15:00 . Jokowi Longgarkan Prokes, Penjual Masker di Tuban Masih Bertahan   |   14:00 . Akibat Cuaca Buruk, Harga Ikan di PIT Naik!   |   13:00 . Libur Akhir Pekan, Pengunjung Wisata Pantai Remen Tuban Capai 2.000 Orang   |   12:00 . Terlanjur Nyaman, Sebagian Masyarakat Tuban Enggan Lepas Masker   |   11:00 . Ini Tiga Tokoh Kunci pada Mitos Goa Ngerong   |   10:00 . Pengelola Mangrove Center Tuban Keluhkan Fenomena Banjir Rob   |   09:00 . Warga Prunggahan Kulon Ditemukan Tewas di Bekas Tambang, Ini Kronologinya!   |   08:00 . Orangtua, Ini Tips Mendorong Anak untuk Mau Mengonsumsi Makanan Sehat   |   18:00 . Jatim Series Jember Jadi Evaluasi Rider ISSI Tuban Sebelum Porprov 2022   |   17:00 . Suzuki Baleno Kecelakaan Karambol Libatkan Dua Truk   |   16:00 . Jembatan Glendeng Resmi Ditutup, Pemotor Pilih Jalan Alternatif   |   15:00 . Jokowi Serukan Belanja Produk dan Wisata Dalam Negeri di Peluncuran Gernas BBI   |   14:00 . Hanya 2 Jam, 134 Anak di Tuban Selesai Dikhitan Massal   |   13:00 . PKL Taman Sleko Tuban Diminta Tak Ganggu Pengguna Jalan   |   12:00 . Ketakutan Warga Gesikharjo Sandarkan Kapalnya Dekat Makam Asmoroqondi   |  
Sun, 22 May 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Diminta Menghadap Bupati, Saiful Hadi Berpeluang Isi Kursi Direktur RSUD Koesma Lagi

bloktuban.com | Tuesday, 02 November 2021 11:00

Diminta Menghadap Bupati, Saiful Hadi Berpeluang Isi Kursi Direktur RSUD Koesma Lagi

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - dr. Saiful Hadi telah purna sebagai Direktur RSUD Dr. R. Koesma Tuban karena Surat Keputusan (SK) Direktur habis pada tanggal 31 Oktober 2021. Hal ini telah dikonfirmasi oleh Bagian Humas RSUD Dr. R. Koesma saat dihubungi blokTuban.com, Senin (1/11/2021).

Meskipun telah purna dan tidak ngantor di RSUD Koesma, dikabarkan hari ini Saiful telah ditelepon ajudan Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky untuk menghadap. Besar kemungkinan, mantan Kepala Dinas Kesehatan Tuban ini akan ditunjuk kembali menempati kursi direktur RS terbesar di Tuban itu.

Soal peluang ditunjuk sebagai direktur lagi, Saiful Hadi tidak menyoal hal itu. Di depan Bupati Lindra, ia akan menyampaikan hal-hal yang lerlu dibenahi di RSUD Koesma sekaligus mohon diri purna tugas kepada atasan langsung.

"Sudah ditunjuk Plt Direktur RSUD R Koesma Tuban yaiyu dr Abdurahman, dimana disposisinya turun per tgl 29 Oktober 2021," kata Saiful Hadi kepada blokTuban.com.

Soal siapa sosok yang tepat mengisi kursi Direktur RSUD Koesma, sidikit dibocorkan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Tuban, Bambang Priyo Utomo. Direktur lama yang tak lain Saiful Hadi adalah sosok yang direkomendasikan kepada Bupati Lindra.

"Siapa nanti Direktur RSUD hanya Mas Bupati yang mengetahuinya," sambung Bambang.

Mantan Kepala Puskesmas Tambakboyo menambahkan, pertimbangan Saiful Hadi masuk dalam daftar rekomendasi karena memiliki jam terbang dan pengalaman di dunia kesehatan yang tidak sebentar. Terpenting ia juga bisa diterima semua sejawat dan karyawan RSUD Koesma.

Sebatas diketahui, Saiful Hadi pertama kali menerima SK Plt Direktur RSUD Koesma terhitung tanggal 19 Mei 2017. Menggantikan Direktur lama Zainal Arifin yang kemudian diminta Pemkab memperkuat di bidang ahli patologi.
Saiful resmi dilantik oleh Bupati Tuban, Fathul Huda menjadi direktur per tanggal 1 November 2018 periode 2018-2021. Keputusan Bupati Huda waktu itu dianggap tepat, karena RS adalah urusan vital yang bersinggungan langsung dengan publik.

Dimata Pemkab, sosok Saiful Hadi mempunyai kecerdasan emosional, yakni bisa memahami yang dipimpin. Selain itu bukan hanya mampu membuat inovasi, namun juga harus mempunyai gagasan-gagasan untuk membuat keputusan besar.

Pelayanan prima kepada masyarakat langsung diberikan RSUD Koesma dibawah kendali Direktur Saiful Hadi di tahun 2018. Pelayanan kesehatan RS plat merah itu memiliki aplikasi Sistem Pendaftaran Online Cepat Ringkas Akurat (SIPALIN CERIA).

Melalui aplikasi tersebut masyarakat di Kabupaten Tuban, tak perlu lagi mengantre untuk mendaftar rawat jalan. Pasien bisa mendaftar online dari rumahnya.

Mini market dan Cafemart di gedung Graha Aryo Tejo RSUD dr. Koesma Tuban yang kemudian di beri nama Koesma Mart resmi dibuka oleh direktur Saiful Hadi pada akhir 2018. Pengadaan Minimarket tersebut menjadi salah satu pengembangan usaha dari koperasi karyawan yang sudah ada di RSUD. Sekaligus menjawab kebutuhan keluarga pasien untuk berbelanja.

dr. Saiful Hadi kemudian membuat terobosan lagi di tahun 2019 dengan nama Kurir Pengantar Obat Pasien (Kopas). Bertujuan agar orang miskin dan Lansia yang berobat di RSUD Dr. R. Koesma tak perlu jenuh karena lamanya menunggu antrean obat racikan.

Saat launching ada lima kurir yang disiapkan, dimana setiap kurir diharapkan mampu menjangkau delapan titik di 20 kecamatan. Apabila respon masyarakat terhadap kurir tinggi, tidak menutup kemungkinan akan ditambah lagi personilnya.

Saat wabah pandemi Covid-19 melanda, RSUD Koesma juga sempat ditutup bahkan tenaga kesehatan dikarantina. RSUD  Koesma juga ternyata pernah menangani kasus SARS. Salah satu penyakit yang disebabkan oleh virus varian Corona. SARS di dunia medis dikenal lebih mematikan dibanding corona.

Karena alasan inilah, RS milik pemkab Tuban ini ditunjuk oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur sebagai rumah sakit rujukan menangani pasien terinfeksi virus Corona. Selain alas an lain yang mendukung.

Ada tiga ruangan yang disediakan rumah sakit milik Pemkab ini, dua ruang untuk dewasa dan satu untuk pasien anak-anak. Bersama tim dokter penanganan virus Corona, Direktur RSUD Koesma Tuban, Saiful Hadi menjelaskan Tuban menjadi rujukan pasien khususnya di wilayah Barat dan utara Jawa Timur. [ali/mu]

Tag : dr. Saiful Hadi, RSUD Dr. R. Koesma Tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more