Dianggap Remeh   |   17:00 . Gerindra Tuban Tancap Gas, Siap Antarkan Prabowo Subianto ke RI-1   |   16:00 . Libur Akhir Pekan, Yuk Intip Keseruan Anak-anak Bermain Air di Pantai Pasir Putih   |   14:00 . Pantai Semilir Tuban Punya Wahana Baru Banana Boat, Segini Tarifnya   |   13:00 . Ratusan Karya Seni Rupa Siswa Tuban Dipamerkan di Wisata Pantai Kelapa   |   12:00 . Jokowi Tegaskan Perang Tak Untungkan Siapapun, Mendag Fokus Pemulihan Ekonomi ASEAN   |   11:00 . Siap-siap! Vendor SIG Tuban yang Abaikan K3 Terima Skorsing   |   10:00 . Sepenggal Kisah Sumur Gemuling dan Lingga Yoni di Masjid Al-Falah Tuban   |   09:00 . Raden Santri, Kerabat Sunan Muria di Desa Cangkring   |   08:00 . Mendag Lutfi: Penguatan ASEAN Kunci Pertumbuhan Ekonomi Kawasan   |   16:00 . Jangan Takut Cepat Pudar, Begini Cara Mencuci Pakaian Hitam Agar Tetap Pekat dan Terlihat Baru   |  
Tue, 17 May 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Cara Ternak Ayam Bagi Pemula, Begini Cara Praktisnya

bloktuban.com | Friday, 26 November 2021 11:00

Cara Ternak Ayam Bagi Pemula, Begini Cara Praktisnya TERNAK AYAM : Beternak Ayam Pedaging Cukup Mudah (foto:fina)

Penulis : Fina Lailatul Fadhilah

blokTuban.com – Peran sektor peternakan dinilai sangat strategis guna menyediakan sumber protein hewani bagi masyarakat Indonesia. Peningkatan konsumsi protein hewani mengharuskan tersedianya produk pangan yang mencukupi secara kualitas dan kuantitas.

Muhammad Lana Syakirunniam (21) mahasiswa Universitas Mapena Tuban semester 3 Prodi BTK Ternak yang melaksanakan praktik di sebuah peternakan di Desa Lajo Lor, Kecamatan Singgahan Tuban bercerita banyak hal soal pengalamannya di dunia ternak.

Praktik tersebut bertujuan mengimplementasikan ilmu yang dipelajari selama perkuliahan dan mencari pengalaman. Sekaligus mengetahui bagaimana tata cara berternak mulai dari perawatan, vaksinasi, pembersihan, sampai panen.

Untuk awal mula berternak harus melihat managemen kandang terlebih dahulu. Di dalamnya harus ada biosecuriti, sanitasi dan disinfeksi. Cara membuat managemen perkandangan cukup sederhana pertama buat lantai kandang dengan sekam padi, dinding bawah gunakan batako yang di atasnya dilengkapi dengan jaring atau bambu, dan terakhir gunakan atap esbes.

“Tiga langkah tersebut yang harus dilakukan bagi peternak pemula,” ujarnya, Kamis (25/11/2021).

Dalam peternakan yang ditanganinya terdapat 100 ekor ayam. Sebelum kandang ditempati ayam, kandang disterilkan terlebih dahulu menggunakan desinfektan dan biodes rodolan. Begitupula tempat makan dan minum juga dibersihkan menggunakan obat yang sama. Selesai disterilkan ayam dimasukan kendang lalu dikasih minum gula getok atau gula merah.

Lana, sapaan akrabnya mengaku setelah ayam berumur dua hari harus segera divaksin ND dengan cara meneteskan ke mata ayam. Umur satu minggu kemudian dilakukan vaksin kembali dengan cara yang sama.

Ketika ayam berumur 12 hari vaksin ND dilakukan dengan cara menyuntikan ke daerah paha atau dada. Vaksin dilakukan secara berkala dengan metode tetes dan suntik. Saat umur 1 – 21 hari, ayam juga harus diberi makan makanan yang lembut.

“Jangan lupa kapan vaksin diteteskan dan disuntikkan, karena berpengaruh pada kesehatan dan pertumbuhannya,” jelas Lana.

Lebih dari itu, sistem perkandangan DOC harus benar-benar rapat dengan menggunakan dinding berupa seng / alumunium sampai ayam berumur 23 hari agar ayam tidak merasa kedinginan dengan dibantu lampu berwarna kuning. Lampu tersebut berfungsi sebagai penghangat ayam, karena lampu cenderung panas.

Tahap selanjutnya, makanan untuk hewan ternak dilakukan dua kali dalam sehari yaitu pagi dan sore hari. Untuk minuman ayam cukup air putih. Kandang juga harus dibersihkan setelah ayam panen.

"Panen dapat dilakukan setelah ayam berumur 35 hari," pungkasnya.[fin/ono]

 

Tag : ternak ayam



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more