12:00 . Ukuran Bank Dunia, Ketimpangan Penduduk Tuban Rendah   |   11:00 . Ekonomi Tuban 2021 Naik 3,00 persen, Ini Penyebabnya   |   10:00 . Data Imunisasi Anak akan Tersimpan di Aplikasi PeduliLindungi   |   09:00 . Tak Layak untuk Ibadah dan Mengaji, Musala Al Ikhlas Desa Kaligede Akhirnya Direhab Satgas TMMD   |   19:00 . Halal Bihalal di Tuban, Sekum PP Muhammadiyah : Penyakit PMK Jangan Dianggap Remeh   |   17:00 . Gerindra Tuban Tancap Gas, Siap Antarkan Prabowo Subianto ke RI-1   |   16:00 . Libur Akhir Pekan, Yuk Intip Keseruan Anak-anak Bermain Air di Pantai Pasir Putih   |   14:00 . Pantai Semilir Tuban Punya Wahana Baru Banana Boat, Segini Tarifnya   |   13:00 . Ratusan Karya Seni Rupa Siswa Tuban Dipamerkan di Wisata Pantai Kelapa   |   12:00 . Jokowi Tegaskan Perang Tak Untungkan Siapapun, Mendag Fokus Pemulihan Ekonomi ASEAN   |   11:00 . Siap-siap! Vendor SIG Tuban yang Abaikan K3 Terima Skorsing   |   10:00 . Sepenggal Kisah Sumur Gemuling dan Lingga Yoni di Masjid Al-Falah Tuban   |   09:00 . Raden Santri, Kerabat Sunan Muria di Desa Cangkring   |   08:00 . Mendag Lutfi: Penguatan ASEAN Kunci Pertumbuhan Ekonomi Kawasan   |   16:00 . Jangan Takut Cepat Pudar, Begini Cara Mencuci Pakaian Hitam Agar Tetap Pekat dan Terlihat Baru   |  
Tue, 17 May 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

2 Hektar Hutan di Tuban Terbakar Selama Kemarau

bloktuban.com | Saturday, 04 September 2021 13:00

2 Hektar Hutan di Tuban Terbakar Selama Kemarau

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Perhutani KPH Tuban terus mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan diwilayahnya. Terlebih saat musim kemarau saat ini. Dibutuhkan kolaborasi ataupun sinergi berbagai pihak untuk memadamkan api.

Pada awal September 2021, tercatat kurang dari dua hektare hutan yang terbakar. Kebakaran terjadi di spot-spot kecil dan menyebar di beberapa kecamatan dan langsung teratasi, Sabtu (4/9/2021).

“Kebakaran hutan bukan hanya tanggungjawab intitusi perhutani. Kita tidak mampu mengatasinya dengan jumlah personil yang terbatas. Bila ada kebakaran personil langsung berangkat, itu bulsyit atau omong kosong namanya,” kata Administratur Perhutani KPH Tuban, Miswanto kepada blokTuban.com.

Miswanto menambahkan, ada momen dimana kebakaran sulit teratasi karena terjadi saat tengah malam dan petugas sudah istirahat. Adapun yang tebakar di hutan biasanya serasah atau daun kering yang ada di lantai tanah, ketika kena api langsung cepat merambat.

Diantara pemicu terjadi kebakaran hutan adalah para pesanggem yang membersihkan lahan menjelang masa tanam. Secara nyata kebakaran di Tuban tidak menimbulkan kerusakan secara nyata, keculai kebakaran terjadi pada tegakan muda yang usianya masih satu tahun.

“Kalau muda berdampak, tapi kalau tegakan tua tidak ada efeknya,” imbuh Miswanto.

Perhutani KPH Tuban juga mengidentifikasi penyebab kebaran, juga ulah orang iseng maupun para pencari madu hutan. Pelaku ngunduh madu biasanya membuat asap untuk mengusir lebah, supaya madunya mudah untuk diambil.

Upaya prefentif terus dilakukan di lapangan oleh petugas Perhutani. Bahkan Miswanto turun ke lapangan untuk ikut memadamkan api, meskipun pada akhirnya turun hujan.

“Di wilayah Gelap dan Padasan, Kecamatan Kerek kemarin juga terjadi kebakaran dan langsung teratasi,” jelasnya.

Dalam waktu dekat, Miswanto juga akan melakukan konsolidasi internal dan apel siaga melibatkan TNI, Polri, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban untuk mengatasi persoalan di area hutan.

Perhutani KPH Tuban memiliki luas wilayah 28.602,5 Ha meliputi kawasan hutan yang berada di Kabupaten Tuban 19.412,4 ha (67,9 %), Lamongan 8.177,7 ha (28,6 %), serta Kabupaten Gresik 1.012,4 ha (3,5 %).  Data dari situs resmi Perhutani, pengelolaan kawasan hutan di KPH Tuban dibagi dua sub, Sub Tuban Barat dan Sub Tuban Timur, diorganisasikan dalam tujuh BKPH dan 32 RPH. [ali/mu]

Tag : hutan tuban, kebakaran hutan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more