22:00 . Warga Bojonegoro Jadi Pemenang Lomba Kicau Nasional di Tuban, Burungnya Ditawar Rp100 Juta   |   21:00 . Desa Klotok Tuban Sukses Gelar Festival Layang-layang Nasional 2022   |   20:00 . Beruntungnya Punya Nama Agus dan Berakhiran Tie Dapat Nasi Kemerdekaan di Warung Tuban Ini   |   19:00 . Ratusan Burung 6 Jenis Ini Tampil Memukau di Lomba Kicau Nasional di Tuban   |   18:00 . 7 Rekomendasi Sewa Kostum dan Rias di Tuban Cocok untuk Karnaval Kemerdekaan   |   17:00 . Di bawah DKI Jakarta, Gubernur Khofifah Minta Pengusaha APINDO Pertahankan Iklim EKonomi Jatim   |   16:00 . Setelah Minyak Goreng Kemasan Turun, Hari Ini Sembako di Tuban Stabil   |   15:00 . Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda   |   14:00 . Lulus Predikat Membanggakan, 54 Siswa Permadani Tuban di Wisuda   |   13:00 . Kabar Baik, 4 Zodiak Berikut ini Hidup Berkelimpahan di Bulan Agustus   |   12:00 . Bediang Berujung Petaka, Warga Tuban Kehilangan Rumah, Kandang dan Tiga Kambing   |   11:00 . Dok! PA Kabulkan Dispensasi Nikah Santriwati Korban Pencabulan Anak Kiai di Tuban   |   10:00 . Jelang HUT RI ke-77 Tahun, Persewaan Kostum Karnaval di Tuban Kebanjiran Orderan   |   09:00 . Lirik Lagu FOREVER 1 - Girls' Generation/ SNSD - SMTOWN   |   08:00 . Ini Niat Puasa Sunnah Asyura 10 Muharram, Ketahui Keutamaannya   |  
Mon, 08 August 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Proyek Deker Tak Kunjung Usai, 20 Hektar Lahan Pertanian Terancam Banjir

bloktuban.com | Sunday, 21 November 2021 18:00

Proyek Deker Tak Kunjung Usai, 20 Hektar Lahan Pertanian Terancam Banjir Proyek deker dam rolak tak kunjung usai kala musim penghujan mengancam 20 hektare lahan pertanian Tuban Selatan kebanjiran. (Foto: bloktuban.com/anangfebry)

 

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Proyek bangunan deker sungai avour turut Desa Simo dan Mojoagung, Kecamatan Soko rupanya tak kunjung usai saat musim penghujan tiba. Akibatnya, sekitar 20 hektare lahan pertanian terancam banjir.

Hal tersebut terbukti saat hujan lebat melanda mayoritas kawasan Bumi Wali, sebutan kota Tuban, pada Jumat (19/11/2021) malam hingga pagi harinya.

"Itu imbas dari pembangunan kali deker yang tak kunjung usai. Menyebabkan dam lorak kecil jebol, dan mengancam sekitar 20 hektare sawah tidak bisa ditanami," kata Niam, seorang warga Desa Simo yang juga memiliki lahan pertanian dekat bangunan deker sungai avour.

Dia menambahkan, jika proyek deker yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) itu tak cepat diselesaikan, banjir juga akan mengancam permukiman. 

Sebab, diperkirakan ketika curah hujan tinggi sungai tak akan mampu menampung air dan kemungkinan besar akan meluap. Sehingga air bisa saja masuk merusak dan melongsorkan tepian sungai kecil pembagi air deker utama menuju selatan sawah, yang berhilir ke Bengawan Solo dekat permukiman warga Desa Simo. Terlebih permukiman di Dusun Kandangan desa setempat yang dilintasi hulu sungai avour.

"Kalau rumah warga, 15 KK lebih bisa kena banjir dampak perbaikan deker itu," imbuhnya kepada blokTuban.com, Minggu (21/11/2021).

Petani lain, Kadis mengaku khawatir tidak bisa bercocok tanam akibat dam jebol. Padahal, jenis lahan pertanian di sana termasuk sawah tadah hujan.

"Setahun hanya bisa bercocok tanam sekali. Petani juga minta pipa ke Pemdes sebagai alternatif tercepat untuk mengalirkan pipa air ke sawah, tapi belum terealisasi," ucapnya.

PJ Kepala Desa (Kades) Simo, Amiek Fadholi saat dikonfirmasi soal kejadian tersebut mengaku, jika proyek dam deker yang membagi air antara Simo dan Mojoagung itu bersumber dari DAK. 

"Tapi sudah kami fasilitasi kepada warga dan petani, supaya pakai pipa dari HIPPA Desa Simo. Sudah kami fasilitasi juga dalam pertemuan, dan diserahkan ke Kadus setempat untuk berita acara," papar PJ Kades Simo yang juga Sekretaris Kecamatan Soko itu. [feb/col]

 

 

Tag : Kebanjiran, lahan, deker



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 07 August 2022 15:00

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda Setiap pagi hari sejak sebulan lalu, kita sering merasakan dingin. Rasa dingin terasa lebih kuat saat menjelang pagi hari. Hal tersebut merupakan tanda terjadinya masa pancaroba atau bisa disebut dengan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat