Lupa Tungku Dapur Masih Menyala, Dua Rumah di Tuban Ludes Selepas Pemiliknya Jamaah Ashar

foto: Lupa tungku dapur masih menyala, dua rumah di Tuban ludes terbakar

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Dua rumah warga Dukuh Macanmati Desa Kedungjambangan, Kecamatan Bangilan ludes dilalap api, Jum'at (10/9/2021) sore. Diduga kuat kobaran api dipicu dari tungku pemilik rumah.

Kepala Desa (Kades) Kedungjambangan, Hariono ketika dikonfirmasi blokTuban.com menyebutkan, dua rumah yang terbakar tersebut milik nenek Mundrikah dan bapak Saim.

"Kebakaran terjadi sekitar pukul 15.30 WIB. Titik awal api dari rumah nenek Mundrikah, lalu merembet ke rumah bapak Saim," kata Hariono saat dikonfirmasi wartawan media blokTuban.com, Jumat petang.

Dijelaskan Kades kelahiran Maret 1992 lalu tersebut, sebelum kebakaran, nenek Mundrikah sedang menyalakan tungkunya untuk keperluan memasak. Kemudian ditinggal ke mushalla untuk menunaikan jamaah salat Asar.

Saat kejadian tidak ada seorang pun di rumah. Sehingga api menjalar dengan cepat dan melumat bangunan rumah dari kayu tersebut.

"Orangnya sedang jamaah dan tidak ada orang di rumah," imbuhnya.

Dari data yang dihimpun blokTuban.com di lapangan, rumah nenek Mundrikah berada di sisi barat rumah bapak Saim. Warga setempat sudah berjibaku memadamkan api, namun usahanya belum berhasil dan membakar dua rumah sekaligus.

Dari kejadian itu, tidak ada korban jiwa. Namun setelah dihitung kerugian materi sekitar Rp100 juta. [Rof/Dy]