15:00 . Bupati Blora Ziarah ke Makam Tjitrosoman Tuban   |   11:00 . Wacana Difabel Tuban, Terima PKH, Ruang Kreasi, dan Diantar Jemput ke Sekolah   |   10:00 . Bupati Tuban Halindra akan Buat Cekungan di Bekas Galian Tambang   |   09:00 . Kepergok Curi Karet Bekas Belt Conveyor Milik PT. SBI, Dua Warga Sekitar Perusahaan Ditangkap   |   08:00 . Pelajar Tuban Peduli Korban Semeru, Mulai Salat Gaib hingga Galang Dana   |   07:00 . Cara Atasi Lemas dan Ngantuk Habis Sarapan Menurut Ahli Gizi   |   20:00 . Wamendag: Revitalisasi Pasar Rakyat Perkuat Pemulihan Ekonomi Nasional   |   19:00 . Merantau di Tuban, Residivis Asal Jepara Ini Nekat Gondol Motor Temannya   |   18:00 . Peduli Korban Semeru, Pelajar Tuban Salat Gaib dan Galang Dana   |   15:00 . Overkapasitas, Lagi-lagi Lapas Tuban Terima Pindahan 20 Napi Narkoba   |   14:00 . Suhada Erwin Resmi Jabat Dandim 0811 Tuban   |   13:00 . 7 Kali Dipenjara, Warga Merakurak Lagi-lagi Gasak Handphone Tetangga   |   12:00 . Lepas Sambut Dandim 0811 Tuban, Bupati Halindra Ungkap Kenangan Manis Bersama Viliala Romadhon   |   07:00 . 2 Kesalahan Pola Asuh yang Sering Dilakukan Orangtua Zaman Now   |   20:00 . Pemkab, Salurkan Bantuan untuk Korban Gunung Semeru   |  
Thu, 09 December 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Jalan Nasional Manunggal Kidul Tuban Langganan Banjir, Warga Minta Pemerintah Bertindak

bloktuban.com | Thursday, 25 November 2021 14:00

Jalan  Nasional Manunggal Kidul Tuban Langganan Banjir, Warga Minta Pemerintah Bertindak BANJIR : Jalan Manunggal Kidul Selalu Tergenang Banjir Setiap Hujan Lebat Datang. Perlu Perbaikan Saluran Air.(foto : rofiq)

Reporter : Mochamad Nur Rofiq

blokTuban - Jalan nasional Manunggal Kidul Tuban menjadi langganan banjir saat terjadi hujan lebat beberapa jam seperti yang terjadi pada Kamis (25/11/2021) pukul 11.26 WIB. Arus air berwarna merah kecoklatan tak terbendung keluar dari gang Perumahan Kompleks Widengan, Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Tuban menuju jalan raya.

Warga setempat, menyebutkan bahwa pemicu banjir di jalan nasional karena gorong-gorongnya sempit dan tidak mampu menahan air kiriman dari hulu.

"Gorong-gorongnya harus diperbaiki karena saluran yang ada tidak muat menampung air," kata M. Muhadi (36) warga Widengan kepada reporter blokTuban.com.

Ia juga berharap saat banjir pengguna jalan lebih waspada, utamanya roda dua karena jika tidak konsentrasi dikhawatirkan tergelincir terseret banjir.

Air dari Perum Widengan dan kampung biasanya cepat surut jika hujannya reda. Dari Manunggal Kidul air akan mengalir ke hilir yaitu kawasan Kelurahan Panyuran, Kecamatan Palang.

Warga lainnya, Pak Rin (50) menambahkan warga Widengan meminta pemkab serius memikirkan solusi penanganan banjir di lingkungannya. Sudah menjadi langganan dan mengganggu akses jalan nasional.

"Kami sebagai warga hanya bisa meminta pemangku kebijakan untuk bertindak," sambungnya.

Banjir di Jalan Manunggal Kidul dikatakan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Tuban, Agung Supriyadi terjadi setiap hujan turun. Sebab di kawasan hulu sudah tidak ada resapan yang menghalau air hujan langsung ke hilir.

"Kalau Jalan Manunggal Kidul terutama pertigaan atau Pos polisi setiap hujan deras pasti air langsung ke jalan raya. Karena dari atas  tegalan tidak ada resapan atau yang menahan laju air.

Lahannya gundhul- ndhul," bebernya.

Diketahui, pada bulan Agustus 2021 lalu Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky telah meninjau titik hulu penyebab banjir. Salah satu cara untuk mengatasi banjir jangka panjang adalah dengan perbaikan ekosistem hulu. Penanganan dari hulu menjadi poin penting, dengan memperbaiki ekosistem di daerah atas.

Pemkab juga akan berkoordinasi dengan pihak terkait, salah satunya adalah Perhutani sebagai upaya penghijauan di wilayah Semanding hingga Montong yang menjadi salah satu hulu penyebab banjir di beberapa kecamatan. [rof/ono]

 

 

Tag : banjir, jalan manunggal kidul, langganan banjir



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more