15:00 . Jokowi Longgarkan Prokes, Penjual Masker di Tuban Masih Bertahan   |   14:00 . Akibat Cuaca Buruk, Harga Ikan di PIT Naik!   |   13:00 . Libur Akhir Pekan, Pengunjung Wisata Pantai Remen Tuban Capai 2.000 Orang   |   12:00 . Terlanjur Nyaman, Sebagian Masyarakat Tuban Enggan Lepas Masker   |   11:00 . Ini Tiga Tokoh Kunci pada Mitos Goa Ngerong   |   10:00 . Pengelola Mangrove Center Tuban Keluhkan Fenomena Banjir Rob   |   09:00 . Warga Prunggahan Kulon Ditemukan Tewas di Bekas Tambang, Ini Kronologinya!   |   08:00 . Orangtua, Ini Tips Mendorong Anak untuk Mau Mengonsumsi Makanan Sehat   |   18:00 . Jatim Series Jember Jadi Evaluasi Rider ISSI Tuban Sebelum Porprov 2022   |   17:00 . Suzuki Baleno Kecelakaan Karambol Libatkan Dua Truk   |   16:00 . Jembatan Glendeng Resmi Ditutup, Pemotor Pilih Jalan Alternatif   |   15:00 . Jokowi Serukan Belanja Produk dan Wisata Dalam Negeri di Peluncuran Gernas BBI   |   14:00 . Hanya 2 Jam, 134 Anak di Tuban Selesai Dikhitan Massal   |   13:00 . PKL Taman Sleko Tuban Diminta Tak Ganggu Pengguna Jalan   |   12:00 . Ketakutan Warga Gesikharjo Sandarkan Kapalnya Dekat Makam Asmoroqondi   |  
Sun, 22 May 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Pasca Pusat Tuban Kota Banjir, Pemkab Klaim Resapan di Hulu Sekarang Jadi Perumahan

bloktuban.com | Thursday, 25 November 2021 15:30

Pasca Pusat Tuban Kota Banjir, Pemkab Klaim Resapan di Hulu Sekarang Jadi Perumahan Banjir di kawasan Kota Tuban. (Foto: blokTuban.com/Ali Imron)

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Kawasan Tuban Kota di Jalan Basuki Rahmat, Veteran, dan Brawijaya menjadi langganan banjir sesaat ketika terjadi hujan lebat satu jam. Sebab, volume air yang datang tidak sebanding dengan kapasitas saluran drainase yang dibangun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban.

Seperti pada Kamis (25/11/2021) sekitar pukul 11.00 Wib, banjir terjadi di pusat Tuban Kota selama lebih dari satu jam. Banjir selain menghambat arus lalu lintas, juga menghanyutkan dagangan Pedagang Kaki Lima (PKL).

Selebihnya banjir menggenangi rumah warga di Kelurahan Sendangharjo, Kecamatan Tuban. Air setinggi 15-20 Centimeter itu, kemudian dihalu warga dengan berbagai cara. Seperti memasang papan kayu, dan menumpuk batu hingga sak berisi pasir.

Merespon keluhan warga yang terdampak banjir, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PRKP) Tuban, Darmaji menjelaskan alur kenapa Tuban Kota bisa menjadi langganan banjir.

"Di pertigaan timurnya Bank Jatim memang menjadi langganan banjir. Hulunya ada di wilayah pegunungan Gunung Panggung Kecamatan Semanding. DUlunya areanya luas dan mampu menjadi resapan air. Sekarang di wilayah tersebut menjadi perumahan dan perkembangannya pesat," kata Darmaji kepada reporter blokTuban.com melalui sambungan teleponnya.

Kebutuhan hunian yang tak terbendung tersebut, diakui Darmaji mengurangi jumlah resapan yang sebelumnya menjadi benteng banjir Tuban Kota. Dengan berkurangnya resapan, secara oitomatis air hujan langsung mengalir deras ke kota.

Air dari hulu Gunung Panggung setiap kali hujan deras menyebar dan ditangkap atau bermuara di tiga sungai besar di Kelurahan Gedongombo, Semanding. Ketiga sungai kemudian larinya air ke Jalan Hayam Wuruk dan ditangkap saluran drainase yang lebarnya tidak sebanding dengan volume air yang datang.

"Karena tidak kuat menampung, air otomatis tumpah ke jalan hingga menuju laut. Semakin lama hujannya maka aliran banjir juga besar," imbuh mantan Camat Plumpang.

Setelah itu, air berkumpul di Perempatan Kapur terus ke utara sampai di pertigaan Bank Jatim kemudian menyebar ke barat dan timur. Untuk solusi jangka pendeknya, Pemkab berencana membahasnya hari ini bersama tim kecil.

Sedangkan untuk jangka panjang, Darmaji berencana membuat tampungan seperti DAM penangkapa air di daerah hulu. Tentunya perencanaan tersebut butuh analisa dan memerlukan anggaran yang besar.

"Yang jelas Pemkab akan mencari solusi. Analisa yang luas juga dilakukan seperti lebih memperkatat ijin IMB yang dikeluarkan untuk hunian," tutupnya. [ali/sas]

Tag : banjir, tuban, kota, dinas prkp



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more