15:00 . Jokowi Longgarkan Prokes, Penjual Masker di Tuban Masih Bertahan   |   14:00 . Akibat Cuaca Buruk, Harga Ikan di PIT Naik!   |   13:00 . Libur Akhir Pekan, Pengunjung Wisata Pantai Remen Tuban Capai 2.000 Orang   |   12:00 . Terlanjur Nyaman, Sebagian Masyarakat Tuban Enggan Lepas Masker   |   11:00 . Ini Tiga Tokoh Kunci pada Mitos Goa Ngerong   |   10:00 . Pengelola Mangrove Center Tuban Keluhkan Fenomena Banjir Rob   |   09:00 . Warga Prunggahan Kulon Ditemukan Tewas di Bekas Tambang, Ini Kronologinya!   |   08:00 . Orangtua, Ini Tips Mendorong Anak untuk Mau Mengonsumsi Makanan Sehat   |   18:00 . Jatim Series Jember Jadi Evaluasi Rider ISSI Tuban Sebelum Porprov 2022   |   17:00 . Suzuki Baleno Kecelakaan Karambol Libatkan Dua Truk   |   16:00 . Jembatan Glendeng Resmi Ditutup, Pemotor Pilih Jalan Alternatif   |   15:00 . Jokowi Serukan Belanja Produk dan Wisata Dalam Negeri di Peluncuran Gernas BBI   |   14:00 . Hanya 2 Jam, 134 Anak di Tuban Selesai Dikhitan Massal   |   13:00 . PKL Taman Sleko Tuban Diminta Tak Ganggu Pengguna Jalan   |   12:00 . Ketakutan Warga Gesikharjo Sandarkan Kapalnya Dekat Makam Asmoroqondi   |  
Sun, 22 May 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Bantu Warga Terdampak Kekeringan, Ini yang Dilakukan Kapolres Tuban

bloktuban.com | Tuesday, 12 October 2021 10:00

Bantu Warga Terdampak Kekeringan, Ini yang Dilakukan Kapolres Tuban KEKERINGAN : Warga Mengalami Krisis Air Bersih Akibat Dampak Kekeringan.Polres Tuban Memberi Bantuan Air.(blokTuban.com/foto : Humas Polres Tuban)

Reporter : Khoirul Huda

blokTuban.com - Dampak musim kemarau benar-benar dirasakan warga. Utamanya warga yang bermukim di dataran tinggi dan terpelosok. Sebab, sejak beberapa waktu ini, warga sudah mulai krisis air bersih.

Untuk membantu warga memenuhi kebutuhan air bersih, Kapolres Tuban AKBP Darman memimpin anak buahnya mendatangi langsung lokasi terdampak dan menemui warga. Kapolres membawa 40 ribu liter air bersih untuk dibagikan ke warga. Warga juga diberi bantuan beras, Selasa (12/10/2021).

Bantuan itu, merupakan kerjasama Polres Tuban bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Tuban, Palang merah Indonesia (PMI) kabupaten Tuban, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) serta awak media.

Terlihat antrian warga saat pembagian air bersih di Desa Ngandong, Kecamatan Grabagan, sebuah desa di dataran tinggi dan terpencil tempat pembagian air dilakukan. Warga rela mengantri dengan membawa sejumlah jerigen serta ember demi mendapatkan air bersih.

Antusiasme warga dalam menerima pembagian air bersih itu disebabkan sejak beberapa bulan terakhir mereka mengalami krisis air bersih akibat kemarau panjang.

Pemberangkatan truk tangki air bersih untuk didistribusikan dilakukan Kapolres Tuban AKBP Darman. Bahkan Kapolres juga turun langsung untuk mengisian bak air, jerigen atau wadah air lain yang disediakan warga.

“Hari ini kita melaksanakan bakti sosial pembagian sembako dan air bersih. Desa ini posisinya berada di ketinggian yang setiap tahun musim kemarau pasti mengalami kelangkaan air bersih karena sumber airnya yang terbatas,” ucap AKBP Darman.

Sementara itu Kepala desa Ngandong Suiswanto mengatakan, sedikitnya ada 560 Kartu keluarga (KK) yang mengalami dampak dari kekeringan yang melanda tahun ini di desanya.

“Di sini ada sekitar 560 KK yang terdampak kekeringan. Kami beserta warga desa sangat berterima kasih atas bantuan air bersih dari Polres Tuban,” kata  Suiswanto.

Dia menambahkan, sebenarnya ada aliran air dari PDAM, namun karena terkendala listrik akhirnya selama kurang lebih 10 bulan terakhir tidak bisa di fungsikan.

“Tahun kemarin itu ada Hipam namun untuk 10 bulan terakhir tidak bisa beroperasi karenakan listriknya semakin lama semakin tidak kuat. Untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari warga harus beli dengan harga 40 ribu per satu meter kubik,’’ ungkapnya.[hud/ono]

 

Tag : kekeringan, kemaray, dampak kekeringan, krisis air bersih



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more