23:59 . Cek Namamu di Link Pemilu Ini, Lapor ke Bawaslu Tuban Jika Merasa Dicatut Partai Politik   |   23:00 . Telepon, Alamat, dan Harga Hias Sepeda Maskot Karnaval dan Pengiring di Tuban   |   21:00 . Honor Petugas Badan Ad Hoc Pemilu 2024 Setara UMK Tuban   |   20:00 . Tak Merasa Ikut Partai Politik, 3 Warga Tuban yang Namanya Dicatut Lapor Bawaslu   |   19:00 . Mengintip Pembuatan Kostum Karnival di Tuban Seharga Ratusan Ribu hingga Jutaan Rupiah   |   18:00 . Sosok Ipda Kistelya Pratayama Ray, Perempuan Asal Riau yang Suka Becek Mentok Khas Tuban   |   17:00 . BMKG Prediksi Cuaca di Tuban 9 Agustus 2022: Malam Hari Hujan Ringan   |   16:00 . Literasi Sekolah Anak, Pemuda Tuban Ini akan Safari ke 50 Sekolah di Jawa Timur   |   15:00 . Tumbuhkan Minat Baca Tulis Pelajar, Gerakan Safari Literasi akan Menyasar Sekolah dari Tuban hingga Madura   |   14:00 . Warga Desa Wukiharjo Tuban Ramai-ramai Bikin Nugget dan Jamur dari Jagung, hingga Bouket   |   13:00 . Ini Jadwal dan Lokasi Semarak Agustus di Lamongan, Mulai Agustus Sampai Oktober 2022   |   12:00 . Selasa 9 Agustus 2022: Dua Hari Daging Ayam dan Bawang Merah di Tuban Turun, Diikuti Cabai Biasa   |   11:00 . Jawara Kicau Nasional, Burung Murai ini Ditawar Rp100 Juta   |   10:00 . Pelatihan Gratis Batch 5 UPT BLK Tuban, Ada 3 Kejuruan Kompetensi yang Bisa Dipilih   |   09:00 . Naik Rp9.000, Harga Emas Antam Per Gram Capai Rp996.000   |  
Wed, 10 August 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Asyiknya Ubah Hobi Menjadi Bisnis Penghasil Cuan

bloktuban.com | Thursday, 28 October 2021 20:00

Asyiknya Ubah Hobi Menjadi Bisnis Penghasil Cuan

Penulis: Fina Lailatul Fadhilah

blok Tuban.com - Masa pandemi memiliki dampak yang luar biasa terutama di bidang Pendidikan. Proses belajar mengajar tidak bisa 100 persen dilakukan secara tatap muka, sehingga banyak murid maupun mahasiswa yang belajar di rumah.

Dari sini muncullah hobi baru dikalangan masyarakat terutama bagi mahasiswa.
Muhammad Dian Haris Fauzi adalah salah satu mahasiswa Universitas Brawijaya yang punya hobi unik.

Hobi baru tersebut yakni mengoleksi ikan hias. Dari hobinya tersebut Haris melihat peluang usaha kemudian berlanjut membuka bisnis ikan hias.

“Saya melihat peluang ini bisa dijadikan cuan. Selagi bisa kenapa tidak menjadi usaha, sehingga enjoy menikmati hobi sambil usaha ikan hias” ujar Haris saat ditemui, Kamis (28/10/2021).

Haris sapaan akrapnya sudah mulai usaha ikan hias mulai dari bulan Juli 2021 atau kurang lebih empat bulan menjalani usaha ikan hias. Untuk ikan hias diambil dari Kediri, dengam umur ikan rata-rata mulai empat sampai lima bulan.

Ada berbagai jenis ikan hias yang dijual seperti multi, FCCP, Redcoicopper, Yellowcoicopper Bluerim, dan Nemocopper. Semua jenis ikan hias di bandrol mulai harga Rp.20.000 sampai Rp.250.000, dari berbagai jenis, jenis FCCP yang paling mahal.

“Paling mahal FCCP,” jelas haris saat ditemui pada (28/10/21).

Untuk perawatan dan makanan semua jenis ikan hias sama. Untuk perawatan, di dalam kolam ikan hias diberi daun Ketapang agar formnya bagus. Perlakuan tersebut juga berpengaruh kepada warna ikan hias.

“Pengaruh untuk warnanya biar bagus dan tidak sakit atau stres. Pembersihan kolam dilakukan satu minggu sekali. Dalam perawatan ikan hias ini tidak menggunakan obat-obatan atau vitamin," tutupnya. [Fina/  ]

*Penulis adalah mahasiswi Magang, sekarang masih Semester 3 Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Unirow Tuban

Tag : pandemi, covid, ikan, hias, tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 07 August 2022 15:00

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda Setiap pagi hari sejak sebulan lalu, kita sering merasakan dingin. Rasa dingin terasa lebih kuat saat menjelang pagi hari. Hal tersebut merupakan tanda terjadinya masa pancaroba atau bisa disebut dengan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat